Puluhan Tahun Berjaya, Ini Penyebab Ambruknya Perusahaan Serat Terbesar Hindia Belanda di Wonogiri

Perusahaan perkebunan serat terbesar Hindia Belanda di Wonogiri, Onderneming Mento Toelakan, mengalami kemunduran sejak penjajahan Jepang.

Puluhan Tahun Berjaya, Ini Penyebab Ambruknya Perusahaan Serat Terbesar Hindia Belanda di Wonogiri

SOLOPOS.COM - Kebun tanaman serat milik perusahaan serat terbesar di masa pemerintahan Hindia Belanda di Wonogiri. (Istimewa/Arsip Digital Universitas Leiden)

Solopos.com, WONOGIRI -- Onderneming Mento Toelakan yang merupakan perusahaan perkebunan serat terbesar era Hindia Belanda di Wonogiri mencapai puncak kejayaan pada 1910-1942.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, pada 1910 itulah Onderneming Mento Toelakan mulai membudidayakan serat nanas sebagai bahan baku tambang kapal, karung goni, dan produk lainnya.

Sebelumnya, perusahaan yang diperkirakan berdiri sejak sekitar 1850-1860 itu lebih banyak membudidayakan kopi dan tembakau. Dua komoditas itu ditinggalkan karena hasilnya kurang menguntungkan.

Baca Juga: Perusahaan Perkebunan Serat Terbesar Hindia Belanda Ada Di Wonogiri Loh, Ini Lokasinya

Serat nanas terbukti cocok ditanan di Wonogiri sehingga perusahaan serat swasta Hindia Belanda itu menghasilkan serat dengan kualitas terbaik. Serat-serat itu diolah menggunakan mesin hingga setengah jadi kemudian dikirim ke pabrik-pabrik tekstil di wilayah Klaten dan Surabaya.

"Barang setengah jadinya itu hanya dikirim ke Delanggu [Klaten] dan Surabaya. Yang Delanggu itu masih satu perusahaan [dengan Mento Toelakan]. Kalau di Surabaya sudah beda perusahaan," kata Ketua Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Komisariat Wonogiri, Dennys Pradita, kepada Solopos.com, Selasa (15/6/2021).

Jatuh Ke Tangan Jepang

Dennys menjadi salah satu orang yang terlibat dalam penelitian tentang Onderneming Mento Toelakan bersama anggota MSI Wonogiri. Penelitian itu tertuang dalam buku berjudul "Onderneming Mento Toelakan, Dinamika Perkebunan Serat di Pinggiran Wonogiri 1897-1996". Buku tersebut terbit pada 2021.

Baca Juga: Perusahaan Serat Terbesar Hindia Belanda Ada di Wonogiri, Begini Kondisi Lokasinya Kini

perusahaan perkebunan hindia belanda wonogiri serat terbesar
Aktivitas Perusahaan Perkebunan Serat Mento Toelakan di Wonogiri. (Istimewa/Arsip Digital Universitas Leiden)

Menurut Dennys, serat yang dikirim ke Surabaya dibuat menjadi tambang kapal. Sedangkan serat yang dikirim ke Delanggu untuk membuat karung goni.

Dalam buku Onderneming Mentoe Toelakan di mana Dennys menjadi salah satu editor disebutkan, kesuksesan Mento Toelakan menjadi perusahaan serat terbesar Hindia Belanda di Wonogiri tak lepas dari manajemen birokrasi yang baik. Juga mesin produksi, sarana, prasarana dan peralatan yang memadai.

Perusahaan perkebunan ini mulai mengalami kemunduran pada era penjajahan Jepang tahun 1942. Onderneming Mento Toelakan diambil alih oleh tentara Jepang dan sempat bertahan. Namun hasil seratnya semua dieksploitasi untuk memenuhi kebutuhan perang tentara Jepang.

Baca Juga: Kegiatan Keagamaan Dibatasi, Pengajian hingga TPA di Wonogiri Tak Boleh Digelar

Saat Jepang angkat kaki dari Indonesia, Onderneming Mento Toelakan diambil alih oleh Mangkunegaran. Perusahaan terbesar era Hindia Belanda di Wonogiri ini benar-benar runtuh saat terjadi revolusi kemerdekaan.

Perusahaan mengalami masalah keuangan dan hanya dapat beroperasi sampai 1951. Setelah runtuh, aset perusahaan berupa tanah dibagi-bagikan ke rakyat.

Sisa-Sisa Peninggalan Mento Toelakan

"Sebagian besar kawasan perusahaan saat ini sudah menjadi perumahan dan sawah. Sebab sejak 1945, tanah itu dibagi-bagi ke warga dengan dibuatkan surat Letter C," kata Dennys.

Baca Juga: Klaster Kudus di Wonogiri Meluas, Pemdes Ketos Bikin Tempat Isolasi Terpadu

perusahaan serat hindia belanda wonogiri peninggalan terbesar
Salah satu bangunan peninggalan perusahaan serat terbesar dan terbaik era Hindia Belanda di Dusun Mento, Wonoharjo, Wonogiri. Foto diambil Senin (14/6/2021). (Solopos/M Aris Munandar)

Saat Solopos.com mengunjungi Dusun Mento, Desa Wonoharjo, Wonogiri, yang merupakan lahan perusahaan Onderneming Mento Toelakan, Senin (14/6/2021) siang, masih terlihat sisa-sisa peninggalan perusahaan tersebut. Kolam untuk merendam serat saat ini berada di belakang rumah Ketua RT 002 Dusun Mento.

Di dekat kolam terdapat bangunan saluran irigasi yang juga diyakini peninggalan perusahaan itu karena tekstur bangunannya mirip dengan kolam. Hingga kini saluran irigasi itu masih dimanfaatkan warga sekitar.

Baca Juga: Gubernur Ganjar ke Emak-Emak Wonogiri: Kalau Belanja Maskernya Dipakai

Berjarak satu kilometer dari lokasi kolam, terdapat jembatan jalur lori di area sungai. Tepatnya berada di belakang Kolam Renang atau Kolam Keceh Belik Wonoharjo.

Badan jembatan itu sudah tidak ada lagi, hanya tersisa tiang jembatan. Tiang jembatan itu terbuat dari batu yang dicor dan terlihat sangat kokoh. Di sekitar tiang jembatan dipenuhi pohon bambu.

Berita Terkait

Espos Premium

Target Pengujian Satu Per 1.000 Tiap Pekan

Target Pengujian Satu Per 1.000 Tiap Pekan

Peningkatan jumlah sampel pengujian menjadi pilihan paling logis untuk mengetahui persebatan Covid-19. Dinas Kesehatan Boyolali meningkatkan pengujian menjadi satu per 1.000 tiap pekan.

Berita Terkini

PPKM Pukul Bisnis Hotel Soloraya, dari Okupansi Anjlok hingga Hotelier Unpaid Leave

PPKM berdampak besar pada okupansi kamar hotel, pembatalan event, hingga membuat para hotelier kembali harus mengalami unpaid leave.

Malam-Malam Kapolres dan Dandim Klaten Antarkan Bantuan ke Rumah Warga Terdampak Pandemi

Kapolres dan Dandim berangkat bersama dengan diiringi sejumlah anggota dari Mapolres Klaten menyusuri jalan di kawasan perkotaan.

Tetap Waspada! 43 Desa Di Karanganyar Endemis Demam Berdarah

Sebanyak 43 desa di seluruh wilayah Kabupaten Karanganyar terkategori sebagai wilayah endemis demam berdarah dengue atau DBD

Percepat Vaksinasi Covid-19, Polres Sukoharjo Gandeng Mahasiswa Jadi Sukarelawan

Polres Sukoharjo menggandeng puluhan mahasiswa tingkat akhir dari sejumlah perguruan tinggi menjadi sukarelawan vaksinasi Covid-19.

Polisi Periksa 6 Saksi Kasus Suami Pasien Corona Ancam Nakes RSUD Ngipang Solo

Penyidik Polresta Solo sudah memanggil enam orang saksi dalam kasus suami pasien corona ancam nakes RSUD Ngipang, Banjarsari.

Target Pengujian Satu Per 1.000 Tiap Pekan

Peningkatan jumlah sampel pengujian menjadi pilihan paling logis untuk mengetahui persebatan Covid-19. Dinas Kesehatan Boyolali meningkatkan pengujian menjadi satu per 1.000 tiap pekan.

Ketimbang Uang, PKL Karanganyar Pilih Ini Untuk Kompensasi PPKM Darurat

Pedagang kaki lima atau PKL di Karanganyar berharap pemerintah tidak membuat kebijakan yang bikin pedagang tidak produktif saat PPKM darurat.

Siswa SMP di Boyolali Jadi Sasaran Vaksinasi, Bupati: Semoga Kasus Covid-19 Usia Remaja Turun!

Program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Boyolali mulai menyasar siswa. Tahap pertama dilakukan di SMP Negeri 1 Boyolali, Jumat (23/7/2021).

Rel Layang Joglo Solo Bakal Dilengkapi Underpass, Kapan Mulai Dibangun?

Proyek pembangunan rel layang di simpang tujuh Joglo di Kecamatan Banjarsari, Solo, akan dilengkapi underpass di beberapa titik.

Kasus Covid-19 Diklaim Turun, Bupati Boyolali: Protokol Kesehatan Tak Boleh Kendur

Penambahan jumlah kasus Covid-19 Boyolali diklaim sudah menurun namun Bupati tetap menekankan agar protokol kesehatan tak boleh kendur.

Inspiratif! Petani Muda Jatipurno Wonogiri Bagi-bagi 5.000 Bibit Sayuran untuk Warga Terdampak Covid-19

Seorang petani muda asal Kelurahan Jatipurno, Kecamatan Jatipurno, Wonogiri, Tarmin berdonasi 5.000 bibit tanaman untuk warga terdampak Covid-19.

Tes Harian Covid-19 Solo Tertinggi Ketiga Se-Indonesia, Gibran: Iya, Terima Kasih...

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengomentari data tes harian Covid-19 Solo yang masuk peringkat ketiga tertinggi nasional.

Pentingnya Literasi Digital Agar Anak Jadi Sehat dan Tangguh

Ada dua pekerjaan rumah (PR) agar anak menjadi generasi sehat dan tangguh yang harus dicarikan solusinya, salah satunya literasi digital.

Bansos PPKM Darurat Untuk Pedagang Belum Ditentukan, Disdag Solo: Yang Penting Didata Dulu

Dinas Perdagangan Kota Solo sudah mulai mendata pedagang untuk pemberian kompensasi atau bansos PPKM darurat dan level 4.

Yeay, Puluhan Ribu KPM Karanganyar bakal Dapat Bantuan Tambahan Beras

Berdasarkan data yang dimiliki Dinsos Karanganyar, penerima tambahan bantuan beras merupakan keluarga penerima manfaat dari PKH dan BST.

RSST Klaten Dapat Bantuan Oksigen, Cukup untuk Kebutuhan 15 Jam

Rumah Sakit Umum Pusat dr Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten mendapatkan bantuan oksigen medis. Bantuan oksigen itu berasal dari salah satu BUMN.

Kurang dari Sebulan, 1.337 Jenazah di Klaten Dimakamkan Sesuai Protokol Covid-19

Jumlah jenazah yang dimakamkan dengan protokol Covid-19 oleh Tim Kubur Cepat Kamboja Klaten selama kurang dari sebulan terakhir naik signifikan.

Tips Agar Anak Terhindar dari Kekerasan Saat Di Rumah Saja

Anak rentan menerima kekerasan baik fisik maupun psikis dari orang tua juga dari dunia maya, karena penggunaan gawai yang minim kontrol.

Partai Demokrat Sragen Buka Hik Gratis Untuk Warga, Ini Lokasinya

DPC Partai Demokrat Sragen membuka warung hik gratis bagi warga selama lima hari ke depan untuk membantu meringankan beban akibat pandemi.

Viral Warung Loji Lawas Solo Pasang Banner Tak Ada Yang Beli, Polisi Langsung Menyerbu

Warung kopi Loji Lawas Food and Caffee di Laweyan, Solo, viral setelah memasang banner minta aparat beli makanan secara takeaway.

Tempat Hiburan Malam di Sragen Disebut Kafe Lethong, Ternyata Begini Ceritanya

Kios di Sragen dibongkar oleh Satpol PP belum lama ini karena disalahgunakan sebagai tempat hiburan malam yang dikenal sebagai Kafe Lethong.

Respons Aduan PKL, Pemkab Sukoharjo Bareng Baznas Salurkan 5.010 Paket Sembako

Bantuan paket sembako diberikan dengan harapan meringankan beban para PKL Sukoharjo terdampak PPKM Darurat dan kini menjadi Level 4.

Tersenggol Truk Boks, Mobil Isuzu Panther Nyungsep Ke Selokan Di Jalan Solo-Semarang Boyolali

Mobil Isuzu Panther nyungsep ke selokan Jalan Solo-Semarang, Teras, Boyolali, setelah tersenggol truk boks yang menghindari mobil lain.

Catat Lur! Masa Pendaftaran CPNS dan PPPK di Karanganyar Diperpanjang

Masa pendaftaran formasi CPNS dan PPPK di Karanganyar diperpanjang dari semula Rabu (21/7/2021) menjadi hingga Senin (26/7/2021).

Tantangan Membangun Generasi Sehat dan Tangguh di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 membatasi ruang gerak, sehingga upaya membangun generasi sehat dan tangguh menjadi pekerjaan rumah (PR) orang tua.

Ratusan Napi dan Tahanan Sragen Jadi Sasaran Vaksinasi Covid-19

Ratusan narapidana (napi) dan tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIA Sragen menjalani vaksinasi Covid-19, Jumat (23/7/2021).

Kasus Covid-19 di Klaten Meroket, Penanganannya Disamakan dengan Kudus

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, angkat bicara terkait meroketnya kasus Covid-19 di Klaten. Ganjar menyebut penanganannya akan sama dengan Kudus beberapa waktu lalu.

Mulia, Warung Makan di Sragen Ini Gratiskan Makan Siang untuk Warga Isoman & Terdampak Covid-19

Warung Makan Djos Gandhos di Jirapan Masaran, Gemolong dan Gondang, Sragen, menyediakan makan siang gratis untuk warga yang sedang isoman di rumah dan warga terdampak PPKM.

Nama Sekda Sragen Dicatut Penipu, Pelaku Minta Cashback Dana Bansos

Nama Sekda Sragen, Tatag Prabowo, dicatut penipu yang meminta cashback dana bansos Covid-19.

IKA UNS Bergotong Royong Bantu Penanganan Covid-19

IKA UNS menggelar kegiatan “IKA UNS Peduli Pandemi Covid-19” yang akan berlangsung selama tiga bulan ke depan.

Viral! Pelanggan Anjlok Selama PPKM Darurat, Warung Kopi di Solo Pasang Banner Sebut-Sebut Aparat

Loji Lawas dan Loji Kopi, Laweyan, Solo, dalam beberapa terakhir sempat viral menyusul mmt yang terpasang di depan warung kopi itu.

Waspada! Covid-19 Varian Delta Ditemukan di Sukoharjo

Persebaran Covid-19 varian Delta ditemukan di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Aksi Polresta Solo Kirim Makanan untuk Nakes dan Salurkan Beras ke Warga

Polresta Solo merespons curhatan nakes yang kesulitan mencari makan malam karena penjual makanan tutup pada pukul 20.00 WIB selama PPKM Darurat.

Lagi Jadi Perbincangan, Tugu Perbatasan Sukoharjo, Wonogiri dan DIY Ini Simpan Kisah Misteri

Karena bentuknya yang unik, tugu perbatasan Sukoharjo, Wonogiri dan DIY atau Tugu Jati Bedug ini menyimpan kisah misteri legendaris.

Klaten Kirim 50 Pasien Positif Covid-19 ke Asrama Haji Donohudan

Puluhan pasien Covid-19 Klaten yang dikirim ke Donohudan berjenis kelamin laki-laki, berusia muda, dan tergolong orang tanpa gejala (OTG).

500 Aparat Keamanan Diterjunkan Jemput Paksa Pasien Covid-19 di Klaten

Sebanyak 500 aparat keamanan diterjunkan guna menjemput paksa pasien Covid-19 di Klaten, Jumat (23/7/2021).

Peternak Ayam Boyolali Keluhkan Permintaan Pasar Menyusut Gegara PPKM

Dengan adanya PPKM, penyerapan pasar terhadap hasil panen peternakan ayam Boyolali lebih rendah sehingga masa panen pun sampai mundur dua pekan.

Ada 750 Dosis Vaksin Covid-19 untuk Warga Karanganyar 12 Tahun ke Atas, Ini Cara Daftarnya

Vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum berusia di atas 12 tahun di Karanganyar tersebut akan dilaksanakan mulai Senin (26/7/2021).

Nekat Beraktivitas meski Positif Covid-19, Tukang Parkir di Klaten Dijemput Petugas

Sempat terjadi perdebatan kecil antara tim gabungan dengan tukang parkir yang nekat beraktivitas di luar meski positif Covid-19.

Sekolah di Karanganyar dengan Murid di Bawah 60 Orang Siap-Siap Regrouping

Dasar pelaksanaan regrouping di Karanganyar, yakni berkaitan dengan ketentuan penyaluran bantuan operasional sekolah (BOS).

Tempat Isoman Terpusat di Klaten Terisi Tapi Belum Maksimal, Polisi Siap-Siap Jemput Pasien Covid-19

Hasil inventarisi jumlah keterisian isoman terpusat di Klaten hingga Kamis (22/7/2021), dari 913 kapasitas tempat tidur baru terisi 128 orang.

Polres Wonogiri Door To Door Salurkan Beras untuk 1.200 Keluarga Terdampak Covid-19

Pembagian bantuan beras bagian dari kepedulian Polri untuk membantu warga yang terdampak ekonominya akibat badai pandemi Covid-19.

RSIS YARSIS Gelar Vaksinasi Karyawan Perusahaan Area Kartasura

Karyawan dari tujuh perusahaan di area Kartasura menjadi sasaran pemberian vaksin pada program vaksinasi tahap pertama di RSIS YARSIS.

Inflasi Solo Juli 2021 Diprediksi Rendah Dampak PPKM Darurat

Penerapan PPKM Darurat dinilai menurunkan mobilitas masyarakat sehingga memberikan tekanan inflasi rendah di Kota Solo pada Juli ini.

Begini Dukungan Penyintas Corona Alumni Donohudan untuk Pasien Covid-19

Sejumlah penyintas alumni Asrama Haji Donohudan saling berkomunikasi melalui media sosial setelah mereka sembuh dari paparan Covid-19.

Belum Divaksin Covid-19, Penyaluran Bansos Untuk Warga Jenar Sragen Ditunda

Bupati Sragen menginstruksikan agar penyaluran bantuan sosial untuk warga Desa Jenar yang belum divaksin Covid-19 ditunda terlebih dahulu.

Selvi Ananda Bacakan Buku Cerita, Respons Jan Ethes Bikin Gemas

Video Selvi Ananda membacakan buku cerita kepada anaknya, Jan Ethes, diunggah di kanal Youtube Dinas Pendidikan Kota Solo memperingati HAN.

Ini Kata Satgas Covid-19 Solo Soal Pasien Positif Corona Meninggal Saat Isoman

Satgas Penanganan Covid-19 Solo memberikan penjelasan tentang pasien positif corona yang meninggal dunia saat isoman di rumah.

OTG Atau Bergejala Ringan? Ini Daftar Tempat Isolasi Pasien Positif Corona Di Solo

Pemkot Solo telah menyiapkan tempat isolasi terpusat bagi pasien positif terpapar virus corona baik yang OTG maupun bergejala ringan.

Amplop Bansos Bertuliskan Nama Istri Bupati Karanganyar Sempat Bikin PKL Bingung

Amplop bansos bagi PKL terdampak PPKM darurat Karanganyar yang sebelumnya ada tulisan nama istri Bupati sudah diganti amplop putih polos.

Waduh! Stok Vaksin Covid-19 Menipis, Pemkot Solo Terpaksa Tarik Tuas Rem

Stok vaksin Covid-19 Kota Solo terus menipis sehingga Pemkot terpaksa memperlambat laju vaksinasi dan menjadwal ulang untuk dosis kedua.

Kantor Imigrasi Solo Bagikan Sembako Untuk Warga Terdampak PPKM

Bantuan sembako dibagikan untuk masyarakat terdampak PPKM Level 4 di Desa Blulukan, Colomadu, Karanganyar, sekitar Kantor Imigrasi Solo.

Setelah Bikin Baliho Maki Pejabat, Kini Kades Jenar Sragen Ganti Kampanyekan Cegah Covid-19

Kades Jenar, Sragen, Samto, yang sebelumnya memasang baliho makian kepada pejabat kini kembali memasang baliho kampanyekan cegah Covid-19.

Bidan Desa di Klaten Rutin Pantau Pasien Covid-19 yang Isoman

Bidan Desa Sabrang, Wonosari, Klaten, Nurin Pratiwi, rutin memantau pasien Covid-19 di wilayahnya yang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Gerakan Boyolali di Rumah Saja Diperpanjang, Sosialisasi ke Pedagang Pasar Dilakukan

Gerakan Boyolali di Rumah Saja kembali diperpanjang. Opreasional pasar tradisional di Boyolali pun akan menyesuaikan.

Mantul! Berawal dari Inisiasi ASN, Sragen Canangkan Gerakan Donor Plasma Konvalesen

Donor darah plasma konvalesen menjadi salah satu kontribusi yang bisa dilakukan para ASN Sragen yang menjadi penyintas Covid-19.

Tak Ada Pelamar, Pendaftaran Lelang Jabatan Direktur RSUD Ir Soekarno Sukoharjo Diperpanjang

Pendaftaran lelang jabatan RSUD Ir Soekarno, Sukoharjo, harus diperpanjang karena tidak ada pelamar yang memasukkan berkas.

Warga Positif Covid-19 Mulai Berdatangan Ke GOR Gelarsena Klaten

Tempat isolasi terpusat GOR Gelarsena, Klaten, mulai terisi warga positif Covid-19 dengan gejala ringan dan sedang dari berbagai kecamatan.

Kepala Kejari Wonogiri: Hukuman Pelaku Kekerasan Seksual Anak Akan Diperberat!

Kejari Wonogiri berkomitmen memperberat hukuman pelaku kekerasan seksual terhadap anak guna menurunkan kasus pencabulan dan pemerkosaan.

Pedagang Pasar Nonesensial Terdampak PPKM Darurat Solo Didata, Segera Dapat Bantuan?

Para pedagang pasar nonesensial Kota Solo yang ditutup selama PPKM darurat didata, diduga untuk menerima bantuan atau kompensasi.

Kasus Perkosaan Siswi SD Oleh Pesilat Sragen Belum Ada Tersangka, Polisi Kekurangan Saksi?

Kasus perkosaan siswa SD oleh pesilat di Sukodono, Sragen, belum ada penetapan tersangka diduga karena polisi kekurangan saksi.

PPKM Darurat Diperpanjang, Aliansi Elemen Sukoharjo Adukan Nasib Ke DPRD

Perwakilan PKL, juru parkir, dan pelaku usaha Sukoharjo mendatangi DPRD untuk mengadukan nasib mereka terkait PPKM darurat yang diperpanjang.

Pengumuman! Akses Pintu Tol Gondangrejo Karanganyar Ditutup Total

Satlantas Polres Karanganyar memutuskan untuk menutup total akses melalui pintu tol Gondangrejo per Kamis (22/7/2021) hingga PPKM level berakhir.

Dokter RSUD Ngipang Solo Diancam Suami Pasien, Polisi Turun Tangan

Kasus dokter dan nakes RSUD Ngipang, Banjarsari, Solo, diancam oleh suami pasien positif corona ditangani oleh kepolisian.

Hasil Survei, Pengguna Menyatakan Sangat Puas Layanan KPPN Klaten

KPPN Klaten terus berupaya membangun inovasi layanan agar pendanaan program-program pemerintah berjalan sesuai harapan dan target.

Tolak Istrinya Dimakamkan Pakai Prokes, Suami Ngamuk Ancam Dokter RSUD Ngipang Solo

Suami pasien RSUD Ngipang Solo ancam dokter dan perawat lantaran tak mau istrinya yang meninggal positif corona dimakamkan pakai prokes.

Serbuan Vaksinasi Covid-19 di Polres Klaten Sasar 3.300 Warga

Serbuan vaksinasi Covid-19 menyasar ke 3.300 orang di Mapolres Klaten, Kamis (22/7/2021). Terdiri dari dosis I berjumlah 3.000 dosis dan dosis II berjumlah 300 dosis.

Warga Desa Jenar Takut Ikut Vaksinasi Covid-19, Diduga Termakan Hoaks

Para warga lanjut usia di Desa/Kecamatan Jenar, Sragen, takut mengikuti program vaksinasi yang diadakan Pemkab Sragen, Kamis (22/7/2021).

Belum Sebulan, Kapolda Jateng Sudah 3 Kali ke Klaten, Kenapa Ya?

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi tercatat sudah tiga kali berkunjung ke Klaten kurang dari satu bulan terakhir.

Warga Ogah Antre Sembelihkan Hewan Kurban di RPH Dispertan Solo

Tercatat 100-an pendaftar hendak menyembelih hewan di RPH Dispertan Solo tapi banyak dari peminat yang membatalkan niatnya.

Wonogiri Juga Terapkan PPKM Level 4, Usaha Kuliner Belum Dilonggarkan

Pemkab Wonogiri belum memberikan kelonggaran usaha kuliner saat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 25 Juli.

Cerita Warga di Karangdowo Klaten Diprimpeni hingga Bongkar Kuburan Istri untuk Lepas Tali Pocong

Kisah misteri tentang pengakuan warga Karangdowo, Klaten diprimpeni arwah sang istri yang meminta tali pocong-nya dilepas.

Rendang Kurban Lazismu Sragen Bisa Tahan 2 Tahun, Ternyata Ini Rahasianya!

Rendang dari daging kurban yang dikelola Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Sragen ternyata bisa tahan hingga dua tahun lamanya.

Gurihnya Camilan Kepelan Khas Pedan Klaten yang Gurih dan Nagih

Kuliner Kepelan khas Pedan Klaten memiliki rasa yang gurih dan renyah sehingga menjadi favorit para mahasiswa dan anak-anak.

Ternyata... Kuburan Warga di Karangdowo Klaten Dibongkar Gegara Tali Pocong Belum Dilepas

Kuburan warga di Karangdowo, Klaten, ternyata dibongkar karena tali pocong jenazah belum dilepas.

Serbuan Vaksin Covid-19 Oleh TNI dan Polri Sasar 1.000 Santri di Boyolali

Vaksinasi di Ponpes Al Huda Boyolali merupakan bagian program Serbuan Vaksin Covid-19 yang dilaksanakan TNI sinergi dengan Polri dan ponpes.

Keliling Bawa Bronjong, Kapolsek Pasar Kliwon Solo Door To Door Bagikan Paket Sembako

Kapolsek Pasar Kliwon, AKP Achmad Riedwan Prevoost, membagikan paket sembako dengan mengendarai sepeda motor dinas kepolisian yang terpasang bronjong.

Keluarga Sering Diprimpeni, Kuburan Warga di Karangdowo Klaten Dibongkar

Kuburan warga di Karangdowo, Klaten, dibongkar karena tali pocong jenazah belum dilepas.

Putus Asa Sakit Menahun, Kakek-Kakek di Karangmalang Sragen Tenggak Racun Serangga

Kakek-kakek di Kecamatan Karangmalang, Sragen, nekat menghabisi nyawanya sendiri dengan cara menenggak racun serangga.

Peduli Warga Terdampak Covid-19, Pemkab Sukoharjo Imbau ASN Sumbang Sembako Rp200.000

ASN di lingkungan Pemkab Sukoharjo diimbau gotong royong menyumbangkan paket sembako per orang senilai Rp200.000 bagi warga terdampak Covid-19.

Mulai Besok, Warga Klaten Terpapar Covid-19 Dijemput ke Tempat Isolasi Terpusat

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, bersama Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen Rudianto, bakal memimpin manajemen kontingensi guna menekan ledakan kasus Covid-19 di Klaten

Penyekatan Jalan di Boyolali Diperpanjang Hingga 25 Juli 2021

Penyekatan dan pengalihan jalan di Boyolali diperpanjang hingga 25 Juli 2021. Hal tersebut menyesuaikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang juga diperpanjang.

Perpanjangan Pembatasan Diikuti Pengotimalan Isolasi Terpusat

Ketentuan pembatasan pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Klaten masih berlaku hingga Minggu (25/7/2021). Sementara, mobilisasi pasien Covid-19 yang isolasi mandiri di rumah ke tempat isolasi terpusat menjadi lebih masif.

Dewan Pendidikan Karanganyar Desak Disdikbud Lekas Regrouping SD, Ini Alasannya

Selain nasib guru, regrouping juga menyisakan persoalan lain, yaitu kondisi dan karakter wilayah sehingga harus dilakukan dengan hati-hati.

Kota Solo Lanjutkan PPKM Darurat Level Tertinggi, Ini Rencana Pelonggaran

Kota Solo termasuk level 4 atau tertinggi. Wakil Walikota Solo, Teguh Prakosa mengatakan evaluasi pelaksanaan PPKM dilakukan pada 25 Juli 2021.

Klaten Masuk PPKM Level 4, Ketentuan Pembatasan Ini Berlaku hingga 25 Juli 2021

Ronny mengatakan ketentuan pembatasan yang sudah diterapkan selama PPKM Darurat 3-20 Juli 2021 dipertahankan dan tidak ada perubahan sebelum 25 Juli.

Ada Temuan Cacing di Hati Sapi Kurban di Klaten

Petugas dari DPKPP Klaten menemukan adanya hati hewan kurban yang mengandung cacing saat disembelih.

Kampus di Solo Bagikan 1.000-an Daging Kurban untuk Warga

Sejumlah kampus di Solo membagikan 1.000-an paket daging kurban untuk pegawai non-kontrak serta warga sekitar.

Renovasi Gedung Sekolah Selama Pembelajaran Daring Perlu Tidak?

Pengelola sekolah tetap diwajibkan merawat gedung dan fasilitas meskipun murid-murid belajar daring di rumah selama pandemi Covid-19

Akhirnya Kades Jenar Terima Vaksin Covid-19, Disuntik Langsung Bupati Sragen

Kades Jenar, Samto, menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19 di desanya yang disuntik langsung oleh Bupati Sragen.

PDIP Solo Jaring Donor Plasma Konvalesen, Ada 87 Pendaftar Tapi...

DPC PDIP Solo akan melanjutkan program donor plasma darah konvalesen akhir pekan ini sebab terapi konvalesen efektif untuk kesembuhan penderita Covid-19.

Inilah Karak Bolon, Karak Tanpa Boraks Nggak Bikin Serak Saat Dimakan

Karak Bolon diklaim tidak menyebabkan tenggorokan serak saat dimakan karena produsennya tidak menggunakan boraks dalam adonan.

Hormati PPKM Darurat, JSIT Indonesia Tunda Munas V

Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia menunda pelaksanaan kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) V di Kota Solo pada Desember 2021.

Kodim Boyolali Salurkan Paket Obat untuk Pasien Covid-19 Isoman

Paket obat Covid-19 dari pemerintah diterima Kodim 0724/Boyolali pada pekan lalu dan sudah didistribusikan kepada masyarakat sasaran.

Gerakan Boyolali Minggu Di Rumah Saja Dilanjut 25 Juli dan 1 Agustus

Gerakan Boyolali Minggu di rumah saja dilanjut dua kali lagi yakni Minggu (25/7/2021) dan Minggu (1/8/2021) untuk menekan mobilitas warga

Wakil Rakyat Karanganyar Ini Pakai Mobil Dinasnya Untuk Bantu Warga Cari Oksigen

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Karanganyar ini merelakan mobil dinasnya dipakai wara-wiri membantu warga yang butuh oksigen.

PKL Di Solo Nekat Bikin Video Hoaks Soal Denda Rp600.000, Ini Alasannya

Seorang PKL asal Jepara yang berjualan di Solo nekat membuat video hoaks berisi pengakuan ia didenda Rp600.000 oleh Satpol PP.

Pemkot Solo Sumbang 7 Ekor Sapi Kurban Pakai APBD, Dibagikan Ke Mana Saja?

Pemkot Solo menghibahkan tujuh ekor sapi kurban yang dibeli menggunakan dana dari APBD lalu dibagikan ke sejumlah masjid di lima kecamatan.

Ingatkan Prokes Saat Penyembelihan Hewan Kurban, Bupati Klaten: Jangan Sampai Ada Klaster Baru!

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengingatkan warga yang melakukan penyembelihan hewan kurban untuk menerapkan protokol kesehatan.

Bawa Susu Dan Obat Herbal, Bupati Karanganyar Keliling Tilik Warga Isoman

Bupati Karanganyar Juliyatmono berkeliling tilik warga yang tengah menjalani isoman di rumah sambil membagikan susu dan obat herbal.