Puskopau Akui Petugasnya yang Labrak Penumpang Taksi Online di Bandara Adi Soemarmo Solo

Puskopau Akui Petugasnya yang Labrak Penumpang Taksi Online di Bandara Adi Soemarmo Solo

SOLOPOS.COM - Ilustrasi moda transportasi berbasis aplikasi alias angkutan online. (gmanetwork.com)

Puskopau mengakui dan meminta maaf kepada penumpang taksi online yang dilabrak petugasnya.

Solopos.com, KARANGANYAR -- Pusat Koperasi TNI AU (Puskopau) Lanud Adi Soemarmo Solo meminta maaf atas insiden perbuatan tak menyenangkan yang dilakukan petugasnya kepada penumpang taksi online beberapa waktu lalu.

Puskopau Lanud Adi Soemarmo siap mengevaluasi dan terbuka menerima masukan dari masyarakat terkait pengelolaan transportasi penumpang agar tak terjadi gesekan yang merugikan konsumen. Hal tersebut disampaikan Kepala Puskopau Lanud Adi Soemarno Solo, Kapten Nurrohman, dalam jumpa pers di Banaran Resto, Colomadu, Karanganyar, Selasa (20/2/2018).

Dalam kesempatan itu, Nurrohman membenarkan adanya insiden tak menyenangkan yang diunggah ke media sosial. "Benar, yang ada di foto itu adalah petugas kami. Mereka bukan preman, namun petugas taksi kami yang ditugaskan mengatur di lapangan," jelasnya di hadapan puluhan wartawan.

Seperti diberitakan, Sari Hardiyanto, penumpang taksi online yang dilabrak petugas Puskopau itu menuliskan pengalamannya di akun Facebook-nya. Sari yang juga wartawan media online itu mengaku merasa terintimidasi dan diancam sejumlah orang saat berupaya memesan taksi online di luar kawasan Bandara Adi Soemarmo.

Dia juga mengunggah foto salah satu orang berseragam yang menantangnya untuk mengunggah fotonya. Dalam jumpa pers tersebut, Sari dipertemukan dengan Danang yang dikenalinya sebagai salah satu orang yang memaksanya turun dari taksi online.

Baca juga:

Mereka berdua kemudian berjabat tangan sebagai tanda permasalahan itu telah selesai dan tak diperpanjang. "Saya berharap kejadian yang saya alami ini tak lagi menimpa para penumpang lainnya. Kejadian ini teryata cukup banyak dialami para penumpang," terang Sari.

Nurrohman mengatakan TNI AU selaku pihak yang bertanggung jawab atas keamanan lingkungan Bandara Adi Soemarmo hanya berupaya memperjelas status dan identitas transportasi yang beroperasi di Bandara.

"Nah, taksi online itu kan belum jelas badan hukumnya, nomor lambungnya, atau tanda khususnya. Saat ini kami memang belum ada kerja sama dengan pengelola taksi online untuk menjemput penumpang. Kalau di luar bandara ya silakan," jelasnya.

Meski demikian, sambungnya, selama ini ada pengemudi taksi online nakal yang menggiring penumpang keluar dari area bandara. Kejadian inilah yang tak diinginkan Puskopau sehingga menerjukan petugas untuk menertibkan pengemudi nakal.

"Sebenarnya tak ada aturan berapa radius km yang diperbolehkan bagi taksi online untuk mengambil penumpang. Namun, satgas driver online dulu yang menawarkan radius 2 km. Bahkan, satgas taksi online juga menawarkan denda Rp500.000 jika mengambil penumpang di dalam radius 2 km," terangnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kisah ABG Klaten Terobos Penyekatan: Niat Beli Makan Ke Jogja, Pulang Jadi Tersangka

ABG Klaten yang nekat terobos penyekatan pemudik di Pospam Prambanan niatnya pergi ke Jogja untuk beli makan buat buka puasa.

Dikhawatirkan Picu Kerumunan, Pasar Tiban di Pekalongan Dibubarkan

Meningkatnya aktivitas warga menjelang Lebaran, terutama di Alun-alun Kota Pekalongan rawan memicu penyebaran virus corona.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Selasa 11 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Selasa, 11 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

Warga di 12 Padukuhan di Sleman Dilarang Salat Id Berjamaah

Kalau sudah zona merah, salat Idulfitri baik di masjid maupun lapangan tidak dibolehkan.

Kemenag Jateng Sebut Sudah 300 Ulama Meninggal Akibat Covid-19

Data dari Kementerian Agama pusat ada 300 ulama yang meninggal akibat terpapar Covid-19 se-Indonesia.

Kemenhub Ungkap Potensi Warga Mudik Besok

Kemenhub memperkirakan aktivitas mudik bakal terjadi lagi, Selasa (11/5/2021) besok dan Rabu (12/5/2021) lusa.

Tambang Emas Longsor di Sumbar, 4 Meninggal

Asnedi mengatakan longsor di lokasi tambang itu bukan sekali ini terjadi. Sebelumnya, menurut Asnedi, lokasi tambang itu pernah longsor Januari lalu.

Ustaz Tengku Zulkarnain Meninggal, Dinkes Tracing Safari Dakwah

Dinkes Riau meminta puskesmas yang wilayahnya ketempatan safari dakwah Ustaz Tengku Zulkarnain segera melalukan tracing kontak fisik.

Mudik Dilarang, Pedagang di Madiun Ngeluh Pasar Sepi Jelang Lebaran

Jika dibandingkan dengan momen Lebaran tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kondisi pasar menjadi paling sepi.

Usulan Liga 1 Tanpa Degradasi, Presiden Pasoepati: Ini Kompetisi atau Tarkam?

Presiden Pasoepati, Maryadi Gondrong, menyayangkan munculnya gagasan kompetisi tanpa degradasi di Liga 1 maupun Liga 2. Menurut Gondrong, liga tanpa degradasi sama saja mengebiri ruh kompetisi.

Dishub Semarang Catat 8 Titik Kemacetan Jelang Lebaran

Larangan mudik tak menyebabkan Semarang bebas macet, bahkan Dishub Kota Semarang mendeteksi adanya delapan titik kemacetan di kota ini.