SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Solopos.com)–Pupuk urea berwarna pink disosialisaikan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Senin (31/10/2011).

Dalam kegiatan itu, Kepala Disprindagkop dan UMKM, Sumardjono, mengatakan tujuan sosialisasi agar semua pihak terkait seperti gabungan kelompok tani (Gapoktan), distributor, pengecer, serta koordinator petugas penyuluh lapangan (PPL) mengetahui tentang pupuk baru itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pupuk Pink merupakan pupuk bersubsidi yang awalnya berwarna putih. Pemberian warna itu untuk membedakan dengan pupuk non subsidi yang berwarna putih. Ia juga menegaskan jika kualitas pupuk bersubsidi tersebut tidak jauh berbeda dengan pupuk non subsidi.

Ekspedisi Mudik 2024

“Tujuan pewarnaan pupuk untuk mencegah timbulnya penyimpangan penjualan pupuk di lapangan. Karena di wilayah luar Pulau Jawa yakni Sumatera dan Kalimantan yang merupakan daerah perkebunan, sering terjadi penyimpangan penjualan pupuk. Jadi, pupuk bersubsidi yang berwarna putih juga dijual dengan harga non subsidi,” paparnya.

Pupuk berwarna pink tersebut merupakan pupuk urea bersubsidi buatan PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang. Sosialisasi itu juga menghindari keraguan pengguna pupuk atau petani terhadap perubahan warna pupuk urea yang bersubsidi. Penyaluran pupuk urea warna pink dilakukan bertahap dengan memrioritaskan terlebih dulu penyaluran urea putih.

(aak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya