SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sejumlah ilmuwan China berhasil menemukan cara untuk menarik manfaat dari puntung rokok.
Puntung rokok yang biasanya jadi sampah dan bertebaran di mana-mana itu, menurut ilmuwan, bisa digunakan mencegah korosi atau  karat pada pipa besi.

“Saat orang-orang berjalan di jalan, mereka biasanya melihat puntung-puntung rokok bertebaran di mana-mana, di tanah atau di rumput,” kata Jun Zhao, seorang mahasiswa program Ph.D. di Xi’an Jiaotong University.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saya merasa terpanggil untuk mengerjakan sebuah proyek untuk melindungi lingkungan,” kata Jun.

Studi ini sendiri sangat relevan bagi China di mana sekitar 30 persen dari perokok dunia tinggal di negara tersebut, jumlah yang kurang lebih sama dengan populasi Amerika Serikat secara keseluruhan. China adalah produsen rokok dan penghasil tembakau terbesar di dunia.

Bagaimana puntung rokok bisa mencegah karat? Zhao dan para peneliti lain di barat laut China mengatakan, mereka menemukan bahwa puntung rokok yang direndam dalam air bisa membantu mencegah korosi pada sejenis besi yang biasanya digunakan dalam industri minyak.

Menurut Zhao, dia memulai penelitian ini setelah mengamati bahwa puntung rokok mengubah warna air menjadi coklat saat dicelupkan di dalam air, seperti warna antiseptik.

Ekstrak dari air hasil rendaman puntung rokok tersebut secara substansial bisa melindungi besi tipe N80 dari proses korosi saat sedang berada dalam cairan asam hidroklorida pada suhu 90 derajat Celsius.

Tipe besi tersebut sering digunakan untuk membuat batang bor, yang menyedot jutaan dolar dari produsen minyak bila besi tersebut berkarat.

Penemuan tersebut baru-baru ini dipublikasikan di jurnal American Chemical Society mengenai Industrial & Engineering Chemistry Research.

vivanews/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya