SOLOPOS.COM - Meski diselimuti kabut, beberapa pengunjung tampak menikmati pemandangan dari salah satu pendapa di Puncak Suroloyo. Foto diambil pekan lalu. (JIBI/Harian JOgja/Holy Kartika N.S.)

Solopos.com, KULON PROGO — Tahukah Anda ternyata Puncak Suroloyo di Perbukitan Menoreh, perbatasan antara Jawa Tengah dengan DI. Yogyakarta juga diklaim sebagai titik tengah dari Pulau Jawa?

Melansir situs resmi Desa Sidoharjo Kulon Progo, Puncak Suroloyo merupakan puncak tertinggi di Perbukitan Menoreh yang berada di ketinggian 2.000 mdpl.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari Puncak Suroloyo, Anda bisa melihat Kota Yogyakarta dari atas dan menyaksikan keindahan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Baca Juga:  Asal Usul Kalimati Sukoharjo, yang Mitosnya Ada Pernikahan Gaib

Ekspedisi Mudik 2024

Untuk mencapai Puncak Suroloyo dan menikmati keindahan dari atas, Anda harus menyiapkan tenaga melewati 290 anak buah tangga.

Di Puncak Suroloyo sendiri terdapat tiga buah gardu pandang yang secara umum disebut pertapaan, masing-masing memiliki nama Suroloyo, Sariloyo dan Kaendran. Selain itu, Bukit Suroloyo juga merupakan tempat yang menyimpan cerita legenda yang mengisahkan seorang Raden Mas Rangsang. Di kemudian hari, dia bergelar Sultan Agung Hanyokrokusumo dan bertapa untuk menjalankan wangsit yang datang padanya.

Baca Juga:  Sempat Ditolak di Mana-mana, Akhirnya Tugu Lilin Dibangun di Solo

Terlepas dari itu, apa alasannya Puncak Suroloyo disebut sebagai titik tengah Pulau Jawa?

Mengutip dari situs resmi Kapanewon Samigaluh Kulonprogo, keyakinan ini didasarkan pada garis imaginer Pulau Jawa. Jika ditarik garis lurus dari selatan ke utara dan dari barat ke timur, maka titik temunya ada di Puncak Suroloyo.

Baca Juga: Misteri Pernikahan Gaib Sundel Bolong di Kalimati Sukoharjo

Dua Versi Lain Titik Tengah Pulau Jawa

Bukan hanya Puncak Suroloyo, ada dua lokasi lainnya yang juga disebut sebagai titik tengah Pulau Jawa, yakni sebuah desa di Wonosobo dan juga Tugu Sepuser di Temanggung, Jawa Tengah.

Versi pertama beranggapan titik tengah Pulau Jawa berada di Tugu Sepuser yang berlokasi di perbatasan Desa Soropadan dengan Desa Kupen di Kecamatan Kaloran, Temanggung, Jawa Tengah.

Baca Juga: Spesifikasi Tol Solo-Jogja, yang Pangkas Waktu Perjalanan Jadi 20 Menit

Bersumber dari situs resmi milik Pemkab Temanggung, seorang spiritual bernama Ki Kusumo, juga membenarkan hal tersebut. Tetapi, untuk lokasi titik tengah Pulau Jawa persisnya bergeser setengah meter dari tugu.

Sementara itu, versi lain juga menyebutkan titik tengah Pulau Jawa justru bukan terletak di Tugu Sepuser, melainkan di sebuah daerah di Wonosobo. Lokasi persisinya berada di Wonokromo, Mojotengah, Wonosobo, sebagaimana artikel yang tayang di Goodnewsfromindonesia.id.

Baca Juga: Apa Itu NFT, yang Dijual Ghozali Everyday dan Untung Hingga Miliaran?

Titik tengah Pulau Jawa yang disebutkan di Wonosobo di atas lokasinya tak jauh dari wisata Dataran Tinggi Dieng, yang jaraknya hanya 21 km ke arah utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya