Pengunjung melintas di salah satu tempat berfoto di Tempat Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri, belum lama ini. (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI -- Pengelola objek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri memiliki cara unik untuk menarik wisatawan pada libur Lebaran nanti. Mereka memberikan promo khusus gratis biaya tiket masuk bagi pemilik akun Instagram dengan jumlah follower lebih dari 1.000.

Pengelola objek wisata andalan Kabupaten Wonogiri itu juga mengadakan lomba swafoto atau selfie dengan hadiah peralatan elektronik bagi tiga pemenang.

Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (DKOP) selaku penanggungjawab objek wisata WGM menggelar kegiatan Lebaran selama 10 hari mulai hari pertama Lebaran, 5 Juni mendatang.

Sekretaris DKOP Wonogiri, Fredy Sasono, kepada Solopos.com, belum lama ini, menyampaikan kegiatan Lebaran digelar hingga 14 Juni mendatang. Nama kegiatannya Gebyar Lebaran Waduk Gajah Mungkur (GLWGM).

Tahun ini panitia membuat program khusus untuk memeriahkan event. Program itu, yakni masuk tempat wisata gratis bagi pemilik akun Instagram yang mempunyai minimal 1.000 pengikut (follower). Pemilik akun Instagram yang memenuhi kriteria dapat mengakses program tersebut dengan syarat bersedia mengunggah minimal satu foto gaya bebas saat berada atau sedang menikmati wahana wisata di Instagramnya.

Cara memanfaatkan program itu sangat mudah, cukup dengan menunjukkan akun Instagram di telepon seluler (ponsel) kepada petugas saat akan masuk tempat wisata.

Selain itu, panitia menggelar lomba swafoto bagi pengunjung GLWGM. Lomba dapat diikuti dengan cara mengunggah hasil swafoto saat berada di Wisata WGM di akun Instagram dengan diberi tagar #onepersononepromotion dan #lebaranwgm.

Foto juga harus diunggah di grup Facebook milik DKOP, Wisata Wonogiri. Lomba digelar mulai 5 Juni hingga sehari setelah GLWGM usai. Pemenang ditentukan berdasar jumlah like terbanyak. Pemenang akan diambil tiga orang. DKOP sudah menyiapkan perkakas elektronik untuk para pemenang.

“Pengunjung yang mengikuti program masuk gratis pun bisa mengikuti. Pemenang akan kami umumkan di Grup Facebook Wisata Wonogiri,” kata Fredy saat dihubungi Solopos.com.

Dia melanjutkan seperti kegiatan Lebaran sebelumnya, harga tiket masuk objek wisata WGM naik menjadi Rp18.000/orang. Harga normal tiket masuk WGM Rp10.000/orang pada hari biasa dan Rp14.000/orang pada akhir pekan.

Kegiatannya antara lain membagikan 3.000 ketupat di hari terakhir kegiatan. Pada kesempatan itu panitia akan mengarak dua gunungan ketupat. Masing-masing gunungan terdapat 200 ketupat yang seluruhnya berisi undian hadiah bagi yang hadir.

Pengunjung yang mendapatkannya dipastikan akan memperoleh hadiah di antaranya menikmati wahana gratis, makan gratis, suvenir, dan peralatan elektronik, seperti televisi, kulkas, seterika, dan sebagainya.

Kepala UPTD Pengelola Wisata Wonogiri, Pardianto, menambahkan pengunjung dapat menikmati wahana baru di Wisata WGM yang pada momen Lebaran lalu belum ada, seperti Taman Bunga Celosia, sepeda gantung, dan jelajah menggunakan ATV. Taman bunga merupakan wahana terbaru. Pengunjung dapat berfoto ria di dalam taman yang dipenuhi ribuan bunga. Tiket masuk taman hanya Rp5.000/orang.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten