Punya Masalah dengan Skin Barrier, Perbaiki Dengan Cara Ini
ilustrasi skincare barrier (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Skin barrier memiliki fungsi menjaga kelembapan dan mencegah dehidrasi pada kulit. Ini merupakan lapisan terluar pada kulit yang sering disebut stratum corneum.

Skin barrier juga membantu melindungi kulit dari berbagai faktor yang dapat menyebabkan kerusakan-kerusakan kulit.

Lingkungan yang terlalu lembab atau terlalu kering, polutan, terlalu banyak terkena sinar matahari, paparan bahan kimia, dan pencucian berlebihan menjadi penyebab rusaknya skin barrier.

Mudah Dan Cepat, Ini Cara Bersihkan Dan Rawat Sepatu Bila Basah Terkena Hujan

Jika hal ini rusak maka kulit akan mengalami gejala seperti kulit kering dan bersisik, merasa gatal, kulit bercak kasar atau berubah warna, dan timbulnya jerawat hingga meradang. Oleh karena itu, penting melindungi skin barrier agar berfungsi dengan baik.

Melansir dari berbagai sumber Jumat (27/11/2020), berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki skin barrier.

Jangan gunakan terlalu banyak skincare

Jika melakukan perawatan kulit harian yang rumit hingga melibatkan sekeranjang produk, secara tidak sengaja kalian sudah melemahkan skin barrier. Coba Konsultasikan dengan dokter kulit atau ahli perawatan kulit tentang produk mana yang penting dan paling efektif untuk kalian.

Jangan terlalu sering mencuci dan salah memilih kandungan facial wash. Cuci wajah kalian dengan produk facial wash yang memiliki tekstur gentle dan jangan menggunakan yang scrub. Facial wash yang gentle biasanya berbentuk krim atau gel. Facial wash ini bisa membantu melembapkan kulit wajah.

Boleh melakukan eksfoliasi, tapi perhatikan juga reaksi kulit setelahnya. Gunakan kapas untuk mengaplikasikan produk eksfoliasi. Jangan menggosok produk scrub wajah terlalu kuat karena dapat merusak dan menipiskan skin barrier.

Penting Bagi Orang Tua, Ayo Jaga Anak Agar Terhindar dari Virus Corona

Perhatikan pH pada skincare

Standar pH pada kulit wajah sekitar 5,7. Tetapi beberapa produk perawatan kulit bisa berkisar dari pH 3,7, hingga 8,2. Lebih baik gunakan produk perawatan kulit yang mendekati pH alami kulit. Menjaga pH kulit dapat melindungi kulit dari kondisi seperti dermatitis, ichthyosis, jerawat, dan infeksi Candida albicans.

Cari formulasi produk yang mengandung ceramide

Ceramide adalah lipid lilin yang ditemukan dalam konsentrasi tinggi di stratum korneum, yang penting untuk skin barrier. Pelembap kaya ceramide juga dapat memperkuat integritas struktural dari pelindung kulit. Pelembap ceramide mungkin sangat membantu jika kulit kalian berjerawat. Sedangkan, produk yang mengandung ceramide juga dapat membantu melindungi kulit yang lebih gelap.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom