Puluhan Pegawai KAI Daop 6 Yogyakarta Jalani Tes Deteksi Narkoba

Puluhan pegawai PT KAI Daop 6 Yogyakarta dari jajaran masinis hingga top management menjalani tes urine deteksi narkoba.

 Pegawai PT KAI Daop 6 Yogyakarta menjalani tes urine deteksi narkoba di di kantor Unit Pelaksana Teknis Kru KA dan Kantor Daop 6 Yogyakarta, Kamis (27/1/2022). (Istimewa/PT KAI Daop 6 Yogyakarta)

SOLOPOS.COM - Pegawai PT KAI Daop 6 Yogyakarta menjalani tes urine deteksi narkoba di di kantor Unit Pelaksana Teknis Kru KA dan Kantor Daop 6 Yogyakarta, Kamis (27/1/2022). (Istimewa/PT KAI Daop 6 Yogyakarta)

Solopos.com, SOLO — Puluhan pegawai PT KAI Daop 6 Yogyakarta menjalani pemeriksaan urine untuk deteksi penyalahgunaan narkoba di lingkungan kerja, Kamis (27/1/2022). Para pegawai yang terdiri atas masinis hingga jajaran top management menjadi tes acak secara acak di kantor Unit Pelaksana Teknis Kru KA dan Kantor Daop 6 Yogyakarta.

Tes yang digelar bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi DIY itu total diikuti 52 pekerja. Mereka di antaranya masinis, asisten masinis, kondektur, Polsuska, teknisi kereta api dan pekerja di jajaran top management Daop 6.

PromosiPemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

Baca Juga: 12.000 Penumpang Terangkut per Hari, PT KAI Daop 6 Siapkan KA Tambahan

“Tes secara acak ini untuk memastikan bahwa jajaran KAI Daop 6 bebas narkoba dan selalu siap melayani penumpang dengan baik,” kata Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto, melalui rilis yang diterima Solopos.com, Kamis malam.

Pemeriksaan deteksi narkoba itu dilakukan dengan mengambil sampel urine pekerja PT KAI Daop 6 untuk kemudian diperiksa oleh Tim BNNP DIY. Hasilnya, dari 52 sample urine yang diperiksa, semua dinyatakan negatif zat adiktif.

Baca Juga: PT KAI Buka Layanan Tes PCR Anak Dibawah 12 Tahun saat Nataru

Kesehatan para kru selalu menjadi hal utama bagi PT KAI. Bahkan sebelum dinas, kru KA akan diperiksa kesehatannya serta menjalani assesment sehingga risiko gangguan kesehatan bisa dihindari. Selanjutnya, Supriyanto menyampaikan tes acak deteksi narkoba akan terus dilaksanakan untuk menjamin kehandalan SDM PT KAI Daop 6.

“KAI Daop 6 selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan KAI dengan menyiapkan dan mendinaskan SDM yang andal. Semuanya harus dalam kondisi fit dan prima,” tambah Supriyanto.

Baca Juga: PT KAI Tambah Daya Listrik 5 MW, Rute KRL Jogja-Solo Bakal Sampai Palur?

Selebihnya, KAI tetap berkomitmen untuk melaksanakan aturan yang diterapkan pemerintah. Aturan yang dimaksud di antaranya melaksanakan protokol kesehatan secara ketat untuk pencegahan covid-19. “Harapannya untuk mendukung perjalanan KA yang aman dan sehat,” tegas Supriyanto.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

2 Jembatan di Weru Sukoharjo Diresmikan, Warga Gak Perlu Lagi Memutar

Kedua jembatan tersebut merupakan akses penghubung antarpedukuhan di Desa Krajan, Kecamatan Weru.

Terbanyak di Jawa Tengah, Segini Jumlah Masjid di Klaten

Kabupaten Klaten tercatat memiliki jumlah masjid paling banyak di Jawa Tengah, berapa sih?

Fantastis! Kambing Milik Peternak di Kartasura Ini Seharga 2 Ekor Sapi

Kambing boer disebut juga kambing pedaging sesungguhnya, pada umur lima hingga enam bulan, kambing ini dapat mencapai berat 35 kg– 45 kg.

Kisah Mete dan Asa Turunkan Tingkat Kemiskinan di Wonogiri

Cahaya matahari masuk melalui sela-sela dinding gedhek rumah Tari di Desa Tanggulangin, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (14/5/2022).

Jl Menteri Supeno Manahan Solo Harus Bersih, Nasib PKL Gerobak Gimana?

Para PKL yang berjualan menggunakan gerobak di depan pintu utara Stadion Manahan, Jl Menteri Supeno, Solo, mempertanyakan nasib mereka setelah penataan selter selesai.

Ini Lokasi Syuting Film Srimulat di Solo, Ada 3 Titik!

Lokasi syuting film Srimulat: Hil dan Mustahal ternyata dilakukan di Solo dan Sukoharjo. Kira-kira di mana saja ya pengambilan gambarnya?

KKN di Rumah Kosong Klaten Tak Kalah Seram dengan KKN di Desa Penari

Selain KKN Desa Penari, cerita tentang KKN di Rumah Kosong Klaten yang viral di tahun 2022 dinilai tidak kalah seram.

Profil Lulu Group, Peritel Raksasa Asia Yang Segera Ekspansi Ke Solo

Peritel raksasa Asia dan Timur Tengah, Lulu Group International, yang segera membuka gerai di Kota Solo, telah memiliki 200 lebih cabang di 22 negara.

Apakah Onggo-Inggi yang Muncul di Jembatan Jurug Solo Masih Ada?

Mitosnya masih terkenal hingga sekarang, apakah sosok Onggo-Inggi yang muncul di Jembatan Jurug dan Sungai Bengawan Solo masih ada?

Letusan Gunung Lawu Sampai Wonogiri, Belah Aliran Bengawan Solo Purba

Dampak vulkanik letusan Gunung Lawu purba diduga sampai ke Kawasan Baturetno, Wonogiri yang mengakibatkan terbelahnya aliran Sungai Bengawan Solo yang melintasi daerah tersebut pada masa itu.

Inspektorat Temukan Indikasi Penyimpangan Anggaran di BUMDes Berjo

Inspektorat Karanganyar menemukan indikasi adanya penyimpangan penggunaan anggaran di BUMDes Berjo, Ngargoyoso. Ada penggunaan anggaran yang tak sesuai perencanaan.

Banyak Pilihan, Inilah Daftar SMK Swasta di Kabupaten Sukoharjo

Inilah daftar sekolah menengah kejuruan atau SMK swasta di Kabupaten Boyolali.

Dugaan Kasus Korupsi, Inspektorat Terjunkan 5 Auditor ke BUMDes Berjo

Inspektorat Karanganyar mengerahkan tim auditor untuk mengaudit penggunaan anggaran BUMDes Berjo, Kecamatan Ngargoyoso.

Desa Baturan Colomadu Karanganyar Siap-siap Pilkades PAW, Ini Calonnya

Sebanyak tujuh warga mendaftar sebagai bakal calon kades pada Pilkades PAW Desa Baturan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Kambing di Pasar Plembon Klaten Dinyatakan Bebas PMK, Segini Harganya

Sejumlah pedagang kambing di Pasar Plembon, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menyebut harga seekor kambing mencapai Rp2 jutaan menjelang Iduladha.

Pemkot Solo Targetkan Nol Kasus Stunting pada 2024, Begini Caranya

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo di Jawa Tengah menargetkan nol kasus stunting pada 2024.