SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG – Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang memiliki selter baru untuk melayani penumpang di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Kota Semarang. Selter baru yang bergaya futuristrik itu pun akan semakin memanjakan penumpang yang akan menggunakan layanan jasa transportasi darat maupun udara.

Dikutip dari keterangan resmi PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang, selter baru BRT Trans Semarang ini memiliki jarak yang lebih dekat ke pintu kedatangan bandara. Jika selter sebelumnya berjarak 30 meter, selter baru hanya berkisar 25 meter.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Penumpang yang akan naik BRT Trans Semarang di bandara juga semakin dipermudah. Selain jarak yang lebih dekat, selter baru juga dilengkapi ruang tunggu yang nyaman, tertutup, ber-AC serta ada passenger information system (PIS), sehingga penumpang bisa mengetahui kedatangan BRT,” ujar Kepala Badan Layanan Umum (BLU) UPTD Trans Semarang, Ade Bhakti Ariawan.

Sementara itu, pihak Angkasa Pura I mengaku sangat mendukung keberadaaan BRT Trans Semarang di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Keberadaan BRT mempermudah aksesbilitas masyarakat dari dan menuju ke bandara.

“BRT Trans Semarang Koridor V dengan rute Bandara-Mateseh dan Bandara-Simpang Lima ini merupakan perwujudan integrasi antarmoda transportasi, sehingga diharapkan dapat memberikan pilihan kenyamanan dalam mengakses bandara,” kata Direktur Operasi PT Angkasa Pura I, Wendo Asrul Rose.

Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani dengan terminal barunya memiliki luas area 58.652 meter persegi, delapan kali lebih besar dibanding luas bandara dengan terminal lama yang hanya 6.708 meter persegi. 

Operasional armada Koridor V Bandara – Meteseh dimulai pukul 05.30 hingga 17.50 kemudian dilanjutkan BRT Bandara, dengan rute Bandara  Ahmad Yani – Simpanglima mulai pukul 18.00 hingga 24.00 WIB. Jarak antar armada 10-15 menit pada kondisi lalu lintas normal. 

Harga tiket BRT Trans Semarang rute Bandara dibanderol Rp3.500 untuk umum dan Rp1.000 untuk pelajar dan mahasiswa, kecuali untuk hari Minggu maupun libur nasional.

Harga yang relatif murah ini pun menjadikan BRT Trans Semarang menjadi salah satu transportasi favorit warga Kota Semarang dari maupun menuju ke Bandara Ahmad Yani. Terbukti, sejak dioperasikan di bandara jumlah penumpang BRT mengalami peningkatan.

Pada bulan Juni tercatat 9.458 penumpang BRT dari Bandara. Jumlah ini meningkat menjadi 13.052 penumpang pada Juli, 15.841 (Agustus), 16.042 (September), 17.219 (Oktober), 16.828 (November) dan 17.500 (Desember).

“Sejak dioperasionalkan  pada 6 Juni 2018 hingga Desember 2018, BRT Koridor V total telah melayani 105.940 penumpang dari selter Bandara Ahmad Yani,” ujar Ade.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya