Puluhan Kebakaran Terjadi di Wonogiri Tahun Ini, Mayoritas Penyebabnya Karena Ini

Puluhan kebakaran terjadi di Kabupaten Wonogiri dalam kurun waktu Januari hingga September 2021. Human eror mendominasi penyebab kebakaran di kabupaten itu.

 Ilustrasi petugas pemadam kebakaran. (Reuters)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi petugas pemadam kebakaran. (Reuters)

Solopos.com,WONOGIRI – Puluhan kebakaran terjadi di Kabupaten Wonogiri dalam kurun waktu Januari hingga September 2021. Human eror mendominasi penyebab kebakaran di kabupaten itu.

“Sejak awal tahun hingga Senin kemarin [20 September 2021], sudah ada 22 kejadian kebakaran di Wonogiri,” kata Kepala UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Wonogiri, Joko Santosa, saat dihubungi, Selasa (21/9/2021).

Kali terakhir kebakaran di Kabupaten Wonogiri terjadi di Kecamatan Selogiri, Senin (6/9/2021). Adapun lokasi kebakaran beragam, mulai dari ruko, gudang, kandang ternak hingga rumah warga.

Baca juga: Waduh… 40% Peserta Tes SKD Wonogiri di LPPKS Karanganyar Tak Penuhi Passing Grade

Sementara itu, penyebab kebakaran di Wonogiri karena sejumlah hal. Di antaranya karena korsleting arus listrik dan human eror. Biasanya orang meninggalkan api yang sudah menyala di sekitarnya, tidak ditunggu hingga api padam.

“Biasanya api yang belum padam saat ditinggal bisa menyambar benda-benda di sekitarnya yang mudah terbakar. Sehingga terjadilah kebakaran,” ungkap dia.

Joko mencatat, 15 kejadian kebakaran di Wonogiri sebagian besar dikarenakan human eror. Damkar pernah mendapatkan laporan kebakaran yang berawal dari putung rokok, kemudian membakar sebuah kasur. Beruntung api itu tidak membesar dan segera bisa dipadamkan.

“Harus hati-hati. Kalau membakar resak [sampah daun] jangan ditinggal sebelum dipastikan apinya benar-benar padam,” ungkap dia.

Sementara itu, kata Joko, tujuh kejadian kebakaran lainnya karena korsleting arus listrik. Korsleting listrik bisa terjadi karena instalasi listrik sudah lama. Misalnya, instalasi listrik sudah digunakan lebih dari 10 tahun.

Baca Juga: Jadwal Pemadaman Listrik Wonogiri dan Klaten Hari Ini, Selasa (21/9/2021)

Pengecekan instalasi listrik, lanjut Joko, harus rutin dilakukan. Jika sudah lama, instalasi listrik bisa diganti dengan bahan yang memiliki kualitas. Sehingga potensi korsleting listrik bisa diminimalkan.

“Korsleting listrik juga bisa terjadi karena steker yang ditumpuk-tumpuk. Kasus semacam ini sudah pernah terjadi di Wonogiri. Maka kebiasaan ini juga harus dihindari,” kata Joko.


Berita Terkait

Berita Terkini

Ternyata Waldjinah Tak Suka dan Enggan Menyanyikan Lagu Ini

Seumur hidup Waldjinah hanya sekali menyanyikan lagu berbahasa asing.

Akan Berusia 76 Tahun, Ini Keinginan Terpendam Ratu Keroncong Solo

Waldjinah akan genap berusia 76 tahun pada 7 November 2021 mendatang. Oleh anaknya Waldjinah tak boleh lagi bernyanyi untuk komersial.

Wow! 2 Arca Ditemukan di Candi Sirih Sukoharjo

Tim peneliti Balai Arkeologi Yogyakarta menemukan arca wisnu dan arca agastya saat proses eksvakasi lanjutan di situs bersejarah Candi Sirih Sukoharjo.

Pamsimas Gagal, Warga Tiga Desa di Sragen Alami Krisis Air Bersih

Tiga Desa di tiga Kecamatan di Sragen alami krisis air bersih karena kekeringan. Mereka mengandalkan bantuan air bersih dari Pemkab Sragen untuk mencukupi kebutuhan air bersih.

Rektor ISI Surakarta Mewisuda 278 Mahasiswa pada Gelombang II 2021

Rektor ISI Surakarta, I Nyoman Sukerna, mewisuda 278 orang mahasiswa lulusan program sarjana, magister, dan doktor pada Jumat (15/10/2021).

Minibus Angkut 8 Penumpang Asal Demak Ngglondor di Matesih

Tak kuat menanjak di jalur menuju Candi Sukuh, minibus yang mengangkut rombongan dari Demak ngglondor dan terguling.

Kisah Beras Delanggu yang Kini Tinggal Nama

Beras Delanggu kini tinggal nama brand. Tidak ada petani di Delanggu, Klaten, yang menanam beras raja lele yang dikenal pulen dan enak.

Sayangkan Komentar Rudy Soal Celeng, Dencis: Seharusnya Menyejukkan

Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng), Denny Nurcahyanto, menilai pernyataan Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, memperkerus suasana.

Kata Dencis Soal Sanksi Kader yang Dukung Ganjar Pranowo

Wakil Ketua DPD PDIP Jateng, Denny Nurcahyanto, menyebut pihaknya tak berhak memberikan sanksi bagi kader yang melanggar instruksi partai.

Rem Blong, Mobil 5 Penumpang Nyungsep ke Parit di Tawangmangu

Mobil Honda Mobilio hilang kendali dan nyungsep di parit setelah diduga mengalami rem blong di Tawangmangu. Beruntung, tidak ada korban jiwa.

Dilantik, Asproksi Jateng Komitmen Pasarkan Produk Kesehatan Lokal

Pengurus Asosiasi Produk Kesehatan Indonesia Standar Internasional (Asproksi) Jateng dilantik. Mereka berkomitmen untuk mendukung pemasaran produk kesehatan lokal.

Hari Pangan Sedunia, Perpadi Bagikan Beras Gratis ke Warga Delanggu

DPC Perpadi Klaten membagikan 800 paket beras secara gratis kepada warga terdampak pandemi Covid-19 di Kecamatan Delanggu, Sabtu (16/10/2021) sebagai rangkaian memperingati Hari Pangan Sedunia.

3 Desa di Sukoharjo Gelar Pilkades Antarwaktu, Ini Tahapannya

Ketiga desa yang melaksanakan pilkades antarwaktu yakni Desa Gedangan di Kecamatan Grogol, Desa Trosemi di Gatak, dan Desa Puhgogor di Bendosari.

Geger, Pengunjung Meninggal Saat Belanja di Pasar Jungke Karanganyar

Seorang warga Tasikmadu, Karanganyar, meninggal mendadak saat berbelanja di Pasar Jungke. Korban sempat terjatuh sebelum meninggal dunia.

Sabar Dulu, Pengumuman Hasil Ujian SKD CPNS Sukoharjo Tunggu Ini

Ujian SKD CPNS Sukoharjo sudah selesai dilaksanakan, namun terkait jadwal pengumuman masih menunggu informasi lebih lanjut dari panitia pusat.