SOLOPOS.COM - Lahan tebu. (JIBI/Harian Jogja/Bisnis Indonesia)

Foto Lahan Tebu
JIBI/Bisnis Indonesia/Wahyu Darmawan

BANTUL-Serangan hama tikus di Kecamatan Sedayu Bantul dan sekitarnya kian meluas. Tak hanya menyerang komoditas padi, lahan tebu Perusahaan Gula (PG) Madukismo tak luput dari serangan hewan pengerat tersebut.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Camat Sedayu Bantul Jazim Azis menyebut, hingga saat ini serangan tikus telah meluas hingga ke Desa Argorejo dan Argodadi.

Ekspedisi Mudik 2024

Sebelumnya serangan hanya terjadi di Desa Argomulyo dan Argosari Kecamatan Sedayu serta sejumlah desa di tiga kecamatan di Sleman yang berbatasan dengan Sedayu yaitu Kecamatan Godean, Gamping dan Moyudan.
“Sekarang yang gagal total hasil panen ada tiga puluh hektare sementara yang ikut diserang namun tidak gagal total dari sebelumnya enam puluh hektare sekarang delapan puluh hektare. Itu serangan mencapai lima puluh persen [gagal panen],” terang Jazim Kamis (25/4).

Komoditas yang diserang tak hanya padi. Tikus semakin ganas dengan menyerang palawija seperti umbi-umbian dan juga tanaman tebu milik PG Madukismo.

Pihaknya mencatat, sedikitnya 20 hektare lahan tebu Madukismo yang tersebar di Sedayu dan Sleman daerah perbatasan ludes terserang tikus.

Warga dan pemerintah di desa terdampak baik di Sedayu maupun daerah perbatasan Sleman menurut Jazim telah bekerja serentak membasmi tikus dengan cara gropyokan maupun menebar racun. Namun tetap saja serangan tak terkendali.

“Karena kalau cuma di Sedayu yang gropyokan, tikusnya lari ke utara ke Sleman. Jadi gropyokan harus bersama-sama,” ujarnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya