SOLOPOS.COM - Ilustrasi

WATES—Serangan semut kayap atau tomcat yang marak terjadi belakangan tidak perlu disikapi berlebihan. Sebab, kehadiran tomcat selain menjadi predator alami hama pertanian juga bisa disembuhkan. Cukup datang ke Puskesmas terdekat, petugas akan memberi obat anti alergi.

Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo, Lestaryono mengatakan sejak serangan semut kayap itu muncul di sejumlah daerah, ia mewanti-wanti seluruh puskesmas agar melaporkan ke Dinas Kesehatan Kulonprogo. “Namun, sampai saat ini belum ada laporannya,” tegas Lestaryono saat dihubungi Harian Jogja, kemarin (23/3).

Menurutnya, masyarakat tidak perlu panik dengan adanya serangan tomcat. Pasalnya, selain mudah disembuhkan semut kayap menjadi predator alami untuk membunuh hama wereng coklat. Bila semut tersebut muncul dan menyentuh kulit, lanjutnya, cukup diusir saja tanpa memencetnya. (sun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya