Punya Harta Triliunan, Ini 3 Menteri Terkaya di Kabinet Jokowi-Ma'ruf
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) dan Wapres Ma'ruf Amin (kanan) memperkenalkan jajaran menteri Kabinet Kerja II di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). (Antara-Wahyu Putro)

Solopos.com, SOLO — Para menteri di Kabinet Indonesia Maju mulai melaporkan harta mereka ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Seluruh pejabat negara, termasuk menteri [punya kewajiban melaporkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) saat awal menjabat.

Tercatat ada tiga menteri di jajaran Kabinet Indonesia Maju di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menjadi menteri terkaya karena memiliki harta triliunan rupiah.

Data kekayaan para menteri itu tercantum dalam LHKPN yang disetorkan ke KPK. Pejabat negara termasuk menteri punya kewajiban untuk melaporkan harta saat awal menjabat.

Bila dalam pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla pada 2014-2019, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menjadi menteri terkaya dengan harta Rp655 miliar, kini ada tiga menteri terkaya dengan harta triliunan rupiah.

Berikut deretan menteri terkaya di pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin sebagaimana dikutip dari LHKPN mereka yang unggah di laman elhkpn.kpk.go.id  yang dikutip, Jumat (31/1/2020).

Nadiem Makarim

Mendikbud Nadiem Makarim. (Okezone)
Mendikbud Nadiem Makarim. (Okezone)

Nadiem yang menjadi Mendikbud berada di urutan ketiga menteri terkaya di Kabinet Indonesia Maju. Nadiem selama ini dikenal sebagai pendiri layanan transportasi berbasis online, Gojek.

Gojek yang didirikan Nadiem kini menjadi salah satu decacorn startup yang memiliki valuasi di atas US$10 miliar. Versi Globe Asia, Nadiem Makarim dinobatkan sebagai orang terkaya ke-150 di Indonesia.

Globe Asia menyebut pendiri Gojek ini memiliki harta US$100 juta atau setara Rp1,4 triliun. Sedangkan Forbes pada 2017 lalu menyebut Nadiem memang belum masuk daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi mereka.

Namun, bisnis yang dijalani Nadiem tengah booming sehingga potensial masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Versi LHKPN Nadiem Makarim yang disetorkan ke KPK pada 19 Desember 2019, mantan bos Gojek itu memiliki harta Rp1,22 triliun. Berikut perincian harta Nadiem Makarim:

  • 6 Bidang tanah dan atau bangunan di Jakarta, Bali, dan Rote Ndao dengan nilai Rp38,67 miliar
  • 3 Mobil yaitu Honda Brio, Toyota Harrier, dan Toyota Vellfire senilai Rp2,07 miliat
  • Surat berharga Rp1,25 triliun
  • Kas dan setara kas Rp119,15 miliar
  • Utang Rp185,35 miliar
  • Total harta Rp1,22 triliun

Prabowo Subianto

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tiba di Istana Kepresidenan, Rabu (23/10/2019). (Antara – Wahyu Putro A)

Menteri Pertahanan ini berada di urutan kedua sebagai menteri terkaya di pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Prabowo yang sempat menjadi rival Jokowi di Pilpres 2014 dan 2o19 memang dalam beberapa LHKPN yang disetorkan ke KPK memiliki harta triliunan rupiah.

Saat menjadi calon presiden, Prabowo melaporkan hartanya senilai Rp,19 triliun. Sedangkan saat melaporkan LHKPN awal menjabat sebagai Menhan pada 23 Januari 2020, Prabowo memiliki harta Rp2 triliun.

Prabowo bersama adiknya Hashim Djojohadikusumo dikenal sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia. Forbes menyebut Hashim merupakan orang terkaya ke-35 di Indonesia dengan harta yang menembus US$850 juta atau setara dengan Rp11,9 triliun.

Hashim menjadi pemimpin Arsari Grup yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit, pulp dan kertas, pertambangan, logistik, dan layanan kargo.

Berikut perincian harta Prabowo Subianto dalam LHKPN yang disetorkan ke KPK.

  • 10 Bidang tanah dan atau bangunan di Jakarta dan Bogor senilai Rp251,7 miliar.
  • 7 Unit mobil yaitu Toyota Alphard, Honda CRV, 2 Land Rover, Toyota Land Cruiser, Mitsubishi Pajero, Lexus, dan 1 unit motor senilai Rp1,43 miliar
  • Harta bergerak lainnya Rp16,41 miliar
  • Surat berharga Rp1,7 triliun
  • Kas dan setara kas Rp2,52 miliar
  • Harta lainnya Rp40 miliar
  • Utang Rp8 miliar
  • Total harta Rp2,005 triliun

Erick Thohir

Erick Thohir (Instagram-@erickthohir)
Erick Thohir (Instagram-@erickthohir)

Menteri BUMN ini menjadi menteri terkaya dengan harta Rp2,31 triliun. Erick Thohir memang terlahir dari keluarga yang kaya-raya. Ia merupakan putra dari Teddy Thohir, salah satu pemilik grup Astra International.

Garibaldi Thohir, kakak Erick Thohir juga tercatat sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia. Forbes mencatat Garibaldi “Boy” Thohir sebagai orang terkaya ke-16 di Indonesia dengan harta US$1,6 miliar atau setara Rp22,4 triliun.

Kendati terlahir dari keluarga kaya, namun kekayaan Erick Thohir konon bukan dari warisan orangtuanya, melainkan dari bisnis media yang ia bangun.

Erick punya TV, radio, media luar ruang (out of home) Mahaka Advertising, penerbitan (publishing), juga Harian Republika. Bersama Anindya Bakrie, Erick menjadi pendiri TV One dan Viva News.

Berikut perincian harta Erick Thorir yang menjadi menteri terkaya seperti tercantum dalam LHKPN yang disetorkan ke KPK pada 15 Januari 2020.

  • 30 Bidang tanah dan atau bangunan di Depok, Bekasi, Pasuruan, Badung, Jakarta, dan Manggarai Barat senilai Rp242,54 miliar
  • 3 Unit mobil yang semuanya keluaran Mercedes Benz dan 1 motor Honda senilai Rp3,91 miliar.
  • Harta bergerak lainnya Rp26,5 miliar
  • Surat berharta Rp1,69 triliun
  • Kas dan setara kas Rp139,42 miliar
  • Harta lainnya Rp264,65 miliar
  • Utang Rp60,11 miliar
  • Total harta Rp2,31 triliun


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho