SOLOPOS.COM - ROKET AIR -- Salah satu roket air yang dibuat para pelajar SMP meluncur di Alun-alun Sasana Langen Putra, Sragen, Senin (18/7). (JIBI/SOLOPOS/Tri Rahayu)

Sragen (Solopos.com) – Puluhan siswa dari lima sekolah menengah pertama (SMP) di Sragen unjuk kebolehan uji coba teknologi roket air di Alun-alun Sasana Langen Putra Sragen, Senin (18/7/2011). Uji teknologi itu disiapkan untuk mengikuti lomba teknologi se-Soloraya di UNS pada Selasa (26/7/2011) mendatang.

ROKET AIR -- Salah satu roket air yang dibuat para pelajar SMP meluncur di Alun-alun Sasana Langen Putra, Sragen, Senin (18/7). (JIBI/SOLOPOS/Tri Rahayu)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kelima sekolah itu meliputi SMPN 1 Sragen, SMPN 2 Sragen, SMPN 3 Sragen, SMPN 5 Sragen dan SMPN 6 Sragen. Puluhan siswa itu terbagi menjadi delapan kelompok, yakni enam kelompok dari tiga sekolah dan dua kelompok dari dua sekolah. Mereka membuat roket air itu dari bahan daur ulang, yakni botol kemasan air mineral berkapasitas 1,5 liter dua buah dan alat khusus yang dibuat tim pendamping dari Forum Teknologi Solo.

“Mereka membuat rakitan roket air itu dalam waktu satu jam. Untuk keseimbangan mereka memasang bahan plastik di bagian pantat roket. Dengan dibantu tenaga udara melalui pompa angin, roket tersebut mampu meluncur ke udara dengan ketinggian tertentu,” ujar Kabid Pendidikan Non Formal, Olahraga dan Seni Pelajar Dinas Pendidikan (Disdik) Sragen, Mukhtar Ahmadi. Dia menjelaskan para siswa inilah yang bakal mewakili Sragen dalam kompetisi teknologi di UNS. Dengan latihan rutin dan terukur, harapnya, para siswa bisa membawa nama Sragen sebagai peraih prestasi
terbaik.

trh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya