SOLOPOS.COM - Choky dan Zivanna di Grand Final PPI 2017 (Instagram @sihotangchoky)

Choky Sitohang memberikan klarifikasi atas insiden Putri Indonesia 2017.

Solopos.com, SOLO – Insiden salah sebut pemenang di Malam Grand Final Pemilihan Puteri Indonesia 2017 mengundang kontroversi. Sebagai MC, Choky Sitohang memberikan klarifikasi atas insiden tersebut di akun Instagramnya, @sitohangchoky.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di awal klarifikasinya, Choky memberikan pujian kepada MC pasangannya, Zivanna Letisha Siregar. Ia pun memberikan ucapan terima kasih atas perhatian yang telah diberikan kepada acara Grand Final Puteri Indonesia 2017 yang ditayangkan secara live di Indosiar, Jumat (31/3/2017).

High five, Zi! T’was a great show we conducted yesterday. Thank you Yayasan Puteri Indonesia, Indosiar and all elements on Grand Final Puteri Indonesia 2017. Terima kasih jg buat semua penonton dan penggemar acara kami,” tulisnya di Instagram, Sabtu (1/4/2017).

Choky dan Zivanna di Grand Final PPI 2017 (Instagram @sihotangchoky)

Choky dan Zivanna di Grand Final PPI 2017 (Instagram @sihotangchoky)

Ada tujuh poin klarifikasi yang ditulis oleh Choky. Ia pun membantah melakukan kesalahan saat mengumumkan runner up 2. Berikut tujuh poin yang ditulis olehnya:

1. Tdk pernah ada ‘salah penyebutan’ saat kami membacakan hasil keputusan Dewan Juri; tetapi kekurangtelitian juri yg salah menempatkan nama finalis di kolom gelar.

Bagi sy pribadi yg sudah menjadi Host PI 5 th terakhir, tdk ada kesulitan sm sekali membaca tulisan yg begitu jelas di kertas.

2. Perlu diingat, bhw penilaian thd finalis dilakukan sjk masa karantina. SEMUA ‘beauty pageant’ berkelas juga menggunakan bobot penilaian serupa.

3. Dewan Juri menilai finalis dr kesehariannya dlm masa karantina; Malam Final adalah bgm kompetisi tsb menjadi transparan utk dinikmati publik.

4. Para Juri punya MISI menyiapkan sosok Puteri Indonesia ’17 yg kompetitif di Miss Universe ’18. Publik tdk punya ‘misi’ apapun selain mendukung jagoannya.

5. Bunga Jelitha Ibrani dianggap cocok oleh para Juri utk menjadi ‘kejutan’ menyenangkan di Miss Universe ’18.

6. Dgn terpilihnya Puteri Indonesia ’17, maka primordialisme kita harus diruntuhkan utk mulai bersatu mendukung satu-satunya wakil Indonesia di ajang Miss Universe tahun depan.

Ini jawaban resmi saya atas pertanyaan masyarakat kpd sy lewat medsos.

Choky Sitohang juga menyayangkan banyak terjadi kesalahan dari pihak media dalam penulisan judul berita dan isinya.

Kpd rekan2 media, saya memantau sebagian dr anda salah kaprah menilai situasi dan salah menulis judul berita maupun isinya. Sekali lagi, saya dan @ZivannaLetisha TIDAK PERNAH SALAH BACA atau SALAH MENYEBUT nama pemenang dan gelar di Malam Final PI ’17. Terima kasih buat semua yang telah setia mendukung kami,” tutup Choky.

Pada pengujung acara, sekitar pukul 00.00 WIB, kedua host, Choky Sitohang dan Zivanna Letisha, mengumumkan pemenang ketiga atau yang diberi gelar Puteri Indonesia Pariwisata 2017. Pada awalnya, keduanya mengumumkan nama Bunga Jelitha Ibrani, wakil DKI Jakarta 5 sebagai juara ketiga. Namun, selang beberapa saat, keduanya meminta maaf karena ada kekeliruan dalam pengetikan nama pemenang dalam amplop yang dibuka.

Suasana yang awalnya sangat gembira mendadak berubah menjadi tegang, saat salah seorang panitia naik ke panggung untuk memberikan selembar kertas bertuliskan nama juara ketiga sebenarnya.

“Maaf sepertinya ada kekeliruan, saya bersama Zivanna telah membuka amplop yang tulisannya salah. Sekretaris panita telah memberikan selembar kerta bertuliskan nama juara ketiga sebenarnya. Dan 2nd runner up Puetri Indonesia 2017 adalah, Karina Nadila Niab, Nusa Tenggara Timur (NTT),” kata Choky.

Gelar Puteri Indonesia 2017 akhirnya diberikan kepada Bunga Jelitha Ibrani. Sementara juara kedua yang diberi gelar Puteri Indonesia Lingkungan 2017 adalah Kevin Liliana wakil Jawa Barat (Jabar) Kesalahan penyebutan nama pemenang di ajang bergengsi itu pun membuat warga dunia maya (netizen) heboh. Melalui jejaring sosial Twitter, mereka pun menuding pihak juri dan panitia tidak profesional. Mereka pun mencuitkan berbagai komentar itu melalui tagar #PutriIndonesia2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya