SOLOPOS.COM - Aktivitas Truk di Pusat Pergudangan Kota, Pedaringan, Jebres, Solo. (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)

Pusat pergudangan Pedaringan akan dipindahkan ke Mojosongo.

Solopos.com, SOLO — Pusat pergudangan Pedaringan di Kentingan, Jebres, Solo, rencananya dipindahkan ke kawasan ringroad Mojosongo. Pemerintah Kota Solo membidik lahan milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah di sekitar kampus II Institut Seni Indonesia (ISI) Mojosongo sebagai lokasi pusat pergudangan yang baru.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo ketika dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Jumat (2/12/2016), mengatakan segera berkonsultasi dengan Pemprov terkait rencana pemanfaatan aset lahan di ringroad Mojosongo untuk pusat pergudangan Kota Solo.

“Kami ingin memanfaatkan lahan Pemprov itu. Mudah-mudahan Pemprov menyetujui, sehingga bisa digunakan untuk pusat pergudangan,” kata Rudy, sapaan akrabnya.

Pemindahan pusat pergudangan kota dari Pedaringan ke kawasan ringroad Mojosongo dinilai paling tepat untuk menekan kemacetan sekaligus kerusakan sejumlah ruas jalan di Kota Solo.

“Jadi pusat pergudangan mestinya dipinggir kota dan terkoneksi dengan jalur khusus seperti ringroad. Kendaraan yang akan bongkar muat tak perlu masuk kota,” katanya.

Pemkot juga berencana menata kawasan Pedaringan. Sesuai rencana Pemkot akan membangun Convention Hall dan Expo Center. Guna mendapatkan desain terbaik, Pemkot menggelar sayembara desain pembangunan Convention Hall dan Expo Center yang akan dibangun di atas lahan seluas tiga hektare di sisi selatan Pedaringan.

Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Solo Agus Djoko Witiarso mengatakan rencana pembangunan Convention Hall dan Expo Center di Pedaringan merupakan program Pemkot dalam pengembangan di kawasan Solo utara menjadi central business district (CBD) atau daerah pusat kegiatan.

“Solo selama ini belum memiliki gedung bertaraf Internasional. Jadi SCE ini sangat bagus dan harus direalisasikan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya