SOLOPOS.COM - ilustrasi dugaan pungli DPRD Solo. (Dok)

Pungli Jogja, petugas dianggarkan ratusan juta.

Harianjogja.com, JOGJA — Pemerintah Daerah (Pemda) DIY menganggarkan Rp420 juta guna mendukung kegiatan Satgas Saber Pungli DIY melalui Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2017. Anggaran yang disetujui DPRD DIY ini diajukan melalui Inspektorat DIY selaku sekretariat Tim Saber Pungli.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

(Baca Juga : PUNGLI JOGJA : Ini Wewenang Satgas Saber Pungli)

Ekspedisi Mudik 2024

Sebelumnya Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X mengukuhkan Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di Mapolda DIY pada 1 November 2016 lalu. Sepekan pasca dikukuhkan, tim yang berada di bawah komando Irwasda Polda DIY ini melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Kantor Imigrasi DIY atas dugaan pungli pembuatan paspor. Tim Saber Pungli DIY terdiri dari berbagai unsur eksekutif dan yudikatif dengan Inspektorat DIY sebagai sekretariat.

Kepala Inspektorat DIY Sumadi menjelaskan, pihaknya mengajukan anggaran untuk Satgas Saber Pungli karena instansi yang ia pimpin sebagai sekretariat. Anggaran sebesar Rp420 juta itu, sama sekali bukan honor anggota Satgas, melainkan sebagai operasional pelaksanaan kegiatan dan sosialisasi ke masyarakat.

“Ya sekian itu [Rp420 juta] dan satu hal, itu [anggarannya] bukan untuk honor lho, tetapi untuk kegiatan semua seperti sosialisasi dan sebagainya, jadi untuk mendukung [kinerja satgas],” terangnya, Jumat (25/11/2016).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya