SOLOPOS.COM - Pura Jowongso (Foto: Chrisna Chanis Cara)

Pura Jowongso (Foto: Chrisna Chanis Cara)

Sragen (Solopos.com)–Kondisi Pura Jowongso yang terletak di Desa Ngandul, Kecamatan Sumberlawang, tampak memrihatinkan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan pengamatan Espos, Minggu (19/6/2011), pura yang dibangun pada 1981 ini mengalami retak-retak di beberapa sisi bangunan. Kondisi terparah terlihat dari pagar yang mengelilingi pura tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

Setidaknya ada lima titik retakan yang bisa ambrol bila tak segera diperbaiki. Sementara pada bangunan kantor, retakan juga terlihat di beberapa sisi.

Salah seorang pengurus Pura Jowongso, Widodo, saat ditemui Espos, menuturkan kondisi tersebut sudah terjadi sejak empat tahun silam, tepatnya pascagempa dahsyat di Jogja. Namun hingga sekarang, imbuh dia, pura yang dulunya merupakan Keraton Jowongso itu belum kunjung diperbaiki.

“Padahal kerusakan sudah mencapai 40%. Jika tak segera direhab, bisa-bisa bangunan pura ini ambruk, terutama bagian pagar,” ucapnya.

Menurut dia, sebenarnya sudah ada alokasi dana rehabilitasi dari Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Sragen sejak beberapa tahun lalu. Dirinya mempertanyakan kejelasan dana tersebut lantaran tak kunjung turun hingga sekarang.

(m99)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya