SOLOPOS.COM - Ilustrasi pencopotan alat peraga kampanye (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, KULONPROGO-Puluhan personel Kodim 0731 Kulonprogo mencabut ratusan paku yang tertancap di pepohonan di kawasan Alun-alun Wates dan jalan-jalan utama, Jumat (7/11/2014).

Kegiatan ini dilakukan serentak oleh personel yang berada di bawah jajaran Kodam IV Diponegoro untuk membersihkan lingkungan dan mewujudkan pohon yang sehat di lingkungan sekitar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pasiter Kodim 0731 Kulonprogo Kapten CPL Wasito menuturkan pencabutan paku dilakukan sesuai dengan perintah Danrem 072 Pamungkas. Tujuannya, dalam rangka menjaga kesehatan pohon, mengingat pohon adalah makhluk hidup.

“Bisa dibayangkan bagaiaman kalau makhluk hidup tertancap paku, oleh karena itu kami membersihkannya,” ujarnya.

Diakuinya, kegiatan pencabutan paku baru pertama kali dilakukan jajaran Kodim 0731 Kulonprogo dan diperkirakan jumlah paku yang tertancap di pepohonan di atas 500-an buah.

Satu pohon, kata Wasito, rata-rata lebih dari lima paku. Pencabutan paku dilakukan dengan menggunakan batang besi, tang, dan batu, tergantung dari jenis dan bentuk paku yang tertancap.

Terpisah, Kepala Satpol PP Kulonprogo Duana Heru mengungkapkan paku yang tertancap di pohon biasanya digunakan untuk menempelkan reklame yang tidak berizin. Dikatakannya, penertiban rutin dilakukan DPPKA, baik secara mandiri maupun bekerjasama dengan Satpol PP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya