SOLOPOS.COM - Warung Sop Ayam Pak Min Klaten di tepi Jalan Mayor Kusmanto, Kecamatan Klaten Tengah, Rabu (23/2/2022). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Jika mendapat kesempatan berkunjung ke Klaten, jangan lupa mampir ke warung Sop Ayam Pak Min. Lokasinya berada di Jl. Mayor Kusmanto No. 4, Tegaltalang, Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Dilansir dari laman ksm.tour, Senin (10/10/2022), Warung Sop Ayam Pak Min sudah ada sejak 50 tahun yang lalu. Sop Pak Min sudah menjadi ciri khas daerah Klaten.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Siapapun yang bertanya di mana kuliner paling terkenal maka akan menjawab Sop Ayam Pak Min. Yang menjadi identik dari warung Pak Min adalah tenda yang berwarna hijau dengan menu andalan yaitu Sop Kepala Ayam.

Awalnya, warung Pak Min berada di dalam pasar. Lantaran ada perombakan di pasar terpaksa warung harus tutup. Sampai akhirnya warung kembali buka namun berada di depan Hotel Arjuna Klaten.

Di dalam Sop Ayam Pak Min terdapat potongan daging ayam yang disiram kuah berwarna cokelat bening. Ketika diaduk akan muncul bau wangi dari kaldu serta aroma bawang putih dan lada.

Baca Juga: Mulai Dikepung Warung Soto sejak 2015, Klaten Bisa Menjelma Jadi Kota Soto

Kebanyakan sop ayam akan memakai kentang atau wortel untuk bahan pelengkapnya namun, Sop Ayam Pak Min hanya memakai kuah dan ayam sebagai pelengkapnya.

Menu yang paling mahal ada sop ayam dada pecok Rp22.000. Menu yang paling murah ada sop ayam campur atau sop ayam biasa senilai Rp7.000. Sop biasa berisi kentang, bihun, suwiran ayam, campuran nasi dan sedikit seledri.

Sop akan lebih nikmat lagi apabila ditambah perasan jeruk nipis dan sedikit sambal bagi pencinta pedas. Ada juga minuman es teh atau teh (Rp3.000) dan es jeruk atau jeruk hangat (Rp4.000). Tak ketinggalan aneka gorengan seperti pergedel dan tahu gimbal seharga Rp2.000, serta tahu dan tempe senilai Rp1.000.

Jika warung Sop Ayam Pak Min di tempat lain bukanya dari pagi sampai siang, namun berbeda dengan warung yang ada di Jl. Mayor Kusmanto yang di pegang putra terakhirnya. Warung di lokasi tersebut buka dari pukul 14.00 sampai 22.00 WIB. Warung tersebut bisa menghabiskan delapan bakul nasi dan satu kuintal ayam kampung.

Baca Juga: Ketjeh Resto Wangen Klaten, Sensasi Makan dengan Merendamkan Kaki di Dalam Air

Jangan terkejut jika nanti menemui Sop Ayam Pak Min dengan nama keempat putranya seperti Sop Ayam Pak Min (Pak Sipit), Sop Ayam Pak Min (Pak Mul), Sop Ayam Pak Min (Pak Tri), dan terakhir Sop Ayam Pak Min (Pak Ragil).

Setelah Pak Min meninggal, semua anaknya di warisi resep asli hingga sekarang telah memiliki banyak cabang. Cabang tersebut terebar di Solo, Semarang, Sragen, Boyolali, Kartasura, Purwakarta, dan Yogyakarta. Sehingga menikmati Sop Ayam Pak Min tak melulu harus di Klaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya