Pusat Kuliner Solo Diawasi, Ini Tips Jajan Aman Selama Pandemi
Ilustrasi penataan tempat makan selama pandemi Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, SOLO -- Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengancam akan menutup warung hingga restoran yaang tidak mematuhi protokol kesehatan. Dia khawatir pusat kuliner menjadi tempat penularan Covid-19. Oleh sebab itu pihaknya bakal memperluas target operasi yustisi hingga ke pusat kuliner.

"Nanti kita akan masuk ke warung, restoran, kalau nekat minimal kita tutup. Kalau masih nekat lagi kita cabut izinnya," kata Rudy saat dijumpai usai pemusnahan barang bukti kejahatan di Kejaksaan Negeri Solo, Kamis (26/11/2020), seperti dilansir Detik.com.

Seperti diketahui, rumah makan menjadi salah satu klaster penularan Covid-19 yang patut diwaspadai. Sampai saat ini ada beberapa klaster dari usaha kuliner tersebut yang membuat heboh.

Kisah Misteri Pesugihan Umbel Meler di Klaten, Dulu Digemari Banyak Orang

Klaster warung makan rentan membuat virus corona jenis baru ini menyebar karena interaksi penjual dan konsumen. Klaster warung makan juga bisa menyebar antarpegawai dan pengelola warung.

Klaster kuliner dari warung ayam goreng di Sukoharjo, Tahu Kupat Solo, Mangut Kepala Manyung Bu Fat di Semarang, Soto Lamongan Jogja, hingga warung makan di Wonosari Klaten menunjukkan persebaran virus corona semakin masif.

Wali Kota Solo Minta Jokowi Angkat Lagi Susi Pudjiastuti Jadi Menteri

Fakta tersebut juga harus semestinya mengingatkan untuk selalu waspada dan mengingat pesan ibu untuk tidak sembarangan jajan di luar rumah.

Meski demikian, bukan berarti tidak boleh jajan sama sekali di luar rumah. Anda masih bisa jajan, namun dengan menerapkan panduan aman berikut ini:

Selektif Pilih Tempat

Tips jajan kuliner pertama adalah memilih tempat yang tidak ramai pengunjung. Anda bisa memilih restoran yang sudah mengambil tindakan preventif. Mulai dari menyiapkan hand sanitizer, menata kursi dan meja untuk menjaga jarak fisik, hingga pengecekan suhu tubuh.

Jika tempat makan yang Anda kunjungi adalah warung kaki lima, pastikan betul kebersihan dan penerapan protokol kesehatan.

Jangan lupa selalu memakai masker dan pastikan pemilik serta karyawan di sana juga mengenakan masker dengan baik. Memakai masker adalah cara paling sederhana namun wajib dilakukan untuk mencegah tertular virus corona dan munculnya klaster Covid-19.

Sebulan Naik 1.000 Kasus Covid-19, Wali Kota Solo Ancam Tutup Pusat Kuliner

Hindari Jam Sibuk

Perhatikan waktu berkunjung saat Anda ingin menyantap makanan di suatu kedai. Hindari mengunjungi tempat makan pada jam-jam sibuk, seperti jam makan siang atau akhir pekan.

Menghindari kerumunan adalah cara aman untuk melindungi diri dari virus corona sekaligus mencegah munculnya klaster kuliner di kedai. Anda bisa mendatangi restoran di jam-jam sepi, misalnya sebelum atau sesudah jam makan siang.

Bawa Alat Makan Sendiri

Tips jajan kuliner berikutnya adalah menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk melindungi diri agar tidak tertular virus corona. Termasuk membawa peralatan makan sendiri yang ringan seperti sendok, garpu, atau sumpit.

Jangan Berbagi Makanan

Pastikan Anda tidak berbagi makanan dengan orang lain saat bersantap. Tips jajan kuliner ini perlu dipatuhi untuk menekan risiko penularan virus corona.

Selain itu, jangan berbagi peralatan makan dengan orang lain. Anda juga dianjurkan tidak mencelupkan makanan yang sudah masuk ke mulut ke dalam kuah atau bumbu makanan kembali. Kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa jadi faktor utama pada penyebaran virus corona.

Kecelakaan Maut di Timuran Solo: Identitas Pengendara MX King Masih Misteri

Siapkan Hand Sanitizer

Membawa hand sanitizer merupakan tips penting menjaga diri dari penularan Covid-19. Cairan pembersih tangan ini juga wajib disediakan di tempat kuliner untuk mencegah klaster baru penularan Covid-19. Selain itu, disarankan untuk mengelap meja terlebih dahulu sebelum menempatinya menggunakan tisu yang sudah diberi hand sanitizer.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom