Puluhan Rumah di Kudus Terendam Akibat Tanggul Sungai Piji Jebol
Banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Piji, Kudus, Sabtu (9/1/2021). (Istimewa)

Solopos.com, KUDUS -- Akibat jebolnya tanggul Sungai Piji turut Desa Tenggeles Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah jebol, puluhan rumah warga terendam banjir.

"Telah terjadi tanggul Sungai Piji jebol pada Sabtu (9/1) pukul 18.30 WIB," kata Kepala BPBD Kudus Budi Waluyo dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/1/2021) malam.

Budi mengatakan, hujan deras di hulu sungai dari siang hari hingga sore ini. Akibatnya kata dia, Sungai Piji tidak mampu menampung debit air yang terlalu besar.

Alhamdulillah... JLK Wonogiri Bisa Dilewati Lagi Setelah 3 Hari Evakuasi Longsor

"Tanggul Sungai Piji rapuh akibat terkikis air hingga akhirnya jebol," ujar dia seperti dilansir dari Detik.com.

Budi mengatakan ada puluhan rumah warga di Dukuh Tenggeles, Desa Tenggeles RT 02, RW 02, Kudus terendam banjir. Ketinggian air di pemukiman rumah warga kurang lebih 30 sentimeter.

"Air dari Sungai Piji ke permukiman warga, ketinggian air di dalan permukiman kurang lebih 30 sentimeter. Air menggenang di sekitar 70 rumah warga," ujar Budi.

Ngeri! Sumur Warga Geyer Diduga Ditaburi Racun Serangga

Perbaikan Tanggul Jebol

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Saat ini petugas BPBD Kudus melakukan assessment dampak dan kebutuhan akibat jebolnya tanggu Sungai Piji. "Monitoring lokasi kejadian dan nantinya upaya pengerjaan penutupan tanggul jebol oleh dinas terkait,"pungkasnya.

Selain tanggul Sungai Piji Jebol, sebelumnya pada Jumat 1 Januari 2021 ada tanggul Sungai Gelis di Kudus yang jebol. Akibat kejadian itu Dusun Goleng, Desa Pasuruan Lor, Kecamatan Jati, Kudus kebanjiran dan terisolasi.

Tanggul Sungai Gelis jebol sepanjang sekitar 25 meter. Jalan akses warga Dusun Goleng terputus karena tergenang air. Terlihat juga petugas BPBD Kudus melakukan evakuasi warga yang rumahnya terendam dengan menggunakan perahu.

Sriwijaya Air Hilang 4 Menit Setelah Lepas Landas, Bupati Kepulauan Seribu Sebut Ada Pesawat meledak

Penembakan Mobil Bos Duniatex di Solo: Tersangka LJ Berdalih Membela Diri Gegara Ini

1 Dusun di Kudus Terisolasi Karena Tanggul Sungai Gelis Jebol

Sumber: Detik.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom