SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melakukan inspeksi mendadak di Kantor Samsat Kota Magelang, Rabu (5/10/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Wisnu Adhi Nugroho)

Pungli yang dilakukan aparat negara di Samsat Magelang terungkap kala Gubernur Jateng Ganjar Pramono melakukan inspeksi mendatang (sidak).

Semarangpos.com, MAGELANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Rabu (5/10/2016), melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Magelang. Ia memergoki praktik pungutan liar (pungli) pada proses pengurusan pajak kendaraan bermotor.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat melakukan sidak untuk mengetahui kualitas pelayanan aparatur negara di Kantor Samsat Magelang, Ganjar menanyai langsung beberapa warga yang sedang mengantre untuk mengurus pembayaran pajak kendaraan bermotor. Kepada orang nomor satu di Jateng itu, Sugiarto, warga Magelang, mengaku membayar Rp50.000 untuk cek fisik pengurusan pajak sepeda motor, padahal sesuai peraturan yang berlaku, proses pengurusan administratif itu tidak dipungut biaya.

Ekspedisi Mudik 2024

Mendengar hal tersebut, Ganjar kemudian meminta pria berusia 61 tahun itu untuk menunjukkan oknum petugas samsat yang melakukan pungli. Oknum petugas samsat kemudian mengembalikan uang yang dipungut secara tidak sah itu kepada Sugiarto dengan disaksikan langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Sugiarto mengaku tahu jika cek fisik pada pengurusan kendaraan bermotor tidak dipungut biaya. “Saya tahu kalau gratis tapi tadi diminta Rp50.000, ya saya bayar, kalau gak dibayar nanti gimana,” katanya.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengaku kecewa dengan masih adanya praktik pungli di salah satu kantor samsat di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya. “Kekecewaan saya sudah lama karena saya banyak menerima laporan pungli, wong pungli terjadi sejak dulu tidak hanya sekarang,” ujarnya.

Terkait dengan temuan praktik pungli itu, Gubernur Jateng Ganjar Pramono meminta jajaran Samsat Kota Magelang untuk membenahi berbagai bentuk pelayanan untuk masyarakat.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya