SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Jumlah kendaraan yang melintasi di kota Solo saat arus mudik di H-4 Lebaran pada Sabtu (1/6/2019) sebanyak 512.144 kendaraan. Angkat tersebut menjadi puncak arus mudik di Solo dengan peningkatan jumlah kendaraan sebanyak 29,86 persen dibandingkan hari sebelumnya.

Kabid Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, mengatakan peningkatan jumlah kendaraan yang melintas di Solo sudah sesuai dengan prediksi Dishub Solo. Menurutnya, jumlah kendaraan pemudik yang melintas di Solo sudah mencapai puncaknya pada H-4 Lebaran.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Untuk sementara, kemarin [Sabtu, 1/6/2019] menjadi puncak arus mudik. Memang prediksi kami benar. Karena masih ada kegiatan di hari-hari sebelumnya. Untuk angkutan mudik swasta dan Pemprov sudah mulai berjalan dan banyak sekali. Angkanya meningkat dibandingkan tahun lalu,” bebernya kepada Solopos.com, Minggu (2/6/2019).

Menurut Ari, peningkatan jumlah kendaraan pada H-4 Lebaran naik sebanyak 29,86 persen dibandingkan H-5 lebaran yang berjumlah 394.381 kendaraan. Sedangkan dibandingkan H-4 tahun 2018, jumlah kendaraan yang melintas di Solo naik sebanyak 23,9 persen atau .

“Untuk H-4 jumlah total kendaraan yang melintas sebanyak 512.144 unit. Rinciannya kendaraan yang keluar Solo sebanyak 259.600 dan kendaraan masuk sebanyak 252.544 unit kendaraan. Dibandingkan tahun lalu meningkat 23,9 persen. Kendaraan yang melintas H-4 Lebaran tahun lalu totalnya 449.658 unit,” imbuh dia.

Meskipun begitu, Dishub Solo memprediksi akan terjadi dua kali puncak arus mudik. Namun, puncak arus mudik yang kedua menurutnya tidak sebanyak yang terjadi pada H-4. “Puncak tertingginya sudah jelas tadi malam. Hari ini [Minggu, 2/6/2019] kemungkinan juga berpotensi menjadi puncak arus mudik. Ada kenaikan tapi tidak terlalu tinggi jumlahnya,” paparnya.

Sementara itu, Pantauan Solopos.com di rest area Jurug, Jebres, kondisi lalu lintas tampak lancar tanpa ada antrean kendaraan. Petugas penjaga rest area Dishub Solo di Jurug, Slamet Riyanto, menjelaskan arus kendaraan di Jurug termasuk lancar. Selain itu, pengguna rest area juga didominasi oleh pengendara sepeda motor.

“Rata-rata yang beristirahat di rest area Jurug pengguna sepeda motor. Itupun mulai terlihat ketika pukul 22.00 WIB ke atas. Mereka biasanya beristirahat di sini sambil menunggu sahur. Setelah sahur mereka melanjutkan perjalanan kembali. Sehari rata-rata 4-5 kendaraan yang beristirahat,” jelas dia.

Data yang diperoleh Solopos.com dari situs resmi dishub.surakarta.go.id menunjukan jumlah kendaraan yang melintas di Solo pada H-3 Lebaran Minggu (2/6/2019) pukul 12.00 WIB sebanyak 197.860 unit. Angka tersebut terdiri dari 103.431 kendaraan masuk dan 94.429 kendaraan yang keluar dari Solo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya