Tutup Iklan

Punya Cicilan Utang KPR atau Pinjol? Ini Trik Bijak Melunasinya

Kita bisa menerapkan salah satu dari dua trik jitu supaya bisa cepat dapat melunasi utang atau cicilan yaitu menggunakan metode debt snowball atau debt stacking.

 Ilustrasi meghitung cicilan utang. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi meghitung cicilan utang. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Tak sedikit masyarakat terjerat cicilan utang baik dari pinjol, KPR, kredit motor, tagihan kartu kredit, atau bahkan tagihan rutin yang diangsur setiap bulan. Nah bila Anda ingin segera terbebas dari kewajiban membayar angsuran, ada cara mudah untuk melunasinya.

Sebenarnya punya cicilan utang tak selalu buruk, tapi jika tidak cermat malah bisa membuat jadi terjebak. Hal inilah yang diungkap KoinWorks bersama Sekretariat Dewan Nasional Keuangan Inklusif dalam e-book terbaru berjudul Peran Digitalisasi Pengelolaan Keuangan Dalam Meningkatkan Keuangan Inklusif. Agar lebih bijak dalam mengelola keuangan, ada dua cara umum pengelolaan utang atau tagihan kredit yang perlu diketahui.

Baca Juga: Pilihlah Masakan Rumah daripada Masakan Restoran, Ini Alasannya

Namun, sebelum masuk ke bagian mengelola cicilan utang, ada hal dasar yang harus dipastikan lebih dulu yakni sebisa mungkin berutang demi meningkatkan produktivitas, serta menjaga rasio utang tak lebih dari 30% pemasukan tiap bulan. Setelah itu, kita bisa menerapkan salah satu dari dua trik jitu supaya bisa cepat dapat melunasi utang atau cicilan yaitu menggunakan metode debt snowball atau debt stacking. Metode pelunasannya adalah sebagai berikut sebagaimana dikutip dari Bisnis.com, Jumat (15/10/2021):

Debt Snowball

Metode debt snowball yang dipopulerkan oleh seorang perencana keuangan asal AS Dave Ramsey. Metode ini menyaratkan kita untuk menggulirkan dana seperti namanya yaitu bola salju dengan membuat bola salju berukuran kecil dan menggulungnya perlahan hingga menjadi bola salju yang lebih besar. Caranya, buat daftar utang. Misalnya, kamu memiliki tiga jenis cicilan utang yaitu KPR, pinjaman kredit tanpa agunan (KTA), serta cicilan kartu kredit. Pastinya, masing-masing utang tersebut memiliki jumlah total dan jumlah cicilan per bulan yang berbeda-beda. Ambilah contoh, utang KPR total Rp500 juta dengan cicilan per bulan Rp5 juta, KTA total Rp20 juta dengan cicilan per bulan Rp1 juta, dan kartu kredit Rp10 juta dengan cicilan per bulan Rp450.000. Langkah selanjutnya yakni urutkan nominal utang dari yang memiliki jumlah terendah sampai ke utang yang memiliki jumlah tertinggi.

Baca Juga: V BTS Kencani Putri Presiden Paradise Group? Begini Jawaban Hybe

Mengambil daftar dari contoh kasus di atas, maka susunannya yakni kartu kredit, KTA, baru kemudian KPR. Setelah urutan daftar rampung, langkah selanjutnya, yakni bayar ekstra untuk utang terendah. Berdasarkan contoh, artinya perlakuan ini difokuskan untuk utang kartu kredit. Bayarkan melebihi batas cicilan minimum. Ulangi tiga langkah ini sampai semua utang kita satu per satu lunas.

Inilah cara kerja metode debt snowball yang dianggap sebagai metode pelunasan utang yang tepat dan efektif.

Debt Stacking

Sayangnya, metode snowball memiliki satu celah kekurangan yang bisa menggiring penggunanya gagal menerapkan pengelolaan utang yang efektif, yakni apabila salah satu utang yang nominalnya cukup besar memiliki bunga yang besar pula. Oleh sebab itu, metode debt snowball hanya cocok jika semua utang yang kita miliki berbunga sama atau tidak terlalu besar perbedaanya antara satu dengan yang lain.

Baca Juga: Benarkah Honor BTS untuk Penampilan di Sidang Umum PBB Telat Dibayar?

Kelebihannya metode debt snowball ini sangat cocok bagi yang berorientasi pada hasil, karena metode ini dapat mempengaruhi kita secara psikologis. Pasalnya, apabila berusaha keras melunasi utang yang nominalnya paling tinggi terlebih dahulu, kita akan lebih mudah berkecil hati. Nah, apabila keadaan menggunakan metode debt snowball kurang pas dengan keadaan kita, pakailah metode kedua yakni debt stacking  atau yang juga dikenal sebagai metode debt avalanche. Ini merupakan sebuah metode pelunasan utang yang mengurutkan prioritas berdasarkan bunga, dengan bunga tertinggi hingga yang terendah.

Langkah-langkahnya sama, namun urutannya berdasarkan bunga. Strategi debt stacking ini memiliki kelebihan di mana penggunanya bisa terhindar dari akibat utang dengan bunga yang tinggi, yakni semakin lama bisa mencekik dan mengganggu keuangan untuk melunasi utang yang lain.

 


Berita Terkait

Espos Premium

Gamelan Memengaruhi Musik Barat Sejak Awal Abad XX

Gamelan Memengaruhi Musik Barat Sejak Awal Abad XX

Pagodes dari Estampes pour Piano (1903), misalnya, menggunakan sistem pentatonik dan tempi bertingkat (semakin tinggi nada, semakin cepat suaranya; semakin rendah nadanya, semakin lambat suaranya) yang membangkitkan suara gamelan

Berita Terkini

Resep Masakan Praktis Berbahan Daun Kemangi

Saat menyantap masakan berbahan kemangi ini, Anda tidak akan kehilangan cita rasanya yang khas. 

Virus Corona Varian Omicron Miliki Gejala Tidak Biasa, Seperti Apa?

Disebut memiliki gejala yang tidak biasa, lalu seperti apakah tanda-tanda seseorang terinfeksi varian omicron ini? 

Mendongeng Jadi Sarana Menasihati Tanpa Menggurui

Pada 2015 silam, sejumlah pendongeng dan perwakilan Kemendikbud mendeklarasikan tanggal 28 November 2015 sebagai Hari Dongeng Nasional.

Spermisida Jadi Metode Kontrasepsi, Kenali Efek Sampingnya

Namun seperti metode kontrasepsi lainnya, spermisida juga memiliki efek samping dan masih ada kemungkinan bagi penggunanya untuk hamil.

Viral! Pria Ini Curi Kutang di Jemuran, Dicium Dulu Baru Diambil

Seorang pria diketahui maling kutang milik warga yang dijemur di depan rumah dan direkam salah seorang warga.

Lakukan Kebiasaan Baik Sebelum Tidur Ini Agar Anak Lebih Pulas

Ada sejumlah kebiasaan baik yang bisa diterapkan sebelum anak tidur, apa saja?

Keberadaan Arwah Gentayangan Menurut Islam, Adakah?

Berikut pendapat Islam mengenai cerita arwah gentayangan yang selama beredar di masyarakat.

Viral! Ada Bocah Punya Bulu Lebat di Lengan, Begini Penampakannya

Seorang bocah memiliki keunikan pada lengannya yang tumbuh bulu lebat menjadi perhatian warga sekitar rumahnya dan netizen.

3 Zodiak Ini Sering Bikin Patah Hati Orang Lain, Percaya?

Dari sejumlah zodiak yang sering bikin patah hati orang lain ini salah satunya memiliki jiwa petualang dan menyukai kemandirian.

5 Weton Wanita Pemarah dan Pemalas, Salah Satunya Senin Wage

Berdasarkan perhitungan weton dalam Primbon Jawa, kita ternyata dapat menilai sifat pemarah dan pemalas dari seorang wanita.

Doa Agar Menjadi Orang yang Sukses, Jangan Lupa Dibaca ya!

Berikut ini terdapat doa agar menjadi orang yang diberikan kesuksesan menurut ajaran Islam. Jangan lupa dibaca dan diamalkan ya!

Apa Itu Black Friday? Simak Sejarah dan Kisah Kelam di Baliknya

Momentum Black Friday dimanfaatkan setiap hari Jumat sehari setelah perayataan Thanksgiving.

Mengenal Varian B.1.1.529 yang Disebut Memiliki Jumlah Mutasi Tinggi

Varian B.1.1.529 kali pertama terlihat di Botswana, dimana tiga kasus kini telah diurutkan.

Ini Kiat Cepat Pulih Setelah Operasi Caesar Seperti Nagita Slavina

Agar cepat  pulih setelah menjalani operasi caesar berikut empat kiat yang bisa Anda lakukan.

Begini Posisi Tidur Setelah Operasi Caesar Seperti Nagita Slavina

Setelah menjalani operasi caesar seperti Nagita Slavina, ada sejumlah hal perlu diperhatikan salah satunya adalah posisi tidur.

Begini Sifat Orang Dengan Weton Jumat Legi Seperti Anak Raffi Ahmad

Menurut perhitungan Jawa,begini sifat dan ramalan nasib orang terlahir Jumat Legi seperti anak Raffi Ahmad tersebut.