Tutup Iklan
Kendaraan melintas di gerbang tol Ngemplak, Boyolali, Senin (27/5/2019). (Solopos-Nadia Lutfiana Mawarni)

Solopos.com, SOLO -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo memprediksi bakal terjadi dua kali puncak arus mudik Lebaran 2019 di Kota Solo. Puncak pertama arus mudik diprediksi terjadi pada Jumat (31/5/2019), dan puncak kedua arus mudik terjadi pada Minggu (2/6/2019).

Penjelasan itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, Kamis (30/5/2019). “Prediksi awal puncak arus mudik di Solo Jumat. Prediksi itu mendasarkan asumsi hari Jumat berlaku cuti bersama. Tapi pemerintah baru-baru ini mewajibkan ASN upacara pada Hari Pancasila di instansi masing-masing,” kata dia.

Kebijakan pemerintah itu menurut Ari bisa membuat sebagian aparat sipil negara (ASN) membatalkan kepulangan mereka pada Kamis atau Jumat. “Jika itu terjadi, berarti puncak arus mudik di Solo bisa dua kali,” urai dia.

Potensi terjadinya dua kali puncak arus mudik di Solo didukung dengan panjangnya waktu libur Lebaran 2019. Dengan begitu, pemudik bisa lebih memilih waktu untuk mudik dan tinggal di kampung halaman mereka.

“Pemudik pasti mempertimbangan berapa lama akan stay di tempat tujuan, dan kapan kembali ke kota. Salah satunya karena pertimbangan keuangan. Kalau semakin lama di kampung, kian menghabiskan uang,” kata dia.

Berdasarkan prediksi, pemudik yang bakal tiba atau melintas di Kota Bengawan sekitar tujuh juta orang. Jumlah itu meningkat dibandingkan jumlah pemudik Lebaran 2018 di angka 6.716.323. Peningkatan pemudik yang lewat Solo tahun ini diprediksi salah satunya karena faktor sudah berbayarnya jalan tol Trans Jawa saat ini.

Sebagian pemudik akan memilih jalan nasional sebagai jalur menuju pulang. Di sisi lain hingga H-7 Lebaran 2019 tercatat 452.401 kendaraan keluar dan masuk Solo. Rinciannya 210.206 kendaraan keluar Solo.

Dan 242.195 kendaraan masuk Solo. Diprediksi jumlah itu akan bertambah hingga dua momentum puncak arus mudik di Solo. “Imbauan kami utamakan keselamatan. Bila memang lelah di jalan istirahat dulu saja,” seru Ari.

Seruan senada disampaikan Wakil Ketua Komisi IV DPRD Solo, Asih Sunjoto Putro, yang merupakan legislator dari Dapil III Solo yang meliputi 13 kelurahan di Banjarsari. Menurut dia, posko yang ada bisa dimanfaatkan pemudik.

Selain bisa untuk beristirahat, di posko-posko tersebut juga disiagakan tim dan fasilitas kesehatan. “Utamakan keselamatan dalam perjalanan. Cek kondisi kendaraan dalam keadaan prima, dan istirahat bila capai,” kata dia.

Avatar
Editor:
Adib M Asfar

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten