SOLOPOS.COM - Ilustrasi layanan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di perbankan. (JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, JAKARTA -- Pedagang online di e-commerce yang terpilih bakal mendapat penawaran kredit usaha rakyat atau KUR dari BRI alias PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

E-commerce dimaksud meliputi Tokopedia dan Shopee. Selain pelapak online, pemilik merchant warung makan online yang bergabung di Gofood dan Grabfood juga bakal jadi target penyaluran KUR BRI.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Inovasi penyaluran KUR tersebut sengaja dilakukan di tengah tekanan pandemi Covid-19. BRI membuka akses pengajuan KUR lewat channeling online dengan menggandeng perusahaan ride hailing kenamaan seperti Grab dan Gojek serta e-commerce yakni Shopee dan Tokopedia.

Luar Biasa! Hampir 2.000 Emak-Emak Borong ORI017

Hal ini dilakukan BRI sebagai respons dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang diresmikan Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu yang lalu. Gerakan tersebut merupakan wujud dukungan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia yang terkena dampak pandemi.

“Kami terus melakukan pendampingan dan dukungan kepada pelaku UMKM secara berkelanjutan. Salah satunya adalah dengan memberikan akses KUR yang lebih luas kepada UMKM sehingga bisa menjadi stimulus keberlangsungan usahanya di tengah kondisi seperti saat ini,” ungkap Direktur Bisnis Mikro Bank BRI, Supari, seperti dikutip Bisnis.com, Kamis (25/6/2020).

Kebakaran Hanguskan 2 Toko di Pokoh Wonogiri, Seluruh Barang Dagangan Ludes

Penyaluran KUR Lewat Online Mei 2020

Secara teknis BRI mulai membuka akses KUR pada Mei 2020 kepada merchant Gofood (Gojek), Grabfood/Grabkios (Grab) dan merchant yang terdaftar di Shopee serta Tokopedia. Awalnya, para mitra akan melalui screening awal sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

Selanjutnya, mereka akan mendapat tawaran fasilitas KUR hingga maksimal Rp50 juta dengan tenor paling panjang tiga tahun. Mereka harus mengisi data melalui https://kur.bri.co.id/.

Sempat Dibuka Tutup, Ini Keistimewaan Bendungan Karangkendal Klaten

Setelah itu, pihak bank akan melakukan credit scoring. Bila lolos, proses pencairan KUR bisa direalisasikan.

Dia menambahkan BRI yang memiliki komitmen untuk fokus terhadap pemberdayaan UMKM di Indonesia tidak tinggal diam melihat kondisi saat ini. Perseroan telah mengimplementasikan berbagai strategi dalam rangka mendukung pemerintah menyelamatkan UMKM.

Hingga akhir Mei 2020 BRI berhasil menyalurkan KUR senilai Rp47,4 triliun kepada lebih dari 1,7 juta pelaku UMKM. Jumlah tersebut setara 39,35% dari target yang telah di-breakdown oleh pemerintah kepada BRI pada 2020 yakni Rp120,2 triliun.

Disebut Benny Tjokro Terkait Kasus Jiwasraya, Apa Kabar Saham Bakrie Group?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya