SOLOPOS.COM - Jembatan Ketandan yang menghubungkan dua lokasi parkir yang dipisahkan Kali Pepe menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung Kota Solo. Foto diambil Kamis (24/2/2022). (Solopos/Mariyana Ricky PD)

Solopos.com, SOLO — Jembatan Ketandan yang melintang di Kali Pepe menjadi daya tarik baru bagi pengunjung di Kota Solo. Desainnya yang unik menjadi buruan warga yang hobi berfoto.

Jembatan Ketandan memiliki desain ornamen batik ciri khas Kota Solo. Jembatan itu sejatinya merupakan penghubung antara gedung parkir yang tengah dibangun di Jl RE Martadinata dengan Taman Parkir di Jl Mayor Kusmanto, Solo.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Menurut salah satu warga sekitar Jembatan Ketandan, Tatik, 42, mengatakan jembatan ini sering dikunjungi anak-anak kecil untuk bermain pada sore hari.

Baca Juga: Punya Desain Unik, Apa Kabar Proyek Jembatan Ketandan Solo?

“Sering sekali anak-anak kecil bermain di jembatan, walaupun sekarang masih dibangun proyek untuk parkir, tapi masih aman,” ucap Tatik saat diwawancarai Solopos.com, Jumat (25/2/2022)

Jembatan yang berdiri megah dengan desain yang minimalis ini menjadi salah satu pilihan untuk melepas penat di sore hari.

Salah satu pengunjung dari Sragen, Lulug Fajar Fitriana, 24 mengatakan saat berkunjung ke Solo, ia selalu menyempatkan untuk mampir ke Jembatan Ketandan.

Baca Juga: Segera Dibangun, Jembatan Ketandan Solo Bakal Jadi Penghubung 2 Tempat Parkir

“Saat main ke Solo didukung cuaca sore hari yang cerah, saya sempatkan mampir sebentar hanya untuk sekadar foto-foto dan melepas penat,” ucap gadis asal Sragen itu saat diwawancarai Solopos.com, Jumat.

Sederhana Tapi Megah

Lulug menambahkan desain jembatan yang minimalis dan berwarna putih memberikan kesan sederhana namun tetap megah. Ditambah dengan desain batik yang membuat jembatan Ketandan terlihat artistik dan modern tanpa meninggalkan ciri khas Kota Solo yang lekat dengan batik.

Pengunjung lain, Andinata Sari, 25, yang berasal dari Wonogiri juga mengatakan jembatan ini bagus tapi sayangnya tersembunyi.

Baca Juga: Pemkot Solo Bangun Taman Parkir di Ketandan, Dilengkapi Jembatan Kali Pepe

“Saya baru tahu kalau ada jembatan bagus ini, bahkan saya tadi sempat kesasar untuk ke Pasar Klewer dan malah menemukan jembatan putih yang artistik ini,” ucap Andinata saat berbincang dengan Solopos.com di seberang Jembatan Ketandan.

Berdasarkan catatan Solopos.com, Jembatan Ketandan dibangun menggunakan anggaran senilai Rp3,092 miliar pada 2021 lalu. Jembatan di Kali Pepe itu dirancang dengan desain yang unik.

Dengan tata cahaya khusus, jembatan itu akan tampak indah pada malam hari. Ornamen batik sebagai pelengkap juga menghiasi struktur jembatan. Struktur bangunan jembatan itu menggunakan balok pre-cast.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya