SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Purbalingga–Sebanyak 45 siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Grecol, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, keracunan susu, Kamis (8/4).

Hingga berita ini diturunkan, sebanyak 12 siswa masih menjalani perawatan di Puskesmas Kalimanah sedangkan siswa lainnya hanya menjalani rawat jalan.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Informasi yang dihimpun menyebutkan, susu kemasan dalam plastik tersebut dikonsumsi siswa yang umumnya kelas dua dan tiga pada jam istirahat.

Mereka membeli susu tersebut dari seorang pedagang di depan sekolah, IT (27) yang berasal dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas.

Ekspedisi Mudik 2024

Akan tetapi setelah minum susu tersebut, para siswa merasa mual dan muntah. Mereka kemudian dibawa ke Puskesmas Kalimanah untuk mendapatkan perawatan.

Para orang tua siswa yang anaknya keracunan mendatangi puskesmas tersebut dengan membawa kelapa muda untuk menetralkan racun.

Seorang siswa kelas tiga yang dirawat di puskesmas, Rina (8) mengatakan, susu tersebut dibeli dengan harga Rp 1.000 per bungkus.

“Setelah minum, perut saya terasa mual hingga akhirnya muntah,” katanya.

Terkait hal itu, Kepala Puskesmas Kalimanah Istomo Puji mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan penyebab keracunan tersebut.

“Kami belum bisa memastikan apakah karena bakteri atau sebab lain. Namun sampel susu sudah kami ambil untuk diperiksa di laboratorium,” katanya.

Sementara itu, Kepolisian Sektor Kalimanah mengamankan pedagang susu tersebut, IT, untuk dimintai keterangan.

Dari keterangan yang diberikan IT, susu tersebut diperoleh dari peternakan sapi perah di kawasan Baturaden, Kabupaten Banyumas.

Menurut IT, susu murni tersebut selanjutnya diberi warna dan aroma rasa buah.

Kendati demikian, proses pendinginannya hanya menggunakan es batu yang diletakkan di dalam termos pendingin.

ant/fid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya