SOLOPOS.COM - Suasana keberangkatan penumpang bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Terminal Tirtonadi Solo, (Solopos/dok)

Solopos.com, SOLO – Puncak kedatangan penumpang di Terminal Tirtonadi Solo menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 diperkirakan berlangsung pada akhir pekan ini atau pada Sabtu-Minggu (21-22/12/2019). Pengelola Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, memprediksi jumlah penumpang pada momen Natal dan Tahun Baru 2020 naik 50 persen dari hari biasa.

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi, Joko Sutriyanto, mengatakan jika pada hari biasa jumlah penumpang 10.000-12.000 orang per-hari. Namun pada momen Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 jumlah penumpang diprediksi mencapai 15.000-16.000 orang per hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Guna mengatasi lonjakan penumpang, pengelola Terminal Tipe A Tirtonadi Solo telah menyiapkan bus gratis. Namun, jumlahnya tidak sebanyak saat Lebaran.

“Kami mengantisipasi kenaikan penumpang dengan menyiapkan armada bus angkutan Natal secara gratis, meski tidak sebanyak momen Lebaran. Kami juga koordinasi dengan Perusahaan Otobus (PO) di Solo dan sekitarnya,” kata Joko Sutriyanto, kepada wartawan seusai rapat koordinasi, Senin (16/12/2019).

Guna memberikan kenyamanan bagi penumpang, Joko Sutriyanto dan timnya akan mengecek kondisi armada angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 yang masuk dan keluar Terminal Tirtonadi Solo. Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk mengecek kondisi kesehatan awak bus.

“Keselamatan penumpang tidak sekadar administrasi fisik bus, tapi juga kru armada,” sambung dia.

Pengecekan awak bus dilakukan pada Rabu (18/12/2019) yang menyasar menyasar sopir dan kernet bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Pemeriksaan bekerja sama dengan sejumlah pihak diantaranya Dishub Solo, BNN Solo, dan Satnarkoba Polresta Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya