SOLOPOS.COM - ilustrasi (dok)

ilustrasi (dok)

SOLO–Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan minat baca siswa salah satunya mengajak mereka mengenali hal atau benda yang mereka sukai, seperti mengasah rasa ingin tahunya di bidang otomotif, teknologi dan lainnya.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Hal tersebut terungkap dalam acara talk show tentang minat baca, Sabtu (17/12). Dosen dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Sebelas Maret (UNS), Risa Suryana M Eng, mengatakan tanpa memiliki minat baca yang tinggi mustahil seseorang dapat memperoleh beasiswa belajar ke luar negeri. Untuk meraihnya, siswa harus mengetahui apa yang ingin diketahui, apakah soal teknologi, otomotif atau keinginan lainnya. “Agar tahu lebih banyak tentang hal tersebut, mereka harus banyak membaca dan mencari informasi,” jelas dia.

Pada kesempatan ini Risa yang mendapatkan pendidikan untuk program pascasarjana dan doktor di Jepang, berbagi pengalaman pada seratusan siswa SMP Al Irsyad. Dia menceritakan bagaimana caranya mendapatkan peluang belajar hingga luar negeri. Dia mengungkapkan untuk mencapai mimpi bersekolah ke luar negeri membutuhkan usaha dan giat belajar, salah satunya dengan menuntaskan rasa ingin tahu di bidang ilmu Fisika. “Apapun bidangnya asal dipelajari dengan sungguh-sungguh pasti akan menghasilkan,” jelas dia.

(das)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya