SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta [SPFM], Puluhan meteor akan menghiasi angkasa dinihari nanti.  Peneliti astrofisika-astronomi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaludin dalam perbincangan Kamis (17/11) mengatakan, sekitar pukul 02.00 WIB dinihari nanti hujan meteor Leonids akan menyapa penduduk bumi. Namun pada tahun ini, tidak banyak meteor yang dihasilkan, hanya sekitar 20 meteor per jam. Menurut Djamaluddin, hujan meteor ini bisa dilihat di langit utara, di rasi bintang Leo. Diungkapkan Thomas, ini merupakan fenomena tahunan, meski belakangan kuantitas meteornya menurun. Bervariasinya jumlah meteor ini disebabkan ketebalan debu yang tidak seragam.

Meteor ini merupakan serpihan dari komet Tempel–Tuttle yang melintas secara periodik. Thomas menjelaskan, saat ini merupakan pasca purnama, dengan kemungkinan ada sedikit gangguan cahaya. Sedangkan untuk bisa melihat hujan meteor ini harus terbebas dari polusi cahaya serta medan pandang ke arah utara tidak terhalang. [dtc/dev]

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya