SOLOPOS.COM - Petugas Puskesmas Lendah I menunjukkan rembesan limbah yang menimbulkan bau tidak sedap, Selasa (22/4/2014). (Switzy Sabandar/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, KULONPROGO—Layanan di Puskesmas Lendah I Kabupaten Kulonprogo terganggu karena tempat penampungan limbah diduga penuh sehingga air merembes keluar dan menimbulkan bau tak sedap.

Tidak hanya itu rembesan air limbah juga masuk ke ruangan poli gigi dan menghambat layanan pada pasien gigi. Data yang dihimpun, dalam satu hari Puskesmas Lendah I dapat melayani lebih dari 70 pasien.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Staf keuangan puskesmas Lendah I, Dasiman, membenarkan, sudah satu bulan terakhir air limbah merembes keluar dan mengganggu kenyamanan. Kendati demikian, ia belum dapat memastikan penyebab air limbah merembes.

“Bisa jadi karena tempat penampungan limbahnya penuh,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (22/4/2014).

Penampungan air limbah puskesmas itu sudah dibangun sejak Maret 2009 dan belum pernah bermasalah. Dasiman juga tidak mengetahui jenis air limbah yang merembes keluar karena terdapat beberapa kemungkinan, antara lain, limbah medis, limbah rumah tangga puskesmas, atau limbah air cuci tangan.

Persoalan ini juga sudah dilaporkan ke Dinas Kesehatan Kulonprogo dan kabarnya akan ditindaklanjuti, tetapi sampai sekarang belum ada perbaikan.

Staf kepegawaian Puskesmas Lendah I, Rubimin, mengungkapkan, aktivitas layanan cabut dan tambal di poli gigi harus pindah ke ruangan lain karena rembesan air mengganggu kenyamanan. Namun, kata dia, tidak setiap hari air limbah luber keluar, hanya di saat-saat tertentu. “Biasanya setelah hujan deras,” kata Rubimin.

Dijelaskannya, pembangunan tempat penampungan limbah dilakukan oleh pemborong dari luar, sehingga puskesmas tidak mengetahui secara pasti struktur bangunannya.“Sejak lima tahun dibangun tempat penampungan limbah baru kali ini sampai merembes keluar, kami tidak tahu apakah memang sudah penuh atau ada yang rusak,” urainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya