SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karangayar (Solopos.com)–Menghadapi arus balik Lebaran 2011, puluhan bus yang antar kota antar provinsi (AKAP) yang berada di Karanganyar, diperiksa oleh petugas Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Sabtu (3/9/2011) siang.

Pemeriksaan antara lain meliputi rangka besi, rem, surat-surat, kelaikan jalan, penerangan lampu dan sebagainya.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Dari pemeriksaan tersebut, ditemukan sejumlah bus AKAP yang peralatannya kurang lengkap. Bus PO Laju Prima, misalnya, tidak memiliki alat pemecah kaca.

Menurut pengemudi PO Laju Prima, Mujiyono, mengaku lupa untuk membawa alat pemecah kaca. Selama Lebaran, kata dia, belum sempat megecek secara detail berbagai peralatan wajib yang ada di bus.

Kursi penumpang di bus tersebut juga tidak sesuai dengan yang ada di daftar uji. Di dalam surat, tertulis disediakan 55 kursi. Padahal faktanya kursi yang disediakan hanya 39 buah. Sementera itu lampu belakang PO Handoyo tidak sesuai dengan standar yang berlaku.

Selain mengecek kursi, petugas juga mengecek kelengkapan surat, wiper, rem, ban dan sebagainya. Kabid Perhubungan, Joko Sumaryono mengatakan, kelengkapan bus perlu dicek agar selama perjalanan, baik penumpang maupun pengemudi tetap aman.

Bagi sejumlah bus yang peralatan keselamatan, seperti pemecah kaca tidak lengkap, pihaknya meminta untuk segera membeli sejumlah onderdil tersebut. “Kami hanya memastikan bahwa bus dalam kondisi baik saat mengantarkan penumpang sampai tujuan,” ujar Joko di sela-sela operasi kendaraan, kepada wartawan di Terminal Matesih, Sabtu (3/9/2011) siang.

Selain di Matesih, pengecekan juga dilakukan di Terminal Tegalgede, sebab di terminal tersebut juga dipakai sebagai persinggahan sementara untuk bus AKAP.

(fas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya