SOLOPOS.COM - Arus lalu lintas di depan Pasar Kartasura, Sukoharjo, pada Jumat (23/6/2017) siang ramai lancar. (Iskandar/JIBI/Solopos)

Puncak arus mudik di Kartasura, Sukoharjo, diprediksi terjadi H-1 Lebaran, Sabtu (24/6/2017).

Solopos.com, SUKOHARJO — Puncak arus mudik Lebaran 2017 di Kartasura, Sukoharjo, diperkirakan terjadi pada Sabtu (24/6/2017) ini. Polres Sukoharjo mengerahkan 105 personel untuk mengamankan kawasan tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sampai saat ini kondisi arus lalu lintas di Sukoharjo relatif lancar. Meski demikian seluruh anggota kami pada masa Lebaran ini tidak ada yang cuti. Mereka harus siap on call semua,” ujar Kapolres Sukoharjo, AKPB Ruminio Ardano, ketika ditemui wartawan di sela-sela memantau pospam Kartasura, Jumat (23/6/2017).

Menurut dia, karena Kartasura merupakan salah satu titik macet di Sukoharjo, Polres menempatkan 105 personel yang berjaga bergantian. Dengan demikian jika terjadi kemacetan di Kartasura, para petugas di pospam bisa segera membantu mengurai kemacetan.

Guna mengamankan para petugas dari ancaman terorisme yang akhir-akhir ini gencar menyerang petugas kepolisian, Polres juga menempatkan enam orang yang dilengkapi senjata api laras panjang di setiap pospam. Mereka terdiri atas, Brimob, Sabhara, dan TNI.

Diharapkan hal itu bisa memberi rasa aman kepada para petugas di setiap pospam dan para petugas bisa lebih fokus menjalankan tugas masing-masing.

Ruminio mengatakan secara keseluruhan kondisi jalanan di beberapa titik di Sukoharjo ramai lancar. Khusus di Kartasura, ujar dia, arus lalu lintas masih lancar diduga akibat pembukaan jalan tol fungsional di Ngasem, Colomadu, Karanganyar.

Dengan demikian para pemudik dari arah Semarang yang hendak ke Sragen, Ngawi dan kota-kota lain di Jatim tidak perlu melewati Bundara Kartasura. Sementara itu salah seorang warga Makamhaji, Kartasura, Kenang, 33, mengatakan arus lalu lintas di Kartasura pada Jumat siang meningkat dibanding hari biasa.

Kendati demikian peningkatan arus lalu lintas ini dia nilai tak begitu signifikan. “Pemudik yang datang dari luar kota memang sudah kelihatan. Mereka membawa mobil dan sepeda motor dengan pelat nomor dari luar kota seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Banten dan sebagainya,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya