SOLOPOS.COM - Sebanyak 73 siswa SMP dan SMK di bawah binaan Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim belajar mengenai dunia jurnalistik dengan berkunjung ke Griya Harian Jogja, Jogja, Selasa (28/11/2017). (Zakaria Saputra/JIBI/Harian Jogja)

Sebanyak 73 siswa SMP dan SMK di bawah binaan Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim belajar mengenai dunia jurnalistik dengan berkunjung ke Griya Harian Jogja

 
Harianjogja.com, JOGJA-Sebanyak 73 siswa SMP dan SMK di bawah binaan Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim belajar mengenai dunia jurnalistik dengan berkunjung ke Griya Harian Jogja, Jogja, Selasa (28/11/2017).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kegiatan ini diikuti enam sekolah dari DIY dan Pacitan. Wakasek Kesiswaan SMPN 2 Gedangsari Sunartini mengatakan, kegiatan belajar mengenai jurnalistik ini merupakan tindak lanjut dari Astra Camp yang diikuti beberapa siswanya.

Siswa-siswa yang mengikuti dan ditambah pengurus OSIS kemudian diberikan workshop jurnalistik dan diajak berkunjung ke Kantor Harian Jogja.

Kegiatan ini diikuti enam sekolah yang berasal dari Gunungkidul, Bantul, dan Pacitan.”Kami berharap anak semakin suka membaca dan menulis. Siapa tahu dari mereka ada yang ingin menjadi jurnalis atau bekerja di media massa,” ujar dia kepada Harianjogja.com di Griya Harian Jogja, Selasa (28/11/2017).

Guru Bahasa Indonesia SMPN 2 Gedangsari CH Elly Nuryanti mengatakan, kesempatan ini merupakan kali pertama untuk mengunjungi kantor berita. Namun, untuk tulis-menulis, dalam pelajaran Bahasa Indonesia terdapat materi menulis berita.

“Kami memiliki kegiatan kelas membaca. Anak-anak juga menulis dan diwujudkan dalam bentuk majalah dinding,” ungkap dia.

Salah satu siswa peserta kunjungan Riski Widiyastuti, Kelas 11 A Jurusan Akuntansi SMKN 2 Gedangsari mengaku senang bisa mengikuti kunjungan ke media massa. Hal ini menjadi pengalaman baru bagi dirinya sehingga ia bisa mengetahui seluk-beluk perusahaan media massa dan bagaimana cara menulis berita.

“Saya sebelumnya belum pernah ke kantor media massa. Saya jadi tahu bagaimana cara menulis berita dan nanti akan saya praktekkan,” ujar dia.

Staf Corporate Communication Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim mengatakan, kunjungan ini merupakan bertujuan untuk menanamkan mengenai budaya literasi. “Mereka diharapkan memahami proses sebuah berita diproduksi dan nantinya mereka bisa menulis jika ada kegiatan yang berlangsung di sekolah mereka,” jelas dia.

Ia mengungkapkan, Harian Jogja dipilih karena dinilai sebagai salah satu media yang besar di DIY. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan semakin mempererat jalinan kerja sama antara Harian Jogja dan Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya