Kategori: Solo

Pusat Perbelanjaan di Pasar Kliwon Solo Dibanjiri Pengunjung, Ini Antisipasi Polisi


Solopos.com/Ichsan Kholif Rahman

Solopos.com, SOLO -- Sejumlah pusat perbelanjaan di Pasar Kliwon, Solo dibanjiri pengunjung menjelang Lebaran. Padahal, Kota Solo masih menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) Covid-19.

Kapolsek Pasar Kliwon AKP Tegar Satrio Wicaksono mengakui terjadi peningkatan pengunjung di beberapa pusat perbelanjaan. Misalnya Beteng Trade Center (BTC) dan Pusat Perbelanjaan Luwes Loji Wetan maupun Gading.

Jajaran Polsek Pasar Kliwon meningkatkan intensitas patroli guna mengingatkan masyarakat menjalankan prosedur kesehatan pencegahan virus corona serta menghindari gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat seperti pencopetan.

Banyak Orang Tanpa Gejala Covid-19, Menag: Jangan Terima Tamu saat Lebaran

"Kami sudah berkoordinasi dengan pengelola pusat perbelanjaan maupun pasar untuk menyediakan sarana protokol kesehatan serta menjalankan protokol kesehatan pencegahan virus corona. Nanti petugas juga akan berkeliling ke pusat perbelanjaan itu," papar dia mewakili Kapolresta Solo Kombes Pol Andy Rifai kepada Solopos.com, Rabu (20/5/2020).

Dia menambahkan menjelang Lebaran tren masyarakat berbelanja sudah mulai terjadi dalam beberapa hari terakhir meskipun saat ini Kota Solo masih berstatus KLB virus Corona.

Dia menyebutkan kepolisian harus mengantisipasi hal itu dengan cara mengingatkan langsung di pusat perbelanjaan di Pasar Kliwon maupun melalui pengeras suara agar pengunjung tetap memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan.

Marah Ditegur Tak Pakai Masker, Kakak-Adik di Sulawesi Selatan Rusak Posko Covid-19

Ia menambahkan bukan hanya antisipasi virus corona yang menjadi perhatian kepolisian. Jumlah warga yang sangat banyak juga dapat memicu pelanggaran tindak pidana seperti pencurian, kejahatan jalanan, atau pencopetan.

Menurutnya, Polri telah menyiapkan sejumlah personel untuk semakin sering berpatroli berkeliling di pusat perbelanjaan di Pasar Kliwon maupun di jalanan, termasuk berjaga di Pos Pengamanan kawasan Gladak.

Cara Warga Klaten Kelabuhi Sipir LP, Narkoba Dilakban & Dimasukkan Leher Ayam

"Nanti patroli kepolisian bakal lebih sering agar jangan sampai ada gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat. Termasuk kami akan terus mengingatkan prosedur-prosedur penanggulangan pencegahan virus corona," ujar dia.

Share
Dipublikasikan oleh
Danang Nur Ihsan