SOLOPOS.COM - Tempat kasir tampak kosong di gerai Transmart Blok M Square, Jakarta, Senin (30/1/2023). (Bisnis/Ni Luh Angela)

Solopos.com, JAKARTA — Jumlah hypermarket milik Chairul Tanjung berguguran di Indonesia. Sepanjang 2021-2023, sebagian gerai Transmart disebut tutup secara permanen.

Vice President Corporate Communication Transmart, Satria Hamid, mengatakan jumlah Transmart yang masih beroperasi di seluruh Indonesia hingga saat ini mencapai 95 gerai.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ada sekitar 95 toko di seluruh Indonesia. Kita masih buka,” kata Vice President Corporate Communication Transmart Satria Hamid kepada Bisnis, Selasa (31/1/2023).

Satria menyebut, ada beberapa lokasi gerai yang berpotensi tumbuh signifikan yaitu di Cempaka Putih dan Kota Kasablanka, Jakarta. Kemudian di Padang, Cibubur, Trans Icon Surabaya, Trans Imam Bonjol di Denpasar, Bali, dan Buah Batu di Bandung. Sebagaimana diketahui, Transmart telah menutup sejumlah gerainya sejak 2019.

Dalam wawancara Bisnis dengan Vice President Corporate Communication PT Trans Retail Indonesia, Satria Hamid pada April 2021 lalu, dia menyebut ada 134 gerai Transmart yang masih beroperasi.

Meskipun demikian, Satria enggan untuk menyebutkan secara detail terkait lokasi gerai Transmart yang sudah tidak beroperasi. Namun, dia mengatakan beberapa gerai yang tutup permanen di antaranya Transmart Mangga Dua Square, Transmart ITC Kuningan, Transmart ITC Permata Hijau, Transmart ITC Cempaka Mas, Transmart Mal Ambasador, Transmart Tamini Square, dan Transmart Keprimall Batam.

Menurutnya, penutupan gerai di sejumlah lokasi tersebut menjadi pilihan terakhir bagi pihak Transmart setelah mengerahkan berbagai upaya untuk kembali menarik minat konsumen ke pusat perbelanjaan milik Chairul Tanjung tersebut.

Suasana Transmart yang sepi pengunjung juga sempat hangat diperbincangkan beberapa waktu lalu. Video yang diunggah oleh akun Twitter @Strategi_Bisnis, pada 24 Januari 2023 itu telah ditonton sebanyak 1,7 juta kali dan di retweet sebanyak 1.664.

“Dulu saat masih Carrefour, lumayan ramai karena harga kompetitif. Saat sudah jadi Transmart, banyak yang jadi sepi kayak gini. Kalau tidak ada perubahan, banyak gerai Transmart yang akan tutup,” tulis akun tersebut, dikutip Rabu (1/2/2023).

Nasib Karyawan

Transmart memutuskan untuk menutup secara permanen sejumlah gerai yang ada di wilayah DKI Jakarta dan Batam, setelah melakukan berbagai upaya untuk tetap mempertahankan bisnisnya.

Sejumlah karyawan pun terkena imbas dari penutupan gerai tersebut. Vice President Corporate Communication Transmart, Satria Hamid, menyampaikan, karyawan dari toko-toko yang ditutup beberapa di antaranya dialihkan ke toko-toko yang masih buka. Sementara sisanya, terpaksa dirumahkan atau dilakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Ada yang dirumahkan dengan berat hati karena memang sudah tidak mungkin kami tampung di gerai lain,” kata Satria kepada Bisnis, Selasa (31/1/2023).

Satria menjelaskan, pihaknya tidak mungkin untuk mengalihkan semua karyawan tersebut, ke toko-toko yang masih buka. Pasalnya, saat ini Transmart tengah berupaya menyehatkan usahanya pascapandemi Covid-19.

Menurutnya, jika semua karyawan dialihkan, maka hal tersebut dikhawatirkan akan membebani toko-toko yang ada. Untuk karyawan yang dirumahkan, Satria memastikan pihaknya sudah melakukan sesuai prosedur yang berlaku.

Kendati demikian, Satria enggan untuk menyampaikan ganti rugi yang diberikan pihak Transmart kepada karyawan yang dirumahkan.

Satria pun tak berkomentar banyak saat ditanya berapa banyak karyawan yang dialihkan ke toko-toko yang masih beroperasi dan berapa jumlah karyawan yang kena PHK.

“Mohon didoakan selalu agar semua karyawan yang ter-PHK dapat dengan ikhlas menerima keadaannya dan mereka mendapatkan pekerjaan yang terbaik di tempat lain sesuai kemampuan mereka,” ujarnya.

Adapun, ke depannya, karyawan di Transmart akan diukur produktivitasnya. Satria berharap, hal tersebut dapat menjadi salah satu cara untuk membantu perusahaan kembali bertumbuh seperti sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya