SOLOPOS.COM - Ilustrasi antrean di Samsat. (JIBI/Solopos/Dok.)

Pungli atau pungutan liar di Kantor Samsat Kota Magelang yang dipergok Gubernur Ganjar Pranowo membuat malu jajaran satuan lalu lintas di Polda Jateng.

Semarang, SEMARANG – Mestinya merah wajah polisi lalu lintas se-Jawa Tengah karena menahan malu. Di tengah persiapan acara pengumuman pemenang Lomba Pelayanan Inovasi dan Aksi Lalu Lintas (Lompia Lantas) Jilid II, aib yang selama ini tersimpan rapi sebagai rahasia umum di benak masyarakat justru tersiar sebagai berita media massa nasional. Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol. Herukoco pun mengucap permintaan maaf.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kisah memalukan jajaran polisi lalu lintas Jateng itu bermula dari terungkapnya pungutan liar (pungli) yang dilakukan salah seorang petugas kepolisian di Kantor Sistem Administrasi Satu Atap (Samsat) Kota Magelang oleh Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, Rabu (5/10/2016). Ganjar yang mendengar keluhan warga saat melakukan inspeksi mendadak, langsung meminta polisi nakal itu mengembalikan uang hasil punglinya.

Malu polisi lalu lintas Jateng tentu berlipat ganda, karena sehari setelah insiden itu, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jateng menjadwalkan pengumuman pemenang Lompia Lantas Jilid II di Mapolda Jateng, Kota Semarang. Kegiatan yang mestinya juga dihadiri Gubernur Ganjar itu merupakan ajang bergengsi mengumbar prestasi polisi lalu lintas Jateng dihadapan publik. Nyatanya, bukan prestasi polisi lalu lintas Jateng yang menggema di pemberitaan media massa se-Indonesia, melainkan terkuaknya cemong hitam yang selama ini terselimuti.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jateng Kombes Pol. Herukoco pun tangkas bertindak. Ia selipkan permintaan maaf di sela-sela acara pengumuman pemenang Lompia Lantas Jilid II di Mapolda Jateng, Kamis (6/10/2016). Diselipkannya juga dalam kegiatan itu mata acara penandatanganan komitmen para kasatlantas untuk tidak melakukan perbuatan yang menyimpang.

“Kemarin [Rabu] Bapak Gubernur mendapati pungli di salah satu samsat, kami mohon maaf. Namun demikian, kita berupaya memperbaiki diri. Oleh karena itu, pada rangkaian acara hari ini, dilakukan penandatanganan komitmen para kasatlantas untuk tidak melakukan perbuatan yang menyimpang pada layanan lantas maupun samsat,” terang Herukoco seperti dilansir situs resmi Pemprov Jateng, Kamis (6/10/2016).

Dengan penandatanganan komitmen oleh para Kasatlantas itu, Herukoco berharap bisa menekan segala perbuatan yang merugikan masyarakat akibat pelayanan Satlantas yang tidak prima. Segala perbaikan juga tengah dilakukan kepolisian agar pelayanan kepada masyarakat semakin mudah, salah satunya dengan meluncurkan aplikasi smart revident center, yang merupakan sistem manajemen aplikasi revident terpadu berbasi IT di bidang registrasi identifikasi pencurian kendaraan bermotor dan pengemudi.

Aplikasi itu terdiri atas tiga program aplikasi, yakni e-BPKB untuk memudahkan masyarakat mengecek keabsahan BPKB dan mengakses identitas pemilik dan identitas nomor registrasi kendaraan di BPKB, STNK Reminder untuk mengingatkan lebih dini pemilik kendaraan mengenai jatuh tempo perpanjangan STNK dan pengesahan lima tahunannya, serta e-SIM untuk membuat SIM baru dan perpanjangan SIM secara online di seluruh wilayah jajaran Polda Jateng.

Nyatanya Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tak hadir dalam pengumuman pemenang Lompia Lantas Jilid II di Mapolda Jateng, Kamis. Ia memilih keluar ibu kota Jateng.

Wakil Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko, yang mewakili Gubernur Ganjar dalam acara itu mengapresiasi berbagai perbaikan layanan yang dilakukan Polda Jateng. Dia berharap, perbaikan itu bisa memberikan dampak signifikan.

“Dampak langsung tentu di berbagai sektor lalu lintas. Dampak tidak langsungnya, secara pelan-pelan akan mengedukasi masyarakat. Ini menginspirasi, bagaimana kita bisa tertib dalam segala sistem,” tutur Heru dilansir situs resmi Pemprov Jateng.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya