SOLOPOS.COM - Pegawai PT KAI Daop 6 Yogyakarta menjalani tes urine deteksi narkoba di di kantor Unit Pelaksana Teknis Kru KA dan Kantor Daop 6 Yogyakarta, Kamis (27/1/2022). (Istimewa/PT KAI Daop 6 Yogyakarta)

Solopos.com, SOLO — Puluhan pegawai PT KAI Daop 6 Yogyakarta menjalani pemeriksaan urine untuk deteksi penyalahgunaan narkoba di lingkungan kerja, Kamis (27/1/2022). Para pegawai yang terdiri atas masinis hingga jajaran top management menjadi tes acak secara acak di kantor Unit Pelaksana Teknis Kru KA dan Kantor Daop 6 Yogyakarta.

Tes yang digelar bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi DIY itu total diikuti 52 pekerja. Mereka di antaranya masinis, asisten masinis, kondektur, Polsuska, teknisi kereta api dan pekerja di jajaran top management Daop 6.

Promosi Siap Mengakselerasi Talenta Muda, Pegadaian Lantik Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Baca Juga: 12.000 Penumpang Terangkut per Hari, PT KAI Daop 6 Siapkan KA Tambahan

“Tes secara acak ini untuk memastikan bahwa jajaran KAI Daop 6 bebas narkoba dan selalu siap melayani penumpang dengan baik,” kata Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto, melalui rilis yang diterima Solopos.com, Kamis malam.

Pemeriksaan deteksi narkoba itu dilakukan dengan mengambil sampel urine pekerja PT KAI Daop 6 untuk kemudian diperiksa oleh Tim BNNP DIY. Hasilnya, dari 52 sample urine yang diperiksa, semua dinyatakan negatif zat adiktif.

Baca Juga: PT KAI Buka Layanan Tes PCR Anak Dibawah 12 Tahun saat Nataru

Kesehatan para kru selalu menjadi hal utama bagi PT KAI. Bahkan sebelum dinas, kru KA akan diperiksa kesehatannya serta menjalani assesment sehingga risiko gangguan kesehatan bisa dihindari. Selanjutnya, Supriyanto menyampaikan tes acak deteksi narkoba akan terus dilaksanakan untuk menjamin kehandalan SDM PT KAI Daop 6.

“KAI Daop 6 selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan KAI dengan menyiapkan dan mendinaskan SDM yang andal. Semuanya harus dalam kondisi fit dan prima,” tambah Supriyanto.

Baca Juga: PT KAI Tambah Daya Listrik 5 MW, Rute KRL Jogja-Solo Bakal Sampai Palur?

Selebihnya, KAI tetap berkomitmen untuk melaksanakan aturan yang diterapkan pemerintah. Aturan yang dimaksud di antaranya melaksanakan protokol kesehatan secara ketat untuk pencegahan covid-19. “Harapannya untuk mendukung perjalanan KA yang aman dan sehat,” tegas Supriyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya