Puluhan Ribu Hektare Lahan BUMN Tambang Tumpang Tindih, Kok Bisa?

Puluhan ribu lahan tambang milik perusahaan pelat merah tercatat mengalami tumpang tindih. Lahan tersebut terjadi di wilayah izin usaha pertambangan.

 Ilustrasi pertambangan minyak (Reuters-Ernest Scheyde)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pertambangan minyak (Reuters-Ernest Scheyde)

Solopos.com, JAKARTA — Puluhan ribu lahan tambang milik perusahaan pelat merah tercatat mengalami tumpang tindih. Lahan tersebut terjadi di wilayah izin usaha pertambangan PT Antam Tbk., PT Bukit Asam Tbk., dan PT Timah Tbk.

Direktur Utama Antam Dana Amin mengatakan pihaknya memiliki 1 izin usaha pertambangan dengan luas 16.000 hektare (ha) di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Lahan tersebut ternyata tumpang tindih dengan hampir 12 IUP.

Namun, sejak 2010 Antam telah melakukan proses hukum sampai dengan 24 Oktober 2019, Mahkamah Agung memutuskan bahwa Antam merupakan pemilik sah atas 16 IUP tersebut.

“Saat ini yang terjadi di lapangan telah terjadi bukaan di mana area yang alami sengketa dan di tambang menurut antam ilegal itu seluas 500 ha,” katanya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR, Senin (27/9/2021) seperti dilansir Bisnis.

Baca Juga: UBS Turun! Cek Harga Emas Pegadaian, Selasa 28 September 2021

Sementara itu, Direktur Utama Bukit Asam mengatakan pihaknya mengalami overlapping izin pinjam pakai kawasan hutan (IPPKH) dan pengusahaan. Menurutnya lahan tersebut merupakan IUP eksplorasi yang diperoleh emiten berkode saham PTBA itu sejak 1979 dan keluar sebagai IUP operasi produksi pada 2009.

Di sisi lain, overlapping terjadi dengan PT Musi Hutan Persada yang telah memiliki hak izin pengusahaan hutan berdasarkan SK Menteri Kehutanan No38/Ktps-II/1996. Untuk menyelesaikan hal tersebut, PTBA tengah bernegosiasi dengan Musi Hutan Persada untuk penggantian investasi yang telah dikeluar.

“Namun, ini agak seret soal pandangan perhitungan.Kami minta ke KLHK untuk menengahi dan melakukan kalkulasi nilai ganti investasi itu. Lahan itu rencnanya untuk penambangan PLTU Sumsel 8, juga untuk support proyek hilirisasi misalnya program DME,” jelasnya.

Baca Juga: Penyelenggara Event Soloraya Tunggu Izin Pernikahan dan Konser

Direktur Utama Timah Muhammad Riza Pahlevi mengatakan pihaknya juga mengalami permasalahan tumpang tindih WIUP. Dari total 288.716 ha WIUP darat yang dimiliki PT Timah, seluas 83.102 ha mengalami tumpang tindih dengan kawasan hutan produksi dan 18.928 ha mengalami tumpang tindih dengan perkebunan sawit.

Lebih lanjut, untuk WIUP laut seluas 184.672 ha, terdapat 40.499 ha yang mengalami tumpang tindih dengan rencana zonasi wilayah pesisi dan pulau-pulau kecil (RZWP3K), dan 2.643 ha tumpang tindih dengan kabel bawah laut, dan 180 ha tumpang tindih dengan alur pelayaran.

Darat ada tumpang tindih hutan produksi 8 ribu hketar. Dua lokasi ini bisa ditambang tapi saat ini izin IPPKH untuk daerah kabupaten bangka barat, selatan. Untuk sawit, kami sudah komunikasi dengan pemiilik kebun. Kemungkinan awal tahun depan kami sudah mulai nambang disana.

“Saat ini kami sedang ajukan IPPKH yg hutan produksi, dan utk kebun sawit kita udah koordinasi dan resposn positif. Mudaha2an akhir tahun ini kami sudah mulai tambang di sana. Untuk area penambangan laut, ada tumpang tindih seluas 40.000 ha dengan zonasi di Belitung Timur, tapi kami masih diizinkan sampai akhir masa IUP,” jelasnya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Tegas! Jokowi Beri Waktu 2 Tahun Bagi BUMN untuk Berubah

Selain membangun nilai, Presiden Jokowi juga meminta agar para direksi BUMN memiliki kepercayaan diri dalam berusaha.

Airlangga Tegaskan Komitmen Pemerintah Dorong Ekspor Lewat Kebijakan

Surplus perdagangan yang terus terjaga terutama disebabkan karena kinerja komoditas ekspor andalan Indonesia yang terus meningkat.

Hotel di Mandalika Full Booked di Tanggal Event Superbike dan MotoGP

Harga hotel di sekitar Sirkuit Mandalika pun naik dua kali lipat untuk pemesanan di tanggal perhelatan Superbike dan MotoGP.

OJK Terima 19.711 Aduan Soal Pinjol Ilegal, Ada Teror hingga Pelecehan

Sebanyak 52,97 persen (10.411 aduan) di antaranya masuk dalam kategori pelanggaran ringan/sedang, sementara 47,03 persen (9.270) aduan lainnya pelanggaran berat.

3.516 Aplikasi Telah Diblokir, Ini Cara Mengecek Legalitas Pinjol

OJK telah memiliki nota kesepahaman dengan Kepolisian, Kemkominfo, Kementerian Koperasi dan UKM, serta Bank Indonesia untuk berkolaborasi dalam pemberantasan pinjol ilegal.

Ada Klub Sepak Bola Liga 1 Papan Atas Mau IPO Hlo, Siapa Ya?

PT Satu Global Investama (SGI) tengah merampungkan persiapan calon emiten baru, salah satu klub sepak bola liga 1 ternama di Indonesia untuk dapat melantai di bursa saham.

Lovetober, Cara Hemat Nikmati Ayam Panggang Khas Solo

Ayam panggang khas Solo I Am In Love memberikan promo khusus selama Oktober melalui Lovetober untuk para penggemar ayam panggang.

Simas Covid-19 dan Gamipro, Inovasi Terbaru Asuransi Sinar Mas

PT Asuransi Sinar Mas meluncurkan Simas Covid-19, asuransi yang menyediakan perlindungan khusus biaya perawatan Covid-19.

Produksi Padi Tahun Ini Naik Tipis, 3 Provinsi Paling Potensial

Produksi padi tertinggi pada 2021 terjadi pada Maret, yaitu sebesar 9,67 juta ton GKG, sedangkan produksi terendah terjadi pada bulan Januari, yaitu sebesar 2,08 juta ton GKG.

Utang Tersembunyi Indonesia dari China Rp488 T? Ini Tanggapan Kemenkeu

Lembaga riset Amerika Serikat (AS) AidData mengungkap Indonesia menumpuk utang dari China hingga total senilai USD34,38 miliar, atau setara Rp488,9 triliun.

Wow, Neraca Perdagangan RI Surplus 17 Bulan Beruntun!

Komoditas nonmigas penyumbang surplus terbesar adalah bahan bakar mineral, lemak dan minyak hewan nabati, serta besi dan baja.

Presiden Apresiasi Transformasi BUMN, Begini Respons Erick Thohir

Transformasi yang dijalankan Kementerian BUMN agar perusahaan-perusahaan BUMN makin profesional, transparan, dan akuntabel mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo.

Milenial dan Gen Z Paling Banyak Memanfaatkan Subsidi Rumah

Milenial menjadi kelompok yang paling banyak memanfaatkan subsidi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Beroperasi Agustus 2022, LRT Jabodebek Melaju Tanpa Masinis

Sebelum beroperasi, LRT Jabodebek kereta tanpa masinis terlebih dahulu harus menjalani pengujian di lapangan.

Listrik PLN Dongkrak Produktivitas Kebun Melon Hidroponik Petani Blora

Peresmian penyambungan listrik daya 5.500 VA yang mensuplai kebutuhan listrik kebun melon dengan sistem hidroponik tersebut diselenggarakan Rabu (13/10/2021).

Aplikasi PLN Mobile Punya Banyak Fitur Baru, Bisa Beli Token Rp5.000

Kali ini PLN menghadirkan Major Launch atau Grand Launching PLN Mobile, dengan sejumlah fitur canggih baru untuk kemudahan layanan bagi pelanggan.