SOLOPOS.COM - Bakal calon wali kota Solo, Achmad Purnomo, tengah menanti giliran fit and propher test di Panti Marhaen, Jalan Brigjen Sudiarto, Kota Semarang, Sabtu (21/12/2019). (Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Solopo.com, SOLO - Pasangan bakal calon wali (cawali) Kota Solo yang diusung DPC PDIP Solo, Achmad Purnomo-Teguh Prakosa berharap rekomendasi cawali-cawawali Solo dari DPP PDIP bisa turun lebih awal alias tidak pada menit akhir (last minute).

Pernyataan itu disampaikan Puguh saat diwawancara Solopos.com usai deklarasi dukungan warga Kelurahan Joglo, Banjarsari, Minggu (5/1/2020). Bila tak dibacakan saat Rakernas PDIP bulan ini, mereka berharap rekomendasi turun Februari 2020.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Dari 271 daerah yang akan pilkada, rekomendasi untuk 40 daerah akan dibacakan saat Rakernas. Tapi saya tidak tahu apakah rekomendasi untuk Solo masuk dalam 40 rekomendasi itu atau tidak. Kalau masuk akan lebih baik,” ujar Teguh.

Tri Handoko dan Maryono Jalani Trial di Persis Solo

Menurutnya, rekomendasi yang turun lebih awal akan menguntungkan bagi daerah, utamanya Solo. Turunnya rekomendasi menjadikan kepastian politik di internal PDIP dan warga Solo yang mayoritas PDIP bisa kembali tenang.

“Dengan adanya beberapa calon yang mendaftar di PDIP paling tidak memecah pikiran warga. Kalau itu semakin jauh menjadi spekulasi yang kami sayangkan. Bila ada kepastian saya kira masyarakat akan tetap tenang dan sejuk,” terang dia.

Teguh mencontohkan kejadian beredarnya undangan kegiatan politik salah satu cawali yang mengatasnamakan struktur PDIP Solo. Padahal struktur PDIP menurut dia tak pernah mengagendakan atau terlibat kegiatan itu.

“Itu menjadikan, bukannya kami gundah. Tapi bagaimana menyikapi hal itu. Karena yang memilih itu masyarakat. Bukan partai politik. Bagi masyarakat yang sudah tahu tak ada masalah. Tapi bagi yang belum tahu, akan jadi masalah,” kata dia.

Ribuan Rumah Bersubsidi Akan Dibangun di Soloraya Tahun Ini

Hal senada disampaikan Achmad Purnomo yang juga Wakil Wali Kota Solo 2015-2020. Dia mengaku siap bila rekomendasi cawali-cawawali Solo turun awal waktu. Dia akan bekerja penuh semangat untuk memenangkan Pilkada Solo 2020.

“Kami tidak tahu kapan rekomendasi turun. Tapi kami berharap dan optimis rekomendasi turun ke kami. Kabarnya setelah Rakernas rekomendasi akan diturunkan. Tapi bisa juga dibacakan saat Rakernas. Saya tidak tahu pasti,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya