SOLOPOS.COM - Ustaz Guntur Bumi dan Istrinya, Puput Melati (JIBI/Solopos/Detik)

Rumah tangga Puput Melati dan Guntur Bumi dikabarkan telah lama berakhir.

Solopos.com, TANGERANG – Rumah tangga Puput Melati dan Guntur Bumi dikabarkan telah berakhir sejak 2014 silam. Kabar retaknya hubungan mereka membuat orang tua Puput Melati angkat bicara. Kepada media mereka mengatakan jika sang anak menikah tanpa izin.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Puput Melati dan Guntur Bumi diketahui sempat menikah siri beberapa bulan sebelum menikah secara sah pada Juni 2011. Ayah Puput, Hasan Sofyan, beserta ibundanya, Feby, mengaku tidak dilibatkan dalam pernikahan tersebut.

“Dari awal mereka menikah tanpa izin orang tua mereka sudah nikah siri. Jangankan perawan, meskipun janda harus izin orang tua. Hati ini iba, kenapa kok anak saya bisa begini. Si laki ini enggak pernah meminta ke kita orang tua. Saya sebagai orang tua merasa berdosa,” ungkap Sofyan yang ditemui di kediamannya, Rabu (16/11/2016), di Ciledug, Tangerang, Banten.

“Kami [sekeluarga] datang semua tapi seperti hanya sebagai tamu. Saya hanya tanda tangan saja,” tambahnya.

Dikabarkan Okezone.com, Rabu, pernikahan sah antara sang anak dengan Guntur Bumi dilaksanakan di kawasan Condet, Jakarta Timur pada bulan Juni 2011. Dalam acara tersebut Sofyan mengaku tidak hanya dianggap sebagai tamu saja, tetapi juga tidak bisa menjadi wali nikah sang anak.

Pria berambut gondrong ini mengaku bahwa ada alasan mengapa dirinya tidak bisa menjadi wali nikah sang putri. Hal tersebut diakui Sofyan lantaran dirinya tidak bisa membaca huruf gundul.

“Akhirnya mereka nikah (sah bulan Juni 2011) di Condet di tempat Habib Mahdi. Habib Mahdi pun banyak kyai dan habib. Saya sebagai orang tua mau menikahkan anak perempuan saya untuk sah. Makanya saya mau menikahkan tapi saya tidak bisa menikahkannya. Alasannya karena saya sebagai orang tua enggak bisa baca huruf gundul. Nikah itu kan bisa memakai bahasa Indonesia yang penting sah,” paparnya.

“Diwakilkan oleh kyai yamg kondang, yang mengawinkan KH Abudrahman. Meskipun saya agamanya sedikit, saya bisa kok baca Alquran. Menikahkan anak perempuan itu wajib adalah orang tua meski itu janda,” sambungnya.

Puput Melati dan Guntur Bumi menikah secara sah pada Juni 2011 lalu di kawasan Condet, Jakarta Timur. Dua tahun pernikahan mereka berjalan, Puput diketahui telah menggugat cerai suaminya di Pengadilan Agama Jakarta Timur pada Desember 2013, dan resmi bercerai pada Januari 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya