Kategori: Karanganyar

Puskesmas di Karanganyar Petakan Penerima Vaksinasi Covid-19, Siapa Saja?


Solopos.com/Candra Mantovani

Solopos.com, KARANGANYAR -- Puskesmas di Karanganyar telah melakukan pendataan berdasarkan database dan usia untuk program vaksinasi Covid-19. Meskipun begitu, pendataan lanjutan masih menunggu instruksi lanjutan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar.

Kepala Puskesmas Tasikmadu, Supardi, mengatakan proses pendataan untuk vaksinasi Covid-19 sudah dijalankan sesuai anjuran Dinkes Karanganyar dan Pemerintah Pusat.

Pikap Nyemplung Jurang di Tawangmangu, Sopirnya Malah Ngacir

Meskipun begitu, menurutnya pendataan belum merambah hingga ke wawancara. Sehingga, pihaknya baru mendata sasaran vaksinasi berdasarkan database profesi dan usia.

“Saat ini sudah ada pendataan. Memang prioritasnya kan tenaga medis, polisi, TNI, dan petugas pelayanan publik. Tapi baru sebatas pemetaan data. Sambil jalan, kami sambil menunggu instruksi lanjutan dari Dinkes untuk proses pendataan selanjutnya,” beber dia kepada Solopos.com, Rabu (2/12/2020).

Izin Ortu Masih Jadi Syarat Wajib Siswa untuk Ikut Pembelajaran Tatap Muka

Terkait vaksinator, Supardi menjelaskan di Puskesmas Tasikmadu sudah memiliki tiga dokter dan 20 bidan yang bisa ditugaskan menjadi vaksinator.

Namun, penugasan vaksinator menunggu jumlah kuota vaksin yang disalurkan ke Puskesmas Tasikmadu.

"Kemarin juga sudah ada pelatihan. Jadi tinggal menunggu informasi lanjutan saja nanti pelaksanaan bagaimana," imbuh dia.

Menunggu Instruksi Lanjutan

Kepala Puskesmas Colomadu II, Ririn Nurliyani, mengatakan pemetaan penerima vaksinasi sudah dilakukan berdasarkan data usia. Pendataan selanjutnya menurutnya masih menunggu instruksi lanjutan.

"Sudah ada pendataan. Untuk penyimpanan vaksin kami sudah ada tempatnya juga dan bisa menampung 2.000 vaksin. Nanti menunggu Dinkes," terang dia.

Target PAD Pariwisata Karanganyar 2021 Dipastikan Naik Meski Ada Pandemi

Terpisah, Plt. Kepala Dinkes Karanganyar, Purwati, mengatakan pihaknya belum menerima data hasil pendataan dari 17 Puskesmas berdasarkan usia.

Dia menjelaskan hingga saat ini pihaknya masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat terkait penyaluran vaksin Covid-19. Dia juga belum mengetahui jumlah vaksin yang akan diterima Kabupaten Karanganyar nanti.

"Ini masih pendataan sasaran penerima vaksin. Seperti anjuran pemerintah pusat untuk usia 18 hingga 59 tahun. Saat ini data dari puskesmas belum ada yang masuk. Setidaknya bulan ini sudah masuk datanya. Pelatihan vaksinator sudah ada juga. Ada 42 orang kemarin," jelas dia.

Tidak Ada Pilkada, Bupati Karanganyar Minta Warga Libur di Rumah Saja Pada 9 Desember 2020

Share
Dipublikasikan oleh
Rohmah Ermawati