SOLOPOS.COM - Perayaan HKSN Puskesmas Godean I. (ist)

Puskesmas Godean I, melaunchingkan kegiatan-kegiatan yang telah berjalan pada tahun ini, antara lain kegiatan Prolanis

Harianjogja.com, GODEAN-Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Puskesmas Godean I, dilaksanakan secara rutin dengan rangkaian senam massal bersama kader kesehatan, lintas sektor, karyawan, dan masyarakat setempat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam rilis kepada Harian Jogja, Rabu (30/11/2016), Kepala Puskesmas Godean I, Muhammad Daroji,menyampaikan HKN sebagai momentum untuk lebih meningkatkan kesehatan masyarakat, baik melalui tenaga kesehatan langsung maupun melalui kader sebagai promotor kesehatan di tingkat dusun yang sangat berperan dalam mewujudkan kesehatan masyarakat.

Puskesmas Godean I mengemas acara HKN dengan melaksanakan kegiatan senam massal dengan peserta kurang lebih 500 orang, yang terdiri dari Lintas Sektor, Dinas kesehatan Kabupaten Sleman, seluruh Kader kesehatan Puskesmas Godean I, Karyawan Puskesmas, peserta senam Jumat, peserta Prolanis, peserta keluarga Prokeswa. Pada kesempatan yang sama, Puskesmas Godean I, melaunchingkan kegiatan-kegiatan yang telah berjalan pada tahun ini, antara lain kegiatan Prolanis “Manise PUGOSA”.

Kegiatan ini mewadahi para penderita penyakit kronis, Diabetes Mellitus, Hipertensi dengan berbagai kegiatan, antara lain, edukasi, kontrol rutin, senam prolanis, konsultasi dan kemudahan akses dalam pengobatan, serta pendaftaran anggota baru.

Selain itu, dilaunching juga” Keluarga Prokeswa(Pro Kesehatan Jiwa)”. Kegiatan ini sebagai wadah bagi keluarga yang merawat ODS (Orang Dengan Skizofrenia), dengan berbagai kegiatan antara lain, support group care giver skizofrenia (kelompok pendukung keluarga ODS), Family Gathering Skizofrenia, Pendampingan Keluarga skizofrenia tingkat desa, terapi kelompok untuk keluarga maupun ODS, Rehabilitasi Berbasis Masyarakat untuk ODS yang telah stabil, serta pendaftaran peserta baru prokeswa.

Posbindu institusi juga dilaunching pada acara tersebut dengan melaksanakan pemeriksaan secara berkala kepada karyawan Puskesmas Godean I, baik pemeriksaan tinggi badan, berat badan, antropometri,cek laboratorium, untuk dapat diketahui kondisi kesehatan karyawan.

Kegiatan lainnya yang juga dilaksnakan adalah deklarasi stop BABS. Deklarasi digelar di dua Desa, yakni Desa Sidoagung dan Desa Sidomoyo, sehingga tahun ini, seluruh desa sudah dilakukan pemicuan, yang akan mendukung masyarakat untuk hidup sehat dengan melaksanakan stop BABS (Buang Air Besar di Sungai).

Penghargan Posyandu terbaik dilaksanakan rutin setahun sekali, sebagai apresiasi Posyandu balita maupun lansia. Pada kesempatan kali ini diumumkan Posyandu Balita terbaik I diraih oleh Posyandu Balita“Dahlia” Dusun Kramen, Sidoagung. Terbaik II Posyandu Balita “Pisang”, Dusun Pandean VII, Sidoluhur, Godean. Terbaik III, Posyandu “Telasih” Dusun Simping, Sidomoyo, Godean. Harapan I, Posyandu “Mawar”, Godean Lor, Sidoagung,Godean. Dan terbaik II Posyandu “Anggrek”, Genitem, Sidoagung,Godean.

Penghargaan Posyandu Lansia terbaik I diraih oleh Posyandu “Teratai” Ngrenak Kidul,Sidomoyo,Godean. Posyandu Lansia terbaik II diraih oleh Posyandu “Wreda Raharja” Pandean VII, Sidoluhur, Godean. Terbaik III diraih oleh Posyandu “Karang Wreda” Berjo II, Sidoluhur, Godean. Harapan I oleh Posyandu “Dahlia” Kramen, Sidoagung, Godean. Harapan II, Posyandu “Jeruk” Dusun Gancahan V,Sidomulyo, Godean.
Selain itu, diberikan juga penghargaan untuk kader UKGMD Posyandu aktif yang diraih oleh “Posyandu pisang” Pandean VII, Sidoluhur., “Posyandu Alpukat”Ngabangan,Sidoluhur serta “Posyandu Duku” Gancahan VI, Sidomulyo,Godean.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya