SOLOPOS.COM - Petugas Puskeswan Girimulyo melakukan pemeriksaan kesehatan pada sapi peternak Dusun Krikil Desa Pendoworejo Girimulyo, belum lama ini. (Nina Atmasari/JIBI/Harian Jogja)

Petugas Puskeswan Girimulyo melakukan pemeriksaan kesehatan pada sapi peternak Dusun Krikil Desa Pendoworejo Girimulyo, belum lama ini. (Nina Atmasari/JIBI/Harian Jogja)

GIRIMULYO—Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Girimulyo berperan penting dalam pelayanan masyarakat di bidang kesehatan hewan, namun fasilitas di lokasi ini masih minim. Pengelola berharap ada penambahan fasilitas.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Petugas Medik Veteriner Madya di Puskeswan Girimulyo, Yuriati mengungkapkan peralatan yang ada saat ini berupa peralatan medik berupa alat bedah, mikroskop dan sentrifuge, alat kantor dan sebuah sepeda motor.

“Sepeda motor berasal dari Revitalisasi Poskeswan tahun 1998 dan saat ini dalam kondisi dua pertiga rusak,” ungkap Yuriati, belum lama ini.

Karenanya, pihaknya membutuhkan kendaraan bermotor, alat komunikasi dan sebagian obat-obatan yang tidak diperoleh dari kegiatan APBD maupun APBN. Khusus kendaraan bermotor, menurutnya sangat mendesak untuk mengunjungi ternak-ternak warga.

Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kulonprogo, Endang Purwaningrum Titi Lestari membenarkan karena belum menjadi UPT, saat ini pengelolaan Puskeswan Girimulyo masih dilakukan oleh UPT Daerah
Puskeswan Wilayah Utara.

“Memang ke depan kami harapkan semua Puskeswan menjadi UPTD, agar bisa leluasa mengatur rumah tangganya,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya