Tutup Iklan

PUNGLI KARANGANYAR : Terbukti Pungli, 2 Polisi Jatipuro Dihukum 7 Hari

PUNGLI KARANGANYAR : Terbukti Pungli, 2 Polisi Jatipuro Dihukum 7 Hari

SOLOPOS.COM - ilustrasi

Pungli Karanganyar, dua anggota Polsek Jatiroto dinyatakan terbukti melakukan pungli.

Solopos.com, KARANGANYAR -- Dua anggota Polsek Jatipuro, Karanganyar, berinisial J dan HM, yang dilaporkan melakukan pungutan liar (pungli) terhadap pengusaha rental Play Station (PS) bernama Ronny Sujarwanto, menjalani sidang pelanggaran disiplin, Selasa (18/10/2016) siang.

Dalam sidang tersebut, J dan HM dinyatakan bersalah melakukan pungutan tidak sah untuk kepentingan pribadi. J dan HM diganjar hukuman berupa penempatan dalam tempat khusus di Mapolres Karanganyar selama tujuh hari.

Informasi itu disampaikan Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak, kepada Solopos.com melalui pesan Whatsapp. "Terperiksa cukup bukti melakukan pelanggaran disiplin, melakukan pungutan tidak sah dalam bentuk apa pun untuk kepentingan pribadi," ujar dia.

Sidang disiplin itu berdasarkan Pasal 5 huruf a dan atau Pasal 6 huruf w Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PPRI) Nomor 2 Tahun 2003 tentang Peraturan Disiplin Anggota Polri. Selain itu juga mempertimbangkan hasil pemeriksaan saksi, alat bukti, dan terperiksa.

Terpisah, Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Karanganyar, Badaruddin, mengapresiasi sikap tegas Kapolres Karanganyar menangani anggotanya yang melakukan pungli. Apalagi pemberian sanksi dilakukan belum ada sepekan sejak kali pertama muncul laporan tindak pungli tersebut.

"Saya acungkan jempol untuk Pak Ade [Kapolres Karanganyar] yang telah bersikap tegas dan cepat dalam menangani kasus ini," ujar dia.

Badaruddin berharap penegakan hukum di internal Polri bisa menjadi terapi kejut (shock therapy) bagi polisi yang lain. Dia berharap Kapolres Karanganyar bisa terus bersikap tegas dalam pemberantasan pungli di internal institusi penegak hukum itu.

Tujuannya agar tingkat kepercayaan publik terhadap kepolisian meningkat. "Semoga Polri bisa semakin profesional," kata dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Daihatsu Luncurkan Rocky 1.2L Terbaru di Indonesia

Daihatsu Rocky 1.2L merupakan hasil pengembangan putra-putri Indonesia melalui tim R&D PT.Astra Daihatsu Motor (ADM).

Waspada! 35 Persen Pasien Covid-19 Meninggal Dunia Di Klaten Tak Punya Komorbid

Sebanyak 35% dari total jumlah pasien positif Covid-19 Kabupaten Klaten yang meninggal diketahui tidak memiliki komorbid.

Heboh Ivermectin untuk Pengobatan Covid-19, Bagaimana Faktanya?

Menanggapi kabar itu, Badan POM menjelaskan penggunaan Ivermectin untuk pengobatan Covid-19.

Perusakan Makam di Solo Dilakukan Anak-Anak, Pemerhati Anak: Ini Tanggung Jawab Bersama!

Pemerhati Anak, Ketua Sahabat Kapas, Dian Sasmita, menanggapi perusakan makam yang dilakukan oleh sepuluh anak-anak di Mojo, Pasar Kliwon, Solo.

BPCB Jateng Tutup Candi Ceto dan Sukuh Karanganyar, Ada Apa Ya?

BPCB Jateng menutup objek wisata Candi Sukuh, Candi Ceto, dan Museum Sangiran Klaster Dayu, Karanganyar, mulai 22 Juni hingga 2 Juli.

Habis Kunker, Puluhan Anggota DPRD Bantul Jalani Swab PCR

Anggota Dewan menjalani swab PCR karena Ketua DPRD Bantul dan salah satu anggota Komisi B dinyatakan positif Covid-19 seusai kunker.

Mangkrak 1 Tahun, Begini Kondisi SDN 2 Kragilan Sragen yang Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Bangunan SDN 2 Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, sudah tidak terpakai sejak setahun terakhir akan digunakan untuk tempat isolasi.

Terlambat Naik, Penjala Ikan di Banjarnegara Ini Terjebak di Tengah Sungai

Seorang penjala ikan di sungai serayu, Desa Bandingan, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara yang terjebak di tengah arus aliran deras sungai.

Euro 2020 Malam Ini: Cheska Vs Inggris dan Kroasia Vs Skotlandia

Inggris dan Rep Cheska sudah pernah bertemu sebanyak empat kali sejak 1998. Hasilnya, Inggris mampu menyabet dua kemenangan, Republik Cheska satu kali menang, sementara sisanya berakhir imbang.

Sepeda Anti Jatuh dari Tiongkok, Tetap Seimbang Saat Berhenti

Seorang Vlogger asal Beijing, Tiongkok menunjukkan sebuah sepeda otonom yang mampu tetap seimbang tanpa jatuh saat dalam keadaan berhenti.

Hipertensi Komorbid Penyebab Kematian Terbanyak Pasien Covid-19

Selain menjadi komorbid penyebab kematian terbanyak pasien Covid-19, hipertensi dikenal juga sebagai silent killer.

Marak Bangunan Liar di Tepi Jalan Solo-Purwodadi, Ini Sebabnya!

Jumlah bangunan liar di tepi jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di saluran irigasi Kedung Kancil di wilayah Doyong dan Soko, Kecamatan Miri, Sragen, terus bertambah.