Puluhan UMKM Unjuk Dagangan di New Kemukus, Yuk Diserbu Gaes

Para pelaku UMKM itu menjajakan dagangan berupa kuliner, produk handicraf, dan pelaku UMKM yang tergabung dalam UMKM Kubis dan Gading Sukowati.

 Gapura Pasar Ekraf 2022 menjadi gerbang masuk untuk menikmati dagangan para UMKM di seputaran New Kemukus yang dihelat mulai Sabtu (14/5/2022). (Istimewa/Budi Karyanto)

SOLOPOS.COM - Gapura Pasar Ekraf 2022 menjadi gerbang masuk untuk menikmati dagangan para UMKM di seputaran New Kemukus yang dihelat mulai Sabtu (14/5/2022). (Istimewa/Budi Karyanto)

Solopos.com, SRAGEN — Sebanyak 40 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sekitar New Kemukus, Pendem, Sumberlawang, Sragen menggelar dagangannya dalam Pasar Ekonomi Kreatif 2022 yang dibuka mulai Sabtu (14/5/2022).

Para pelaku UMKM itu menjajakan dagangan berupa kuliner, produk handicraf, dan pelaku UMKM yang tergabung dalam UMKM Kubis dan Gading Sukowati.

PromosiLetusan Gunung Lawu Sampai Wonogiri, Belah Aliran Bengawan Solo Purba

Pasar Ekraf tersebut dibuka Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati pada Sabtu malam.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Dispora) Sragen, Yuniarti, mengungkapkan Pasar Ekraf 2022 sengaja digelar di New Kemukus sebagai sarana atau memfasilitasi para UMKM dan sekaligus mengenalkan New Kemukus ke khalayak ramai.

“Pesertanya ada 40 stand yang terdiri atas pelaku ekraf Sragen, kiliner Gunung Kemukus, suvenir Gunung Kemukus, UMKM Sumberlawang, produk PKK Desa Soko Kecamatan Miri, dan UMKM Kubis serta UMKM Gading Sukowati,” kata Yuniarti dalam sambutannya.

Baca Juga: Rekor! Wisatawan The New Kemukus Sragen Tembus 3.609 Orang

Yuni, sapaan akrab Bupati Sragen, berharap New Kemukus ini bisa lebih moncer karena hal-hal yang positif bukan hal-hal yang negatif.

New Kemukus ini, kata dia, sudah menjadi ikon Sragen sehingga baik buruknya New Kemukus tergantung kepada warga Sragen.

Semua kegiatan dalam rangkaian Hari Jadi Sragen difokuskan di Gunung Kemukus.

“Saya sudah sowan ke Habib Syech yang nantinya akan bersama kami menggelar Kemukus Berselawat pada Selasa, 24 Mei mendatang, yang bersamaan dengan peringatan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Sragen. Saat berbincang dengan Habib Syech itu ternyata beliau ingat pada 1980-an mengetahui Kemukus sebagai tempat pesugihan dan melihat kelakuan-kelakuan seperti binatang,” ujar Yuni.

Baca Juga: Tumbuh 131 Persen, Tercatat 18,5 Juta UMKM Masuk Ekosistem Digital

Yuni melanjutkan, dengan kekuatan doa, gotong-royong maka Gunung Kemukus ditata menjadi New Kemukus dan mengubah wisata religi menjadi wisata keluarga dengan dana yang mencapai Rp48 miliar.

Dia menyampaikan bagi pengunjung yang berziarah silakan dan yang sekadar menikmati pemandangan juga dipersilakan.

“Saya hanya ingin warga dan pengunjung melakukan aktivitas ringan saja, yakni jangan membuang sampah sembarangan. Tadi saya lihat banyak sampah bekas air mineral, plastik, botol, dan seterusnya. Mari jaga New Kemukus ini seperti rumah sendiri. Kalau ada yang tidak benar supaya dibenarkan,” ajaknya.

Baca Juga: Inovasi Digital, Strategi Bank Indonesia Dorong Pemulihan UMKM

Yuni mengajak warga mencintai New Kemukus dengan menjaga kebersihan. Dia mengatakan Pasar Ekraf diletakkan di sini untuk pengembangan UMKM sekitar New Kemukus, yakni wilayah Kecamatan Sumberlawang dan Miri.

“Pengembangan New Kemukus ke depan tetap berlanjut. Nanti ada banyak kegiatan yang dipusatkan di New Kemukus,” ujarnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Ratusan Orang Berkumpul di Joglo Sunyan Klaten, Ada Apa?

Ratusan orang di Klaten, Jawa Tengah mengikuti Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita) tahun 2022 yang digelar DPC PDIP Klaten, Jumat (20/5/2022) untuk ikut memecahkan rekor Muri dengan peserta terbanyak.

Ini Daftar Wisata Candi di Klaten, dari Prambanan hingga Merak

Salah satu daya tarik Kabupaten Klaten, yakni menyimpan deretan candi bersejarah.

61 CPNS & 788 PPPK Terima SK, Bupati Sragen: Jangan Terus Beli Mobil!

Sebanyak 61 CPNS dan 788 PPPK mendapatkan SK pengangkatan, Jumat (20/5/2022), Bupati Sragen berpesan jangan menambah motor atau mengganti dengan mobil.

Hantu KKN Rumah Kosong Klaten Ternyata Mbah-Mbah

Wujud hantu dalam kisah KKN di Rumah Kosong Klaten adalah mbah-mbah.

Bikin Deg-degan, Damkar Wonogiri Tangkap Ular Sanca di Permukiman Warga

Petugas Damkar Wonogiri membantu warga mengevakuasi ular sanca jenis Pythonidae yang masuk ke pekarangan rumah warga di Pokoh Kidul, Wonogiri, Kabupaten Wonogiri pada Kamis (19/5/2022).

Kenapa Jalan Solo-Boyolali Kerap Terjadi Kecelakaan?

Kira-kira kenapa jalan di Solo-Boyolali kerap terjadi kecelakaan, bahkan ada korban yang meninggal dunia?

Bupati Karanganyar: Pilih Pengurus PGRI yang Rajin!

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, meminta Konferensi Kerja tahun ke-2 Kabupaten (Konkerkab) Karanganyar PGRI untuk memilih pengurus yang rajin.

Disdik Kota Solo Izinkan Kantin Sekolah Dibuka, Tapi Ada Syaratnya

Dinas Pendidikan Kota Solo, Jawa Tengah tidak melarang kantin sekolah membuka usahanya selama pembelajaran Tatap Muka (PTM) saat ini.

KPU Sukoharjo Bocorkan Cara Memelihara Data Pemilih, Begini Lo...

Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda, menyampaikan beberapa cara memutakhirkan atau memperbarui Daftar Pemilih Tetap (DPT), salah satunya untuk mempersiapkan Pemilu 2024.

Simak! Inilah Daftar SMK Negeri di Kabupaten Boyolali

Berikut daftar SMK Negeri yang tersebar di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Pemkab Wonogiri Berniat Hentikan PTM Terbatas, Lo... Kenapa?

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri berniat menghentikan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT).

Catat Gaes, Ini Daftar Lengkap SMA Negeri di Boyolali

Inilah daftar SMA Negeri di Kabupaten Boyolali.

Terbaru! Laka Kereta Kelinci di Andong Boyolali, Begini Kondisi Sopir

Sopir kereta kelinci yang terlibat kecelakaan maut di wilayah Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Rabu (11/5/2022) belum dapat dimintai keterangan karena masih sakit.

Ada Pemeliharaan Jaringan, Cek Pemadaman Listrik di Sukoharjo Hari Ini

Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Sukoharjo, Jawa Tengah, pada hari ini, Jumat, 20 Mei 2022.

12 Klub Ponpes Boyolali Unjuk Gigi dalam Liga Santri Piala Kasad 2022

Liga Santri sekaligus menjadi wadah silaturahmi kebangsaan untuk santri di Boyolali.