SOLOPOS.COM - Mobil Sport Ferrari berjajar di halaman Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat saat event Ferrari Java Rally 2014, Minggu (4/5/2014). Sebanyak 52 unit mobil turut serta dalam acara konvoi yang menempuh rute Solo-Jogja. (JIBI/Solopos/Septian Ade Mahendra)

Solopos.com, SOLO — Mobil sport seharga miliaran rupiah yang singgah di keraton dalam rangka Ferrari Java Rally 2014 menjadi daya tarik pengunjung Keraton Solo. Para pengunjung itu mencoba mengabadikan gambar di samping puluhan Ferrari yang mejeng di halaman keraton, tepatnya di depan Kori Kamandungan.

Rada nyedak meneh, tapi gak usah ndemok. Mengko muni hlo [agak mendekat lagi, tapi tidak usah pegang. Nanti bunyi, hlo],” kata salah seorang pengunjung Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Minggu (4/5/2014). Imbas kunjungan itu, jalan masuk menuju Kori Kamandungan ditutup total.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Rally itu digelar oleh Ferrari Jakarta bersama Ferrari Owners Club Indonesia (FOCI). Berderet mobil berbagai warna dengan dominasi merah tak pelak mengundang perhatian pengunjung. Pengunjung berbagai usia mengabadikan momen tak biasa itu dengan kamera ponsel maupun kamera digital. Petugas berseragam pun juga tak luput mengambil gambar.

Dengan rute Solo-Jogja, sebanyak 52 unit mobil berlambang kuda jingkrak itu menjadi peserta reli. “Sebenarnya partisipan reli sebanyak 100 orang. Unit mobil yang ikut ada 52, tetapi karena pesertanya tidak hanya dari Jawa, kemungkinan ada halangan. Yang hadir di keraton hanya 48 unit,” kata Ken, salah seorang peserta reli, ditemui Solopos.com di lokasi.

Menurut Ken, rally mengambil start dari Solo menuju Jogja. “Start dari Solo pada Jumat (2/5/2014) lalu, menuju Jogja. Beberapa tempat lain yang kami singgahi selain Keraton Solo adalah Candi Prambanan, Candi Borobudur dan Keraton Jogja,” ungkap Ken.

Kunjungan diterima keluarga besar keraton di Sasana Handrawina. Di hadapan mereka, President FOCI ( Ferrari Owner Club Indonesia), Ahmad Sahroni mengungkapkan kunjungan ini adalah kali pertama baginya. Dalam kunjungan itu, Roni, panggilan akrab Ahmad Sahroni, menyerahkan donasi senilai Rp205 juta sebagai bentuk kepedulian kepada keraton.

Dihubungi terpisah, Pengageng Museum dan Pariwisata Keraton Surakarta III, K.R.M.H. Satriyo Hadinegoro mengatakan donasi dari FOCI bakal digunakan untuk pelestarian upacara adat dan bangunan fisik keraton. “Karena waktu terbatas, peserta rally tadi hanya berkunjung dan makan siang saja,” kata Satriyo. Usai berkunjung ke Keraton Solo, puluhan peserta reli dijadwalkan langsung kembali ke Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya