SOLOPOS.COM - Satgas Covid-19 Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo, bersama Satgas Desa Grajegan membuka akses kampung Ngadipiro pada Rabu (7/7/2021). (Istimewa/Satgas Covid-19 Tawangsari)

Solopos.com, SUKOHARJO — Puluhan warga Kampung Ngadipiro RT 001/RW 004, Desa Grajegan, Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo, yang positif Covid-19 dari klaster hajatan telah sembuh.

Akses kampung satu lingkungan rukun tetangga (RT) yang lockdown (tutup) selama 14 hari terakhir pun akhirnya dibuka kembali. Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Tawangsari, Joko Windarto, mengatakan akses jalan kampung telah dibuka pada Rabu (7/7/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Sejumlah Ruas Jalan Di Sukoharjo Bakal Ditutup Full Selama PPKM Darurat

“Kampung Ngadipiro ditutup selama 14 hari. Sesuai aturan selama 14 hari ditutup, sudah dibuka kemarin sore. Kondisinya alhamdulillah sudah membaik. Mayoritas telah selesai menjalani isolasi, tapi tetap kamai pantau,” katanya, Kamis (8/7/2021).

Meski portal kampung Ngadipiro, Sukoharjo, itu sudah dibuka, masyarakat tetap diminta mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. Seperti memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, kurangi mobilitas, dan rajin mencuci tangan.

Baca Juga: Sempat Isoman, Ibu Hamil 8 Bulan Di Banmati Sukoharjo Meninggal Positif Covid-19

Mereka juga diminta untuk mawas diri dan tidak menyepelekan virus Corona. “Walaupun sudah lepas dari isolasi mandiri secara total tapi juga tidak boleh nggampangke, tetap kami beri sosialisasi dan pantau,” tuturnya.

Sebelumnya ada 40 warga Kampung Ngadipiro, Desa Grajegan, Tawangsari, Sukoharjo, terkonfirmasi positif Covid-19 diduga klaster hajatan.

Baca Juga: Pasar Gawok Sukoharjo Ditutup Hingga 20 Juli 2021

Dari 40 warga itu, 36 warga tinggal di wilayah RT 001/RW 004, sedangkan empat warga lainnya tinggal di RT berbeda namun masih satu kampung.

Akses kampung tersebut ditutup sejak Jumat (25/6/2021). Munculnya klaster persebaran Covid-19 di wilayah ini mendapat perhatian dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Ndablek, Gerombolan Remaja Hingga Bapak-Bapak Ini Pesta Miras di Sukoharjo Saat PPKM Darurat

Ganjar bahkan menyempatkan diri mengunjungi kampung Ngadipiro dan memberikan bantuan kepada warga setempat belum lama ini.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga mengingatkan warga untuk meningkatkan kepatuhan dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya