Tutup Iklan

PUNGLI JATENG : Operasi Pungli Bikin Penerimaan Pajak Merosot, Kok Bisa?

PUNGLI JATENG : Operasi Pungli Bikin Penerimaan Pajak Merosot, Kok Bisa?

SOLOPOS.COM - Ilustrasi antre pembayaran pajak kendaraan bermotor (JIBI/Solopos/Dok.)

Pungli coba dihapuskan dari Jateng, namun operasi pungli malah membuat penerimaan pajak kendaraan merosot.

Solopos.com, SEMARANG — Upaya pemberantasan pungli atau pungutan liar yang gencar dilakukan berbagai pihak bukan hanya membuat layanan publik di Jawa Tengah (Jateng) menjadi lebih baik. Ternyata ada pula dampak negatifnya.

Seiring gencarnya pemberantasan pungutan liar alias pungli itu, pendapatan asli daerah dari sektor penerimaan pajak kendaraan bermotor ternyata mengalami penurunan. Ekses pemberantasan pungli itu diungkapkan Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah Jawa Tengah Hendri Santosa.

"Penurunannya sekitar 39% karena saat ini kepolisian tidak mau memproses pembayaran pajak bagi masyarakat yang tidak membawa syarat KTP pemilik kendaraan yang asli, padahal banyak warga yang belum melakukan balik nama kepemilikan kendaraannya," katanya di Kota Semarang, Rabu (26/10/2016).

Hal tersebut disampaikan Hendri pada Rapat Koordinasi Pengendalian Operasional Kegiatan APBD Tahun Anggaran 2016 di Gedung B Lantai V Kantor Gubernur Jawa Tengah. Ia menjelaskan bahwa kewajiban melampirkan syarat KTP itu berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap.

Demi mengantisipasi tidak tercapainya target penerimaan pajak kendaraan bermotor, kata dia, DPPAD akan mengajukan konsep Peraturan Gubernur tentang pembebasan bea balik nama kendaraan bermotor (BBN II) lokal dan denda administrasi. Hal itu sama dengan yang sudah dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Pergub ini akan diajukan karena berdasarkan kajian, BBN II yang dari luar Jateng, masuk ke Jateng, luar biasa atau rata-rata 11.000/bulan, sedangkan pada tahun lalu hanya berkisar 6.000 unit sampai dengan 7.000 unit," ujarnya.

Hasil identifikasi yang dilakukan DPPAD Jateng, tercatat 3,7 juta kendaraan diketahui sudah rusak, hilang, tidak terdaftar, dan digunakan praktik siswa SMK sehingga pajaknya jelas tidak akan tertagih.

Menanggapi hal itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta jajaran DPPAD melakukan kajian dengan mengundang semua pihak yang berkepentingan terkait dengan informasi mengenai KTP yang menjadi penghambat masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

"Coba dikaji, apa sih pentingnya KTP. Timnya turunkan semua, tanya pakar, undang kepolisian. Kalau memang aturan Perpres menjadi kendala, saya akan membuat laporan resmi kepada Presiden," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Pencurian di Toko Elektronik Boyolali, Uang Rp66 Juta dan 32 TV LED Raib

Pencurian terjadi di sebuah toko elektronik di Jl Pandanaran, Boyolali. Uang puluhan juta beserta puluhan barang elektronik digondol maling.

Tembok Dilubangi, Toko Elektronik di Boyolali Disatroni Maling, Kerugian Tembus Rp100 Juta

Sebuah toko elektronik di Jl Pandanaran, Boyolali, menjadi sasaran pencurian. Kejadian itu menyebabkan kerugian hingga sekitar Rp100 juta.

Meski Sudah Divaksin, Wali Kota Salatiga Terpapar Covid-19

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto terpapar Covid-19 meski telah menjalani vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac pada Februari lalu.

Perusahaan Perkebunan Serat Terbesar Hindia Belanda Ada Di Wonogiri Loh, Ini Lokasinya

Perusahaan perkebunan serat yang memproduksi tali tambang kapal, karung goni, dan lain-lain pada masa Hindia Belanda ada di Wonogiri.

Tempe Bacem Kaleng Magelang Melintasi Melintasi Pasar Dunia

Usaha menengah kecil dan mikro di Kabupaten Magelang terus berinovasi, salah satunya pengrajin tempe dalam kaleng yang justru diminati pasar luar negeri.

Covid-19 Varian India di Kudus, Ini Langkah Gubernur Ganjar

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, meminta sejumlah pemerintah kabupaten di Jateng mencanangkan gerakan di rumah saja.

2 SMKN Jogja Ini yang Masuk Top 1.000 Sekolah Terbaik

Jogja punya sekolah menengah kejuruan negeri terbaik yang bisa lolos dalam Top 1.000 sekolah terbaik nasional berdasarkan nilai rerata TPS UTBK tertinggi pada tahun 2020.

Braak, Sepeda Motor Terjepit Seusai Tabrak Bus BST Dekat Flyover Purwosari Solo 

Kecelakaan lalu lintas antara Bus BST dan sebuah sepeda motor terjadi di Jl. Slamet Riyadi atau sisi timur Flyover Purwosari pada Minggu (13/6/2021)

Solo Uji Coba Angkutan Bus Listrik dan Bus Low Deck, Lewat Koridor Mana?

Bus listrik dan bus low deck segera diuji coba di jalanan Kota Solo, rencananya angkutan feeder juga akan diganti mobil bertenaga listrik.

Tradisi Memanggil Jin di Daerah Ini Jadi Atraksi Wisata

Tarian yang berisi tradisi memanggil jin ini telah menjadi bagian dari pertunjukan untuk menyambut tamu-tamu penting yang datang.

Tanpa Lelah, Petugas Rutin Sterilisasi Asrama Haji Donohudan Boyolali

Sterilisasi kawasan Asrama Haji Donohudan di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, terus dilakukan untuk menekan potensi persebaran Covid-19.

Tahu Bakso, Kudapan Khas Ungaran yang Bikin Nagih

Selain dikenal dengan lumpia dan juga bandeng presto, Semarang juga memiliki jajanan khas, yaitu tahu bakso yang aslinya berasal dari Kota Ungaran.